kwetiaw Alim

Banyak banget cafe bertebaran buka sana-sini belakangan… Layaknya jamur di musim hujan, datang dan pergi saat musim kemarau berjumpa musim hujan. Ah lebay… Intinya kali ini MaMa pengen review kwetiaw yang sudah bertahan selama 2 generasi and still kicking ass!

Nah, kenapa kata pengantarnya bawa-bawa nama cafe? Lah iya, liat aja dalam setaon belakangan berapa banyak cafe yang buka trus nga lama tutup karena sepi pengunjung. Mengandalkan interior yang ciamik, free wifi, embel-embel tempat nongkrong anak muda, nyediain kopi, latte, espresso, apalah namanya itu. Intinya kalau sediakan kuliner enak pasti pengunjung datang. Kosmetik bagus tapi menu spesial cuma Nasi Goreng Seafood, yahh mending ke kwetiaw Alim aja deh.

Kwetiaw Alim ini berlokasi di jalan Sei Kera, deket dengan simpang jalan G.B.Josua. Nga susah kok cari tempat ini karena rame banget di jalan yang sempit banget. Kalau kamu ga nemu, tanya aja tukang parkir sekitaran pasti pada tau.

alamat kwetiaw Alim

Nga pake embel-embel interior design, kaga sediain kopi, no AC, wifi apalagi… Tapi nyatanya nih tempat rame banget saat MaMa berkunjung ke sana beberapa waktu yang lalu. Cerita punya cerita, yang jualan sekarang ternyata sudah generasi ke dua, dulu bokapnya yang jualan kemudian dilanjutkan sama anaknya. Dan menurut bokap penulis yang sejak kecil sudah makan disana: “rasanya masih kurang lebih sama, ilmu warisannya berhasil diturunkan…”

Nah, kalo kamu pada suka mendalami ilmu kwetiaw goreng pasti pada setuju kalau kwetiaw yang best itu harus digoreng diatas bara arang yang bagus agar “wok hei” atau panas disekitar kuali merata (bukan hanya di dasar kuali). Tapi ternyata kwetiaw Alim menggunakan kompor gas, bertentangan dengan ilmu kwetiaw yang dipercaya selama ini.

mie goreng Alim

Well jangan salah, walau menggunakan kompor gas bukan berarti rasa kwetiaw-nya standar. Buktinya penggemarnya setia mengikuti selama 2 generasi. Ngak tau deh apa rahasianya, yang pasti kwetiaw dengan tekstur kering dan sedikit berbau gosong dari penggorengan sumpah bikin ketagihan.

Nah, interestingly ternyata banyak yang justru lebih menggemari mie goreng disini. Menurut beberapa sumber termasuk bokap sendiri, mie goreng telor-nya one of the best in Medan. MaMa sendiri lebih prefer Kwetiaw campur Mie walaupun harus MaMa akui, mie goreng-nya best.

kwetiaw mie goreng

Untuk harga ga usa kuatir karena yang paling mahal (kwetiaw goreng daging lengkap) hanya berkisar 20rb. Kalau cuma goreng telur apalagi goreng polos pasti lebih murah lagi. Kesimpulannya? MaMa punya favorit baru kwetiaw di Medan.