QQ Kopitiam, Sun Plaza

Di kala pebisnis Medan sibuk mencari franchise untuk dikembangkan di Medan, QQ Kopitiam malah justru berawal dari Medan kemudian merambah ke daerah lain. Salut buat pengelolanya! Tema kopitiam di dalam mal dan pusat perbelanjaan ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru lagi dan lumayan booming beberapa tahun di negara tetangga. Kejelian dalam meramu resep menu, komposisi porsi dan harga yang pas dan sistem manajemen yang teratur menjadikan bisnis ini berkembang dalam waktu yang singkat, kendati persaingan yang keras dengan bisnis sejenis.

Di Medan sendiri ada 2 outlet QQ, yaitu di Thamrin Plaza dan Sun Plaza. Kunjungan kami kali jatuh ke Sun Plaza, tepatnya di lantai 3. Tidak seperti Kok Tong yang penuh asap rokok, setidaknya disini pembagian area smoking dan non-smoking lebih teratur (walau masih ada beberapa pengunjung yang tidak tertib). Interior ala kopitiam jadul dengan meja marmer dan kursi dengan design classic menjadi lebih kreatif dengan penggunaan lampu jalan sebagai penerangan.

Menu yang ditawarkan tidak banyak, dan kebanyakan merupakan menu adopsi dari negara tetangga, sebut saja Mie garing Singapore dan Tom Yam Seafood, namun juga menyediakan menu ala Indonesia yang terbukti sudah ramai digemari dan diterima masyarakat Medan, seperti nasi goreng dan mie sop.

Overall rasa makanan yang ditawarkan dari kopitiam ini lumayan enak, walaupun sebenarnya penggunaan MSG kadang terlalu berat dan bikin haus banget beberapa jam kemudian. Untuk french toast (gambar paling atas), kami sependapat dengan review Jenzcorner dimana rotinya terlalu crunchy, tetapi kombinasi rasa asin butter dan manis srikayanya pas sebagai menu pembuka atau buat cemilan.

Kopi susu dan teh tarik (IDR 17) sepertinya merupakan menu minuman yang sering dipesan. Dengan presentasi yang lumayan unik menggunakan gelas jar ibarat bekas penyimpan madu atau selai, porsi yang diberikan juga lumayan besar dengan harga yang dibayar, walau secara pribadi kami merasa rasanya terlalu manis. Oh ya, sebagai rekomendasi, jus kedondongnya juga lumayan.

23 thoughts on “QQ Kopitiam, Sun Plaza

  1. Saya selaku salah satu konsumen di sini menyarankan agar lebih di perhatikan kesopanan qq di thamrin plaza…

  2. Wah, kaget juga ada yg mengulas kalau mknan di QQ tinggi kdr msgnya, mana bisa order lagi mau sbrp kadarnya. Padahal saya penggemar berat mkn di QQ – Mdn. Hal lainnya apakah makan disini halal? Karena saya tidak lihat jaminan halal di bgn tmpt makan atau di menunya…Apakah sama dgn tmpt2 makanan favorit lainnya jika masyarakat diminta utk menilai sendiri?

  3. Hai……numpang nanya nich gmana sich cara pembelian franchise qq cafe….
    Saya benar2 dan serius banget pengen mencoba bisnis qq cafe……saya butuh info
    Dan persyaratan apa saja yg dibutuhkan…..kalo bisa tlg secepatnya saya di info donk
    Saya punya lokasi di gunung sitoli nias dgn ukuran ruko 16×16 meter dan kebetulan ruko saya yidak jauh dr franchise ayam penyet ria………..tlg beritahu saya siapa yg paling dpt bisa saya hubungi mengenai bisnia franchise qq cafe….tq

  4. Bener juga seperti yang telah di sebutkan pada review diatas, miss the old QQ.
    QQ yg dulu paling seneng ama teh tarik dan Mie garing kangkung belacannya, tapi utk sekarang , rasanya tak seperti dulu lagi rasanya.

    Kualitas rasa menurun banyak dan servis dr karyawan sangat parah, padahal bukan karena kekurangan tenaga karyawan utk handle customer yg rame banget , tapi lebih kepada karyawan yang memang kurang sopan santun.

    Saya sendiri jg bukannya tidak memaklumi dengan semakin ramenya QQ , tapi sejak kualtasnya menurun , masih 3x saya mencoba memberi kesempatan dengan tetap mencoba nongkrong disana. Alhasil saya tetap mendapatkan hasil yang sama yaitu pelayanan karyawan yg sangat tidak bagus dan rasa makanan yg sudah tidak seenak dulunya

  5. Mau nanya donk..
    *Kali aja ada yang tau*

    Itu dapetin gelas kaya QQ kopi tiam dimana yaa ?
    unik menurut saya.
    Mohon pencerahannya teman teman..

    1. Nyokap saya pernah beli di Penang-Malaysia. Harganya RM 3.8. Kalo di jalan mana, saya kurang tau. Tuh gelas dibeli ketika QQ belum booming seperti sekarang ini.

      1. wahh iyaa kah bro…
        kalo di jakarta atau medan gitu gak ada yang tau yaaa tempatnya..
        siapa tau ada di acehardware atau toko” lainnya..
        😀

  6. Buat QQ salut dewhhh…
    klo kemari paling doyan tuuu kopi tariknyaaa…
    seruuu..ya walaupun t4nyaaa di sunn bs dibilg super padattt
    tapi masih bs dinikmati koq..
    yg pntg taste nyaa passss..

  7. Persyaratan untuk menjadi mitra bisnis (franchise) Koptiam QQ.
    Saya sudah ada lokasi ruko di Tebet, Solo dan Bali.
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

  8. Barusan dapat pengalaman tidak menyenangkan di QQ Kopitiam Sun Plaza. Kami masuk untuk sekedar minum (menunggu waktu nonton di bioskop stengah jam lagi). Karena tidak terlihat pelayan yang mempersilahkan masuk atau menanyakan jumlah tamu, akhirnya cari meja dan duduk sendiri. Menu pun datang.

    Pesanan kami hanya 2 gelas minuman, Teh Tarik dan Kopi susu. Tak berselang lama teh tarik keluar. Namun setelah ditunggu sekitar 10 menit, kopi susu nga nongol juga. Saya pun menanyakan pada pelayan didekat meja mengenai orderan saya yang kemudian ditanggapi dengan wajah datar. Tanpa ekspresi.

    5 menit kemudian, karena pesanan pun tak kunjung datang saya menanyakan lagi mengenai pesanan kopi susu kepada pelayan yang lain. Respon apa yang saya dapatkan? Sama seperti pelayan pertama, tanpa ekspresi, tanpa berkata apapun, cuek abis! Pelayan tsb hanya mengutak-atik komputer pesanan tanpa ada inisiatif mengeceknya ke bagian kitchen. Bukannya mereka harusnya berkata “oh maaf, sebentar saya coba tanyakan”. Apa nga di training sama sekali ya?

    Karena kesal dan film pun sudah mau main, akhirnya saya minta bill. Tagihannya tertulis Teh Tarik 18.000,- dan Kopi Peng (Kopi susu dingin) 18.000,- WTF man?! Akhirnya saya hanya meninggalkan uang 18.000,- di meja dan pergi. Apa ada permintaan maaf dari pelayan? Tidak sedikitpun. Mereka hanya cuek menyaksikan kepergian kami.

    QQ Kopitiam Sun Plaza, SUCKS BIG TIME!

    1. memang seiring dgn makin kembang pesatnya cafe ini (ditandai dgn penambahan space yg makin luas) dan makin rame pengunjungnya (hampir tiap hr full house n utk mendapatkan meja harus antri) berimbas pada makin menurunnya service n quality control di cafe ini….waiter/waitressnya kebykan pd syur sendiri, kgk ada sifat ramah thd pelanggan lg, kualitas n rasa food n beveragenya juga cenderung menurun, trus tdk ada cek n ricek thd pesanan menu pengunjung apakah sudah dihidangkan semua atau masih ada yg ketinggalan….sungguh amat disayangkan, miss the old one QQ cafe ( dimana space nya masih kgk begitu luas ) pelayannya yg ramah2x n kualiitas F&Bnya yg ok bgt dibarengi dgn hrg yg terjangkau…..’sigh

  9. Kemarean pesan jus jeruk QQ sunplaza tapi koq ada ulat sayur dalam jus nya, masih hidup pula. Quality control ????
    Diberitahu kepelayannya hanya ditanggapi dengan muka cemberut, gak ada minta maaf nya.

  10. kog saya lihat di kelapa gading itu, lukisan-lukisannya qq kopi tiam berasal dari singapura ya. apa pemiliknya malu ya mengakui bahwa ini hasil dari dalam negeri?

  11. Wah ternyata tempat nongkrong favoritku direview…
    hehe… plg suka dgn mie kangkung seafoodnya… wuiih gurih banget kuahnya…
    kl istriku lbh suka dgn mie garingnya…
    btw kl kopinya rasanya kok ada bau hangus gitu ya… mgkn jg krn diseduh dgn air yg terlalu mendidih tuh…
    Overall highly recommended place to hang out!!!
    sukses sll buat makanmana.net 2 thumbs up!!!

  12. Selama 1.5 tahun bila ke Sun Plaza pasti ada nongkrong di QQ Kopitiam. Yang saya suka disini adalah:
    1. Roti Butter Kaya
    2. Nasi Goreng Pedas (versi ala karte)
    3. Mie Goring Singapore
    4. Mie Kangkung Seafood
    5. Tempe Goreng
    6. Bihun Singapore
    7. Telur 3/4 matang
    dengan permintaan NO MSG.
    Minumannya: Teh Tarik Hangat, Kopi Tarik Hangat, Milo Dinosaurus, Jus Kedondong. Kalo pakai es, rasanya teh/kopi tarik jadi kurang terasa.

    Untuk pemesanan puding telur, sebaiknya dipesankan 3/4 matang, karena bila pesannya 1/2 matang, ketika di buka telurnya masih terlihat mentah/encer.

    1. Justru saya pesan ice agar ga terlalu manis (sambil nunggu es meleleh)
      Baru tau kalo bole request no msg.. Makasi tipsnya 🙂

      1. Manis ya? Mungkin saya keasikan ngobrol jadi gak berasa. 😀 yang saya rasakan tuh sepat2 setelah meminumnya. Hampir sama rasanya dengan teh tarikh RM. Subaidah (Indian food – Penang) dan Prata House – Thompson Rd, Singapore.

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s