Kwetiaw Alim, Jalan Sei Kera

kwetiaw Alim

Banyak banget cafe bertebaran buka sana-sini belakangan… Layaknya jamur di musim hujan, datang dan pergi saat musim kemarau berjumpa musim hujan. Ah lebay… Intinya kali ini MaMa pengen review kwetiaw yang sudah bertahan selama 2 generasi and still kicking ass!

Nah, kenapa kata pengantarnya bawa-bawa nama cafe? Lah iya, liat aja dalam setaon belakangan berapa banyak cafe yang buka trus nga lama tutup karena sepi pengunjung. Mengandalkan interior yang ciamik, free wifi, embel-embel tempat nongkrong anak muda, nyediain kopi, latte, espresso, apalah namanya itu. Intinya kalau sediakan kuliner enak pasti pengunjung datang. Kosmetik bagus tapi menu spesial cuma Nasi Goreng Seafood, yahh mending ke kwetiaw Alim aja deh.

Kwetiaw Alim ini berlokasi di jalan Sei Kera, deket dengan simpang jalan G.B.Josua. Nga susah kok cari tempat ini karena rame banget di jalan yang sempit banget. Kalau kamu ga nemu, tanya aja tukang parkir sekitaran pasti pada tau.

alamat kwetiaw Alim

Nga pake embel-embel interior design, kaga sediain kopi, no AC, wifi apalagi… Tapi nyatanya nih tempat rame banget saat MaMa berkunjung ke sana beberapa waktu yang lalu. Cerita punya cerita, yang jualan sekarang ternyata sudah generasi ke dua, dulu bokapnya yang jualan kemudian dilanjutkan sama anaknya. Dan menurut bokap penulis yang sejak kecil sudah makan disana: “rasanya masih kurang lebih sama, ilmu warisannya berhasil diturunkan…”

Nah, kalo kamu pada suka mendalami ilmu kwetiaw goreng pasti pada setuju kalau kwetiaw yang best itu harus digoreng diatas bara arang yang bagus agar “wok hei” atau panas disekitar kuali merata (bukan hanya di dasar kuali). Tapi ternyata kwetiaw Alim menggunakan kompor gas, bertentangan dengan ilmu kwetiaw yang dipercaya selama ini.

mie goreng Alim

Well jangan salah, walau menggunakan kompor gas bukan berarti rasa kwetiaw-nya standar. Buktinya penggemarnya setia mengikuti selama 2 generasi. Ngak tau deh apa rahasianya, yang pasti kwetiaw dengan tekstur kering dan sedikit berbau gosong dari penggorengan sumpah bikin ketagihan.

Nah, interestingly ternyata banyak yang justru lebih menggemari mie goreng disini. Menurut beberapa sumber termasuk bokap sendiri, mie goreng telor-nya one of the best in Medan. MaMa sendiri lebih prefer Kwetiaw campur Mie walaupun harus MaMa akui, mie goreng-nya best.

kwetiaw mie goreng

Untuk harga ga usa kuatir karena yang paling mahal (kwetiaw goreng daging lengkap) hanya berkisar 20rb. Kalau cuma goreng telur apalagi goreng polos pasti lebih murah lagi. Kesimpulannya? MaMa punya favorit baru kwetiaw di Medan.

  1. One of my favorite too…
    Hargany yg murah meriah dengan rasa yg mantap jg.
    Btw min,coba jg deh cha” di pajak beruang,yg dkt toko jual daging
    Mie seafoodnya superrrr…
    Harga dibawah kwetiau ateng,tp rasa sih jauh dibandingkan kwetiau ateng yah menurutku.
    Heheheh…
    No offense for kwetiao ateng lover :p

    Reply

  2. this one really delicious!
    really really love to eat this kind of cha” 😀

    Reply

  3. btw bukanya jam brapa ampe jam brapa?

    Reply

  4. hahaha,kalau itu kurang tau bro,bahas bhak yiu pho pula,cobain kwetiaunya dlu,hehe

    Reply

  5. Bak Yiu Phoknya Bisa refill ga Bro michael? sampai saat ini bak yiu pho yang free refill atau all u can eat cuman ada di jakarta muara karang di bhak mie khek. haha…

    Reply

  6. bak yiu phoknya mantapp,enak,garing,beda dari yang lain,hehe

    Reply

  7. ada Bak Yiu Pho ga bro? (Aka Lemak Babi Crispy) haha

    Reply

  8. kwetiau goreng amei/ahok tg.balai jl.bilal,mantapp banget,gak nyesal deh

    Reply

    1. Boleh direkomendasikan juga…
      Rasa cukup menggoyang lidah!

      Reply

  9. Setuju dengan opini MaMa: ‘…kwetiaw dengan tekstur kering dan sedikit berbau gosong dari penggorengan sumpah bikin ketagihan’, plus gw tambahin ‘dan buat siapapun penikmatnya pengen nambah lagi.’

    Anyway, MaMa mesti nyoba juga Kwetiao Goreng QQ, Jl. Brigjend. Katamso (Sukaraja). Mungkin bisa jadi referensi tambahan.

    Reply

    1. Kwetiaw QQ yang jual di kaki lima yah yang ada jual sate babi juga yah? Sedih yah itu gara-gara gambling akhirnya jualan baik-baik dari 1 rumah pindah ke kaki lima…

      Reply

      1. Wah, malah jadi tangisin history yang jualan nich…

      2. Dulu sih aku ga gitu demen kwetiawnya karena berminyak, tapi mgk udah lama juga yah… hehehe..sering lewat sih, oke deh nanti kita masukkan kesini.

  10. kayaknya mesti goreng pake lard (minyak B2) ya ,tempo hari goreng telor pake minyak sayur….Hmmm,no comment lah…

    Reply

  11. Langsung meluncur ke TKP, aku rasa biasa aja, agak manis untuk aku. Lebih suka Kwetiau Akok yg di jln. Madong Lubis

    Reply

  12. Kalo cari kwetiaw yang Halal dan recomended dimana ya om leo?

    Reply

    1. Ada kwetiaw Medan http://www.makanmana.net/kwetiaw-medan/ terus di jalan Pandu atau jalan Pekantan ada juga koq kwetiaw goreng

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s