Nah, sebelum anda bertanya kenapa tiba-tiba ada post mengenai Bali padahal ini blog kuliner Medan, begini ceritanya… Bulan lalu makanmana.net dihubungi Jiewa (food blogger asal Surabaya) melalui twitter menawarkan liburan 3 hari 2 malam yang diorganized oleh Avilla Hospitality Management. Tentunya kesempatan yg langka ini ga mungkin dong dilewatin, karena makanmana.net juga akan bertemu dengan blogger nasional lainnya yang berjumlah 11 orang (Half food bloggers half travel bloggers).

Medan-Bandung-Bali-Berry

Tanggal 26 Oktober kemarin saya (Leo) berangkat ke Bali via Bandung dan tiba pukul 15:25. Sesampainya di airport langsung dijemput menuju ke Berry Hotel. Berry hotel ini terletak di daerah Kuta, so if you love beach, it’s only few minutes away.

Hotel ini terkesan stylish dan trendy, dengan penggunaan ungu yang ngejreng dan interior serta design yang modern dan minimalis. Walau tidak terlalu besar, hotel ini juga terdapat kolam renang dan area meeting.

Setelah mendapat welcome drink dan check-in di kamar, ternyata si Jie sudah tiba duluan terus cipika-cipiki. Kalau dulunya kita sering balas komentar di blog, ini pertama kalinya ketemu langsung. Anaknya rada kalem awalnya, tapi heboh belakangan! Anyway, kita dapet twin bedroom, very clean and spacious untuk ukuran hotel berbintang 3. The view outside is not spectacular, tapi rasanya sia-sia juga kalo jauh-jauh datang ke Bali cuman untuk stay di hotel ini seharian.

Meanwhile selagi nunggu bloggers lain yang belum nyampe, kita ngobrol dan saling sharing informasi seputar hal makanan dan fotografi. Menjelang malam, blogger lainnya pun tiba dan lengkap sudahlah semuanya untuk diberangkatkan ke Bale Udang Mang Engking (BUME).

Dinner at Bale Udang Mang Engking (BUME)

Jarak antara Berry Hotel dan BUME terbilang dekat banget. Tetapi begitu sampe ke BUME, langsung deh suasana Balinya berubah ke nuansa pedesaan khas Sunda dengan arsitektur bangunan tradisional dan dikelilingi oleh kolam ikan yang luas. Restoran BUME ini terbagi menjadi beberapa section, dan rombongan kami duduk di gazebo dengan meja yang panjang ala lesehan. Sesuai nama restonya, ga sah kan kalau ga mesen udang. Now let’s see what they’ve got to offer. *siap-siap nelan lipitor

Lumpia ala Bale Udang dan karedok memulai hidangan malam itu. Biasanya isi lumpia berat di sayur, tetapi yang ini aromanya berat di udang, taste good. Sedangkan karedok ini lebih mirip gado-gado kalo di Medan yah.

Nah, ini dia signature dishnya dari BUME; Hurang Ageung (350rb). Porsinya jumbo dan terdapat varian dari udang bakar madu, udang goreng tepung, udang rebus, dan satunya lagi udang bakar lekker. Dan ditengah-tengah ada cah kangkung. Udangnya fresh dan yang menjadi favorit saya malam itu ialah udang bakar madu.

Sebagai tambahan, kami juga dihidangkan ikan gurame kecap madu, gurame cobek, dan gurame terbang. 3 of them were fresh dan favorit saya malam itu lagi-lagi gurame bakar kecap madu. Mungkin karena di Medan belum ada yah menu ginian. Bakaran ikan gurame disini juga tidak gosong layaknya ikan bakar di Medan, dan paduan kecap madunya pas. Sempat juga ngicip-ngicip gurame cobek but boy the chili was hot!

Pisang goreng keju dan tape goreng gulung keju menutupi makan malam kami. Over stuffed? Yes, dinner malam itu begitu mengenyangkan. Cuaca di Bali malam itu exceptionally menggerahkan, mungkin sebagai masukan aja kalau dipasang kipas di areal gazebo agar lebih sejuk. Sebelum kami meninggalkan BUME, masing-masing blogger dibagi sebuah ‘paspor’ yang berisi jadwal kegiatan untuk 2 hari kedepan.

Back to hotel, day 2 awaits. It’s time to rest. To be continued…

Update: Baca artikel Blissful Bali Day 2

Berry Hotel
Jl. Raya Dewi Sri I No 16 Kuta, Bali 80361
+62 361 300 7070
http://theberryhotels.com
berryhotels
berryhotels

Bale Udang Mang Engking
Jalan Nakula 88 (SUNSET ROAD), Denpasar, Bali
(0361) 882 2000 / (0361) 894 7007
www.baleudang.com
baleudang
baleudang