pickles

Review kali ini mengikuti rekomendasi dari bro Pius Silvanus lagi buat icip-icip dimsum di Crystal Jade Resto yang berada di Grand Angkasa Hotel Jalan Sutomo (Thanks bro, your recommendations are always above the par). Rasa penasaran ini bermula dari pergantian manajemen dan restoran yang barusan selesai direnovasi dari hotel berbintang lima ini.

papan nama crystal jade

Sesuai dengan namanya, tampilan dan suasana yang dihadirkan resto ini bernuansa oriental dan luxurious. Dengan penerangan yang optimal dan hangat, kami dipersilahkan duduk dan disodorin menu dimsum dan ngisi sendiri menu yang diinginkan. Dari variasinya mungkin sudah pas, walau ada beberapa menu yang mungkin missing seperti xiao long pao.

crystal jade restaurant tampak depan

interior crystal jade restaurant

Setelah selesai memesan, kami dikejutkan dengan salad udang buah yang awalnya membuat kami bingung, karena ga ada yg mesen! Ternyata menu ini compliment dari Crystal Jade yang sedang melakukan promo. They’re quite generous honestly serving huge and fresh prawn. Nice dish to warm up your appetite indeed.

salad udang compliment

salad udang, compliment!

Satu persatu hidangan pun disajikan. Makanan yang datang boleh dibilang konsisten timingnya dan tidak perlu menunggu lama, kecuali kwetiaw goreng dan bubur ayam. Namun mungkin alasannya agar kita dapat menikmati sajian dimsum sebelum memasuki course yang lebih berat.

pangsit udang hakau

hakau udang (IDR 19,8)

Pagi itu kami lebih banyak memesan dimsum kukus, dimulai dari hakau udang, pangsit sayur, dan cakar ayam. Rasa yang ditawarkan sedikit berbeda, dan boleh dibilang rasanya lumayan enak.

pangsit sayuran

pangsit sayuran (IDR 17,8)

Beberapa menu seperti ceker ayam dan nasi ketan ini mencoba untuk keluar dari stereotype citarasa yang telah didevelop orang Medan pada umumnya. Boleh dibilang rasanya unik, terutama nasi ketan yang rasanya hampir mirip dengan bak cang dan ceker ayam yang bumbu dan citarasa rempahnya lebih nendang.

ceker ayam kukus

ceker ayam kukus (IDR 15,8)

nasi ketan con poy

nasi ketan con poy (IDR 16,8)

ciong fan kukus char siew

ciong fan kukus char siew (IDR 17,8)

roti custard kukus isi dalam

roti custard kukus isi dalam (IDR 15,8)

Nah, satu menu dimsum ini yang menjadi highlight sampe bikin tambo ialah Scallop udang saos wasabi. Wasabi yang telah dicampur mayonnaise ini aromanya tidak terlalu tajam, dan citarasa scallop dicampur udang ini rasanya mantap, recommended!

scallop udang saos wasabi

scallop udang saos wasabi (IDR 19,8)

Setelah menu dimsum selesai disantap, hidangan kwetiaw goreng polos dan bubur ayam pun dihidangkan, dan tak lupa juga semua piring kecil diganti dengan yang baru.

bubur telur pitan

bubur ayam telur pitan (IDR 30)

Bubur ayam telur pitan ini rasanya lebih plain, cocok apabila memang anda penggemar sesuatu yang light, but not so impressive for us. Yang kemudian bikin berselera kembali ialah kwetiaw goreng polosnya. Kami yakin dimasak dengan suhu dan bara yang tinggi, aroma ‘gosong’ tercium dipadu dengan wanginya minyak yang dipakai ga bikin jelak. This one is recommended too.

kwetiaw goreng polos

kwetiaw goreng polos (IDR 67,5)

Satu hal yang mengecewakan ialah saus sambal yang dipakai. Sayang sekali resto sekelas ini menggunakan saos sambal botolan yang beredar di pasaran. Tentunya lebih memuaskan apabila resto ini dapat meracik sendiri saos cabe. Kebiasaan makan dimsum dengan saos sambal ini mungkin belum disadari oleh chef yang kami taksir bukan orang Medan. Begitu juga dengan kwetiaw goreng polos yang dihidangkan dengan potongan pickles, bukan cabe hijau giling.

Vip room crystal jade

VIP room

Pelayanan yang outstanding ditambah harga yang tidak terlalu mahal serta cita rasa yang ditawarkan tidak mengecewakan. Overall, it’s satisfying.

roti custard kukus

Crystal Jade Restaurant
Grand Angkasa Hotel, Jalan Sutomo No.1
061 4555888