karipok bo cio pai

“Karipok”. Begitu deh istilah orang Medan menyebut snack yang menyerupai Empanadas. Tidak tahu secara pasti asal usulnya dari mana, tetapi snack ini dipengaruhi budaya Portugis. Curry puff atau karipok biasanya memiliki stuffing (isi dalam) berupa kentang, daging cincang, dan tentunya kesemuanya dibalut dengan rasa kari dalam adonan pastry shell yang tebal namun renyah.

toko bo cio pai karipok

Tampak luar Bo cio pai

Dari usulan dan desas desus katanya ada karipok yang enak di Medan, kami pun segera meluncur ke sebuah toko yang menjual curry puff ini memberi rasa penasaran sekaligus heran, karena karipoknya dijual di toko yang “tidak memiliki merk dagang”. Nama “Bo Cio Pai” ini sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang artinya TIDAK ADA NAMA DAGANG. Jadi kalo diartikan, karipok ini dijual di toko yang tidak memiliki nama toko alias Tokoception.

curry puff bo cio pai

Various tastes

Yang jelas datangnya jangan sore-sore, karena waktu kunjungan kami, yang tersisa cuman karipok rasa kari ayam. Dengan bentuk yang kurang lebih sama, toko ini menyediakan beragam jenis rasa, dari kari (tentunya!), rendang, semur, dll. Tentunya yang menjadi best seller tidak lain lagi ialah karipok rasa kari, kalo ga kan namanya udah semurpok.

isi dalam curry puff karipok bo cio pai

Isi dalam curry puff karipok bo cio pai

Yang ngebedain karipok BoCioPai ini ialah penggunaan bahan dalam stuffingnya. Penggunaan seperempat telur ayam jarang ditemukan pada karipok yang umumnya kita makan. Selain ini, kulit karipoknya lumayan tebal, namun tetap renyah dan tidak berminyak, walau dalam kondisi yang sudah tidak panas lagi. Faktor inilah yang menyebabkan harganya sedikit lebih tinggi daripada harga karipok pada umumnya. Kami rasa harga Rp 4000/potong sebanding dengan kualitasnya.

bo cio pai packaging

Kotak take-away

Selain karipok rumah makan ini juga menjual mie pansit, mie Hokkian, dimsum, dan ceker ayam. Pada kesempatan itu kami hanya sempat mencoba mie pansitnya. Rasanya biasa saja seperti gerai-gerai mie yang banyak dijumpai. Dari beberapa masukan, katanya rasa Mie Hokkiannya lumayan dan bikin kami penasaran untuk kembali lagi.

mie pansit bo cio pai

mie pansit bo cio pai

Karipok / Curry puff Bo Cio Pai
Jalan KL Yos Sudarso No 63A, Glugur.
061 6615786

Btw, sebenarnya karipok ini tidak mengandung babi, cuman karena gerai ini juga menjual mie pansit dan mie hokkian yang sudah pasti non halal maka kami kategorikan “Non Halal”

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: