Ong Lai Mie, khas Bagan

ong lai mie s parman

Baru saja kami review mengenai nasi kari Bagan di review sebelumnya, kali ini ada sebuah gerai yang baru berjualan makanan khas Bagan juga…Well, actually bukan barusan sih. Kedai mie Ong Lai ini berjualan di Jalan S.Parman, beberapa ruko dari rumah makan Kwetiaw Ateng yang terkenal.

alamat ong lai mie

Adalah Ong Lai, nama pemilik yang dulunya sempat bertukar pekerjaan berkali kali sebelum pada akhirnya menekuni bisnis kuliner yang awalnya dikelola orang tuanya. Dulunya sih mereka berjualan di pajak Deli Indah di daerah Brayan. Untuk mengadu nasib dan mencari rezeki yang lebih baik, maka kawasan S.Parman yang belakangan ini cukup ramai dipadati pengusaha kuliner pun dijadikan tempat sewa.

mie bagan

Rumah makan ukuran 1 ruko ini cukup bersih tempatnya. Ada beberapa jenis menu yang dijual disini, namun yang menjadi primadonanya ialah Bagan Mie dan Khe Mie (Khe dibaca “Ke” seperti “Kemana”).

mie pangsit merah bagan

Perbedaan ketebalan mie; yang tipis buat mie pangsit, yang tebal buat Khe Mie—Bebas pengawet

Diceritakan Ong Lai, memasak mie yang dibuat sendiri membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan mie pangsit lainnya. Tekstur mie yang lebih licin dan lembut, namun terasa berat jika diangkat dengan sumpit. Pada gigitan pertama, anda tahu ini mie yang berkualitas.

ong lai mie

Dengan harga 15 ribu, anda sudah mendapatkan 1 porsi Bagan Mie yang mana mie nya dibuat sendiri (homemade), ditambah lauk seperti chasiew dan kerupuk udang. Kombinasi minyak dengan bumbu racikan sendiri pun semakin menambah aroma harum dan gurih.

Satu lagi menu yang direkomendasikan ialah Khe Mie (25 ribu). Nah, mie yang satu ini ditumis, bukan direbus. Dari penampakannya sih mirip dengan Mie Jawa, cuman yang ini #nonhalal 😀

khe mie bagan

Penggunaan mie yang lebih tebal menambah kerumitan dan waktu saji. Dengan keterbatasan SDM, anda harus sedikit bersabar karena Khe Mie harus dimasak pada suhu api yang rendah agar mie tidak hancur dan lembek, serta agar lebih meresap baik dengan bumbu dan kuah.

Overall..gerai baru ini masih underrated, tetapi kualitas makanan yang disajikan baik sekali dengan harga yang ditawarkan cukup reasonable, terutama di areal S.Parman yang harga makanan pada umumnya diatas rata-rata. Highly Recommended!

Tips: Telpon dulu sebelum anda berkunjung agar tidak kecewa karena ketersediaan mie homemade terbatas.

Ong Lai Mie (khas Bagan)
Jln. S.Parman no 50B (Sebelah Bank Sumut/Kwetiaw Ateng)
0852 6149 1905
0813 9784 0999

  1. […] yang dijual masih tetap sama, Bagan Mie dan Ker Mie. Jika kamu pernah baca review sebelumnya, maka disini ada sedikit perubahan. Yang pertama, harganya sudah turun dari 17rb ke […]

    Reply

  2. Salah satu mie favorit di medan….serius enak…seminggu pasti at least ada makan sekali

    Reply

  3. Oke , mantap rasa mie-nya……………….

    Reply

  4. Ne bukanya jam berapa ya? Pas sore kemarin pegi jam 5 gt kayaknya ga nampak seh

    Reply

    1. Pagi jam 7 sampe tengah hari, kemudian istirahat sambil bikin supply mie utk malam, kemudian mulai jam 6 sampe malam

      Reply

  5. 3 menit dari toko,lol!

    Reply

  6. wah dekat rumah ni.

    Reply

  7. Anyway, perasaan kata @bocahgendut ‘ke mie’nya only 20rb…di post di atas 25rb…bs konfirmasi ke ah dut ?

    Reply

    1. Bocah Gendut 01 Sep 2014 at 18:16

      Kayaknya MakanMana yang bener, harganya Rp. 25.000, gw kemaren kirain extra Rp. 5000 nya itu untuk extra krupuk udang yang gw minta tambah, rupanya Ahko nya emang lagi baek hati, gw dikasih extra Krupuk Udang free of charge. hehehehe

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s