mie kampak metal

Mie Kampak, kedengarannya sebuah nama yang sangar. Kaitan Kampak dengan mie ini hanyalah sebuah nama yang diberikan pengunjung karena dulunya pemilik gerai yang berjualan ini dipanggil Akam, dan “Pak” dalam bahasa Khek/Hakka ialah AhPek (Hokkian) maka dinamakanlah Kam Pak. Pemukiman di daerah Metal sendiri memiliki history yang panjang, berawal dari pengungsian sebagian besar etnis Tionghoa yang sempat digusur dari Aceh.

cara masak mie

Asumsi kami, mayoritas masyarakat Tionghoa yang mengungsi ke Medan ini bersuku Hakka, atau Khek. Nah, dari sinilah baru kita ketahui kalo mie kampak ini mirip dengan bakmi Khek yang penyajiannya simple, hanya sayur dan daging cincang. Namun yang kami temui ialah mie yang identik, dengan tekstur mie yang kenyal, sedangkan daging cincangnya berat dengan aroma kecap.

bakmi kampak

Kami masih ingat dulu sewaktu kecil dibawa orang tua ke areal Metal untuk menemui tukang kayu. Dan seusainya, lapak mie kampak ini selalu menjadi perhentian tetap untuk mengganjal perut sebelum pulang. Dengan segelas Loh Han Kuo, inilah signature combo di gerai sederhana.

lokasi bakmi kampak cemara asri

Saat ini, mie kampak juga dapat dinikmati di Cemara Asri. Mengambil kompleks pertokoan dan strategisnya di bagian corner, rumah makan ini clearly visible apabila anda melewatinya. Soal harga masih sama, ekonomis! Satu mangkuk hanya 11rb, atau 13rb apabila anda turut memesan bakso.

mie kampak cemara asri

Kami bangga dengan pencapaian gerai sederhana ini menjadi sebuah rumah makan yang berlokasi di daerah yang lebih baik. But still, the legacy remain in our heart. Gerai yang sederhana di areal Metal tetap meninggalkan kesan yang mendalam, walaupun kedua rumah makan ini sebenarnya menawarkan cita rasa yang sama.

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: