Madam Tiu Bak Kut Teh, Jalan Wahidin (Closed)

madam tiu klang bak kut teh

Berawal dari rekomendasi adiknya Bobby yang sudah beberapa kali mendesak untuk mencoba Bak Kut Teh ini, akhirnya pada sebuah kesempatan di hari minggu kami pun meluangkan waktu untuk mencoba masakan dari seorang ibu yang berasal dari Malaysia, tepatnya port Klang–sebuah kota pelabuhan yang terkenal akan Bak Kut Teh-nya.

lokasi madam tiu

Lokasi rumah makan ini cukup mudah ditemukan, yaitu di Jalan Wahidin ujung, 3 ruko setelah Jalan Negara. Dari penampakan gerainya sih anda bakal merasa down dan bingung, karena rumah makan ini sama sekali tidak terlihat seperti menjual Bak Kut Teh, yang ada malah mie pansit dan air tebu. Oh well… maybe Mie pansit, curry mie Kuala Lumpur, dan Pan Mie…

alamat madam tiu

The bad news is… menu-menu tersebut ga dijual sama sekali! Kondisi rumah makan yang meragukan ditambah rasa kekecawaan setelah mendengar menu-menu tersebut tidak dijual lagi hampir membuat kami pulang. Namun beberapa saat kemudian, datanglah seorang tante dengan logat Hokkien Malaysia yang friendly menawarkan satu jenis makanan—Bak Kut Teh khas Klang.

madam tiu bak kut teh

Karena suasana rumah makan yang sepi, saya pun beranjak ke bagian dapur untuk ngobrol dengan tante yang lebih senang dipanggil Madam Tiu. Beliau bercerita bahwa dulunya pernah berjualan di Ipoh dan Kuala Lumpur sebelum akhirnya dijanjikan seorang partner sebuah masa depan yang lebih baik di Medan. Lokasi yang menurutnya kurang strategis pun menyebabkan bisnis mereka sepi dan akhirnya ditinggal pergi oleh partnernya (yang kemudian baru kami sadari kenapa Pan mie dan Curry Mie tidak dijual lagi).

kwetiaw goreng madam tiu

Sambil menunggu pesanan, kami pun memesan seporsi kwetiaw goreng (18k). Auntie yang berjualan kwetiaw goreng ini juga pernah bekerja di Malaysia selama 7 tahun, dan saat ini setia menemani Madam Tiu yang kebingungan sebagai orang asing di Medan. Dari masakan kwetiawnya, ada sedikit pengaruh rasa dari Malaysia namun tidak obvious, mengingat bahan lokal yang dipakai untuk menyesuaikan harga dengan target market.

klang bak kut teh

Bak Kut Teh (soup) – 42K

Ada 2 jenis Bak Kut Teh yang ditawarkan Madam Tiu, kuah dan kering. Yang kuah ini authentic Klang, karena benar-benar mengandalkan broth dan ramuan resep serta herbs yang digunakan. “If you see people eating Bak Kut Teh with a lot of stuff, it’s already modified…After all people get bored of eating soup only” Jawab Madam ketika kami tanya beda Bak Kut Teh-nya dengan Bak Kut Teh lain yang biasanya penuh dengan jamur, kulit tahu, tahu pong, dll.

dry bak kut teh recipe

Apabila anda pernah ke Klang sebelumnya, sangat jarang dijumpai Bak Kut Teh versi kering. Dry Bak Kut Teh ini populer di Kuala Lumpur, dan untuk menambah variasi, Madam Tiu pun menjualnya.

Wadah claypot dipanaskan terlebih dahulu, kemudian ditaburi ocra, dried chili, dan sedikit ikan asin… didiemin benter hingga aromanya keluar, lalu ditaroh daging yang berasal dari bak kut teh. Lumuri kecap manis, lalu diaduk hingga warnanya seragam, dan sebagai finale touch, Madam meneteskan sedikit chinese wine lalu segera menutup claypot dan langsung dihidangkan keatas meja. Begitu penutup claypot dibuka… Hhhhmm….this is da bomb! Aromanya begitu cetar sodara-sodara!

madam tiu dry bak kut teh

Dry Bak Kut Teh – 45K

Lambat laun, kuliner dari negeri seberang mulai berdatangan ke Medan. Sebut saja Old Town Coffee, Ationg Hor Fan, 31 Pare House, Datin Ong yang baru buka di Center Point, dan masih banyak lagi. Kehadiran Madam Tiu sudah jelas melepas rasa keriduan akan nikmatnya bersantap Bak Kut Teh bersama temen-temen sewaktu kuliah dulu. Dan setelah mencicipi masakan Madam, saya tak harus lagi kembali ke Klang untuk menikmati Bak Kut Teh yang sesungguhnya. Highly Recommended!

Madam Tiu Bak Kut Teh (Klang)
Jl. Wahidin Ujung no 3C
0853 6126 8156

  1. Masih buka kah?

    Reply

    1. Terakhir sih gw liat masih, dengan banner segede gaban sponsor dr tetangga hehehe

      Reply

      1. ROFL..kalo gitu pasti nampak deh pas mau pegi coba. Thanks.

        Reply

  2. Abit over priced….order bak kut teh 2 soup and 1 dry with 2 rice dan 2 aqua. Harga nya 196rb!? Ga ada yu char kway nya lg.
    Lebih prefer Dating Ong punya bak kut teh.

    Reply

    1. Setahu saya, harga 1 bak kut teh soup: Rp 42.000, sedangkan yang dry: Rp 45.000.
      Nasi, anggaplah 7rb/porsi + aqua Rp 5rb/botol. harga masih sekitar Rp 153rb nih.

      Mungkin ada kenaikan atau salah hitung. gak ditanyai ke Madam?

      Reply

    2. Harga makanan dan minuman di rumah makan ini sudah tertera jelas sih. Alasan tidak ada yu char kway ialah karena meresap kuah, sedangkan kuah bak kut teh rasionya sudah pas dengan porsi daging. Jadi kalo banyak yang minta extra kuah, Madam kewalahan buat nyisain kuah utk yg makan porsi sup. You are allowed to bring your own yu char kway btw, dan extra sup gratis kalo masih banyak tersisa.

      Reply

  3. jualannya mulai dari jam berapa yah bro? kalau jam 8 malam masih buka ga? thanks 4 info

    Reply

    1. Mulai siang hingga malam, biasanya sampai pukul 9 atau tergantung ketersediaan, tapi berhubung Madam lagi cuti, akan balik berjualan kembali tgl 10 oktober.

      Reply

  4. Yang versi kuahnya enak banget, wajib coba ^^

    Reply

  5. Bak kut teh nya boleh lar..tapi sekedar komentar.. nasi putihnya kurang enak
    Hari itu pas gw makan..ntah krn nasi yg ud agk dingin atau apa..nasinya terasa agk keras..padahal ud taruh kuahny..hehe

    Reply

  6. Came here for this.. Not disappointed..

    Reply

  7. This is da real bombbb!!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s