Curry Puff (Karipok) Bo Cio Pai

karipok bo cio pai

“Karipok”. Begitu deh istilah orang Medan menyebut snack yang menyerupai Empanadas. Tidak tahu secara pasti asal usulnya dari mana, tetapi snack ini dipengaruhi budaya Portugis. Curry puff atau karipok biasanya memiliki stuffing (isi dalam) berupa kentang, daging cincang, dan tentunya kesemuanya dibalut dengan rasa kari dalam adonan pastry shell yang tebal namun renyah.

toko bo cio pai karipok
Tampak luar Bo cio pai

Dari usulan dan desas desus katanya ada karipok yang enak di Medan, kami pun segera meluncur ke sebuah toko yang menjual curry puff ini memberi rasa penasaran sekaligus heran, karena karipoknya dijual di toko yang “tidak memiliki merk dagang”. Nama “Bo Cio Pai” ini sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang artinya TIDAK ADA NAMA DAGANG. Jadi kalo diartikan, karipok ini dijual di toko yang tidak memiliki nama toko alias Tokoception.

curry puff bo cio pai
Various tastes

Yang jelas datangnya jangan sore-sore, karena waktu kunjungan kami, yang tersisa cuman karipok rasa kari ayam. Dengan bentuk yang kurang lebih sama, toko ini menyediakan beragam jenis rasa, dari kari (tentunya!), rendang, semur, dll. Tentunya yang menjadi best seller tidak lain lagi ialah karipok rasa kari, kalo ga kan namanya udah semurpok.

isi dalam curry puff karipok bo cio pai
Isi dalam curry puff karipok bo cio pai

Yang ngebedain karipok BoCioPai ini ialah penggunaan bahan dalam stuffingnya. Penggunaan seperempat telur ayam jarang ditemukan pada karipok yang umumnya kita makan. Selain ini, kulit karipoknya lumayan tebal, namun tetap renyah dan tidak berminyak, walau dalam kondisi yang sudah tidak panas lagi. Faktor inilah yang menyebabkan harganya sedikit lebih tinggi daripada harga karipok pada umumnya. Kami rasa harga Rp 4000/potong sebanding dengan kualitasnya.

bo cio pai packaging
Kotak take-away

Selain karipok rumah makan ini juga menjual mie pansit, mie Hokkian, dimsum, dan ceker ayam. Pada kesempatan itu kami hanya sempat mencoba mie pansitnya. Rasanya biasa saja seperti gerai-gerai mie yang banyak dijumpai. Dari beberapa masukan, katanya rasa Mie Hokkiannya lumayan dan bikin kami penasaran untuk kembali lagi.

mie pansit bo cio pai
mie pansit bo cio pai

Karipok / Curry puff Bo Cio Pai
Jalan KL Yos Sudarso No 63A, Glugur.
061 6615786

Btw, sebenarnya karipok ini tidak mengandung babi, cuman karena gerai ini juga menjual mie pansit dan mie hokkian yang sudah pasti non halal maka kami kategorikan “Non Halal”

22 thoughts on “Curry Puff (Karipok) Bo Cio Pai

  1. Compare belum dengan Japaness Curry Puff dan Indonesia Curry Puff yang pertama di Indonesia sejak tahun 1968 di Jl. Sutrisno no 10 Medan.
    Sekarang sudah di Jakarta. Dengan Nama Japaness Curry Puff in Jakarta City
    081294271888 wa
    085894471888 wa

  2. Biasa aj seh mnrt w haha.. ainya jualan mie pansit da lamaaaaaaa bgt.. dl enak cuma skrg da ga begitu..

  3. buka jam berapa sich? soalnya w pernah ari minggu jam 3 siang gt k sana tapi gk buka… huehuehueeee……

    1. bukanya jam 9/10 gitu, tergantung.. kalo dianya lagi byk orderan via telpon biasanya terlalu sibuk jadi mending ga buka toko.. sebaiknya ditelpon aj dulu, nomor telponnya ada di bagian paling akhir artikel.

  4. Udah ditest. Memang enak sekali. Kulitnya garing dan isinya pun mantap.
    Gak nyesel dech jauh jauh kesana.

  5. Hokkien mienya lumayan enak. Karipoknya pun garing. Bila ada singgah ke Pulau Penang, singgah gih di pasar Pulo Tikusnya. Disana ada dijual karipok gede, isinya pun yummy banget. Yang jual wanita Indonesia asal Jawa Timur.

  6. Buset, tadi pagi jam 10an gitu pegi ga buka pulak..aihhh…Iya tuh, kalo yg disg en malay emang muantap kali, besar, isi padat lagi.

  7. Akhirnya masuk jg di makanmana..Dulunya sering kesana krn rekomendasi tmn utk mie pangsit nya, terakhirnya malah curry puff nya yg lebih istimewa dibanding mie pangsit itu sndr.
    Tapi jam operasional nya kurang menentu, kdg buka kdg nggak jdnya kdg trasa kecewa.

    1. Mie pansitnya sih rasanya standar aja kaya gerai mie pansit pada umumnya. Bagusnya ditelpon dulu yah lain kali karena mgk ga buka gara-gara banyak orderan via telpon.

  8. Wahh kykny pernah lwat nih..kalo g salah arah mau ke brayan ya? Thank min sdh diriview..boleh coba ini… :p

    1. Yup betul sekali, kalo arah ke Brayan tokonya sebelah kiri. Sebelum Global Total dan Nasi tenda biru/Nenek.

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s