Bakmie Khek Samku, Asia Mega Mas

mie khek samku asia mega mas

Pasca lebaran, ga gampang memang cari tempat makan. Maklum, di negara Indonesia ini lebaran merupakan hari raya dengan rentang hari libur yang paling lama—paling tidak seminggu pada umumnya. Banyak tempat makan terutama yang dikelola kaum Muslim tutup. Untunglah beberapa penjual makanan di daerah Asia Mega Mas yang lebih banyak penduduk Tionghoanya mengambil kesempatan besar ini.

asia mega mas

Yummy Food Court, salah satu kedai kopi yang berada di sudut complex Asia Mega Mas ini menjadi markas para gerai yang berjualan. Walau belum semuanya yang berjualan, salah satu yang cukup ramai saat itu ialah gerai Samku yang menawarkan Bakmi Khek.

bakmie khek samku

Layaknya bakmi khek/Hakka di kota Medan, penyajiannya cukup sederhana. “Yang penting dari Khek Mie ialah mie dan dagingnya…” Ucap sang penjual yang diketahui juga berjualan di KM13 arah Binjai. Satu mangkuk mie sederhana ini hanya dibandrol 10 ribu rupiah, mengingat kawasan tersebut yang segmen pasarnya menengah kebawah. Rasa yang ditawarkan cukup baik, tekstur mienya lebih tipis dibanding bakmi khek yang umum kami jumpai. Yang kami sedikit kecewakan ialah kopi susu yang bau apek karena sudah lama tersimpan. Murah sih, hanya 6 ribu rupiah per cangkir, tapi kan ga harus murahan…

mie asia mega mas

“Ini batch terakhir, hari ini laris…!”

mie khek

Seberapa pedulikah anda dengan higienitas stellingnya?

bakmie khek medan

Ga rapi-rapi amat, tapi yang penting bersih…

  1. Sayur sawinya pun pelit padahal sawi murah toh, cm mie dgn daging yg sedikit.

    Reply

  2. Harga saat ini 11rb. Tapi menurutku, kurang berasa bak-thengnya dan baknya relatif sedikit.

    Reply

  3. Sama seperti bro M1lk, pas kecil gw sering makan mie khek ini yg di Jl. Bintang Terang KM 13.5, yang Asia Mega Mas belum pernah nyobain.
    Kebetulan Akong Ama gw tinggal disana dulu.

    Jangan2 gw kenal lagi sama M1lk ? *ngaku-ngaku*

    Jadi pengen coba yang di Asia Mega Mas.

    Thanks for the review MaMa

    Reply

  4. Ini buka dari jam berapa sampai jam berapa yahh..??
    pagi doang atau sampai malam..??

    Reply

    1. Jualannya pagi ampe siang

      Reply

  5. Ini yg komen org asli Hakka.. ini mie memang ckp asli mie khek dan lumayan enak. Tp msh kalah tekstur nya sedikit dari mie kampak (metal & cemara asri).

    Reply

  6. Murmernyus nih cuma 10rb.. 😀

    Reply

  7. kelebihan mie ini mengunakan kecap asin cap ikan.gak semua kedai mie pake kecap ini dan kekurangan mie ini adalah kadang2 agak kiam siap(pelit) daging yg di kasi sedikit sampai mau dia pesan +extra daging baru lah agak std mie sama daging nya…yah maklum lah nama nya juga bak mie khek( org khek pada umumnya pelit). menurut saya bak mie yg jual di seberang indo maret lebih punya taste dan lebih enak dan ada pagsit nya atau telur nya…..

    Reply

    1. Hahaha jadi bukan mitos yah kalo org Khek rata-rata pelit 😛 (no offense). Untuk bakmie seberang indomaret nanti akan coba kami liput juga. Terima kasih Michael.

      Reply

  8. oya sedikit tips buat nikmati bakmi khek , jgn siram kuah byk2 ke dlm mangkok mie seperti mie pansit pd umumnya, cukup 1-2 sendok kuah aja, or even ngak usah pake kuah, lebih tasty n terasa ‘bak cap’ nya…kl siram kuah mie nya jd terasa hambar…

    Reply

  9. hahaha…bro Leo kurang beruntung dpt kopi susu yg ngak fresh, gw ke sana selalu psn kopi susu dingin gelas jumbo sehrg 15 rb, ngak pernah ngecewain rasanya…kl ke sini tetap psn mie khek samku ini, dah langganan dr pertama kali buka di sana, malahan gw dah langganan dr jaman mertua nya yg jualan di jl. Bintang Terang ( Binjai km 13,5 ) soalnya rumah ah kong ah ma gw di sana, jd dr kecil gw dah mkn mie ini, sekrg yg jualan di mega mas tuh anak perempuan n menantunya ( ako yg ada di photo di atas) oya just fyi, dia juga ada jual mie mentah n daging nya, dah beli simpan kulkas bisa masak sendiri di rumah

    Reply

    1. Hahaha iya yah…apakah mungkin juga karena mereka tutup selama beberapa hari pasca lebaran sehingga kopinya tersimpan? Atas sarannya nanti akan saya coba lagi kopinya. Thanks Xifu.

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s