Jajanan Sore AKhiun Uyen, jln Sabarudin

  •  
  • 2 min read
uyen keladi goreng Jajanan Sore AKhiun Uyen, jln Sabarudin

Ketika perut mulai terasa lapar dan ingin rasanya untuk mencicipi sesuatu yang tidak terlalu berat di sore hari, salah satu tempat yang menjadi pilihan jatuh ke cemilan sore nyonya Akhiun yang berjualan di Jalan Sabarudin (setelah simpang tiga kantor Camat).

Rumah makan ini kurang visible, jadi kudu spend extra effort buat observe lokasinya. Satu stelling terletak di depan hanya menyisakan jarak kurang dari 2 meter untuk lalu lalang masuk ke rumah makan tersebut.

Disinilah dapur Akhiun. Cemilan khas Indonesia seperti tahu goreng, gado-gado, pecel lontong dijual disini.  Ada sedikit tendensi kalau ramuan makanan khas Indonesia yang diracik oleh Tionghoa itu mengarah ke manis. Begitulah yang saya rasakan ketika mencicipi tahu gorengnya.

Salah satu produk Akhiun yang cukup populer ialah keladi gorengnya. Disebut U-yen dalam bahasa hokkien, makanan ini sering dijadikan cemilan di sore hari. Keladi yang telah diparut berbentuk bola oval seukuran kepalan tangan anak kecil.

Keladi goreng Akhiun ini garing diluar, lembut dan moist inside. Butuh teknik emang buat menggoreng Uyen. Kerap diluar sana banyak kami jumpai yang kebanyakan keras luar dalam dan tidak wangi lagi aroma keladinya. Saya rada lupa harganya, kalo ga salah 4rb/pc, harga yang relatif tinggi, but you get what you paid for.