Bakso Sapi Kuah (Gu Bak Wan), Jalan Surabaya

bakso kuah sapi

Nah ini dia salah satu legenda kuliner Medan. Bakso sapi kuah atau kerap dipanggil ‘Gu Bak Wan’ yang berjualan di jalan Surabaya. Sebenarnya sih makanan ini udah kami review sebelumnya, tapi lokasinya di jalan Orion (sebelah Medan Plaza) dan dikelola oleh anaknya. Kopitiam yang berada di Jalan Surabaya simpang Jalan Bogor ini dikelola sendiri oleh Acek paruh baya dengan dibantu oleh pembantunya.

alamat bakso sapi surabaya

Walaupun gampang ngasi alamatnya, masih banyak aja yang ga menemukan gerai ini. Well, hal ini dikarenakan satu ruko yang dijadikan kopitiam ini menyewakan tempat berjualan ke beberapa gerai, termasuk salah satunya gerai Mie udang Hokkian Akau yang kami review taon 2010 lalu.

bakso surabaya medan

Anyway, gerai yang mulai berjualan saat makan siang tiba ini cepat tutup lho, biasanya sebelum jam 5 udah mulai membersihkan stellingnya *bisa jadi salah satu alasan kenapa banyak yang ga nemu juga*.

bakso sapi medan

Ini dia porsi standar bakso sapi seharga Rp 35.000. Pilih dulu basenya, mau kwetiaw, mie, atau bihun (bisa dicampur), kemudian ditambah beberapa potong daging sapi, babat, usus, 2 buah bakso dan 1 bakso urat lalu disiram kuah. Looks simple, tapi yang bikin nagih ialah kuahnya yang jernih. Rasanya subtle, dalam arti kata tidak banyak penggunaan rempah ataupun bumbu lain yang mempengaruhi citarasa asli kaldu kuahnya yang dimasak lama dengan tulang sapi.

gubakwan jalan surabaya

Selain kuah, daging yang dipakai memiliki kualitas yang baik. Tidak alot, fresh, dan bagian isi perut (salah satu bagian daging yang sulit diolah) juga tidak bau. Ga heran makanan ini menjadi favorit kalangan tua ketika sore menjelang.

bakso sapi jalan surabaya medan

Baru-baru ini juga gerai ini membuka cabang di Jalan Timor, tepatnya di sebelah Mie Zhou (Depan Center Point Mal).  Harga yang ditawarkan memang ga murah, tetapi kualitas dan citarasa bakso sapi kuah yang disajikan memang tidak main-main. Recommended and worth a try.

7 thoughts on “Bakso Sapi Kuah (Gu Bak Wan), Jalan Surabaya

  1. Gu bak wan is the best maknyuss enaknya, terutama bakso nya tuh lembut bgt. Nyesel deh kl org medan ga nyobain

    1. Kurang tau juga yah… Dari segi bahan sih tidak mengandung babi, selain itu kami ga berani jamin ini aman dikonsumsi kaum muslim

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s