Kwetiaw Beras Yiu Huat, The Best Kwetiaw in Medan

kwetiaw medan

All hail the best kwetiaw in Medan *According to MaMa*. Kami pernah mereview tempat ini sebelumnya btw, saat masi berjualan di Jalan Asia. Nih penampakannya…

Kwetiaw Yiu Huat 4 tahun silam
Kwetiaw Yiu Huat 4 tahun silam di Jalan Asia

Nothing much has changed, kecuali tempat ini semakin rame. Ah yee yang sudah lanjut usia juga tampak masih meneruskan usaha ini.

kwetiaw ong

Demam kwetiaw Ong mungkin sudah reda setelah 4 tahun wafatnya salah satu legenda kwetiaw goreng di Medan yang dulu berjualan di Jalan Selat Panjang. Untunglah legacy-nya masih diteruskan disini.

kuetiaw beras

kwetiaw beras medan
home made kwetiaw

Dari review sebelumnya hingga saat ini, konsistensi kwetiaw ini tetap terjaga, baik tradisi maupun citarasanya.

20rb mungkin terkesan murah saat ini. Angka tersebut merupakan harga kwetiaw ini 4 tahun lalu. Sekarang? 38rb. Salah satu kwetiaw termahal di kota Medan.

kwetiau beras

Walau mahal, tempat ini tidak pernah sepi juga. Salah satu keunggulannya terdapat di tekstur kwetiaw beras yang lembut, namun tidak hancur dan lengket ketika dimasak, tentu saja jika tekniknya benar.

Proses memasak kwetiaw ini pun terkesan ‘lembut’. Beberapa kali tampak Ahyee menghidup dan mematikan kipas angin untuk mengontrol suhu api di dalam tungku.

kwetiaw beras

Tercium sudah aroma kwetiaw goreng ini, dengan 2 ekor udang ukuran sedang dan beberapa lauk seperti char siew dan irisan hu wan.

Penggunaan telur bebek meningkatkan intensitas flavor sekaligus memberikan overall warna yang lebih kecoklatan.

Despite using charcoal, sama sekali tidak terasa wok hei (smoky flavor). Masing-masing lauk berkontribusi memberikan rasa yang harmonis, dan dengan porsi yang pas-pasan aja, that’s how the end should be… Foodgasm!

And it leaves you wanting to come back again.

Dan inilah mengapa Kwetiaw Beras Yiu Huat masih menjadi salah satu kwetiaw terbaik di Medan yang kami banggakan. Dari semua turis dan teman yang kami bawa kesini, tak satupun yang pernah mengeluh.

The late Kwetiaw Ong
The late Kwetiaw Ong at Jalan Selat Panjang

– Baca review Kwetiaw Yiu Huat sebelumnya –

Kwetiaw Beras Yiu Huat
Jalan S.Parman (dekat simpang Jalan karo/bundaran tugu)
Buka:18.30

3 thoughts on “Kwetiaw Beras Yiu Huat, The Best Kwetiaw in Medan

  1. Ini kwetiaw yang harus di nikmati layaknya a very fine wine dan bukannya seperti soft drink.Ngga sedikit juga yang bilang tasteless…terutama bagi yang suka rasa edgy dan super savory.Saya suka harmoni rasanya,ngga ada ingredients yang offensive atau overpowering,teknik dan timing memasaknya impeccable,bahkan fish meat ball yang slightly burned masih totally moist dan juicy.Even cabe hijaunya tidak beraroma tajam dan escalate overall taste sensationnya tanpa merusak harmoninya.Sangat berbeda di banding para pesaingnya yang butuh bantuan cabe untuk round up overall tastenya.Don’t eat it straightly…like when you’re drinking a soda,because you don’t care about the aroma (soda doesn’t have fresh mouth watering aroma at all lol).Take a deep sniff at the aroma before you’re eating it,appreciate the kwetiaw like a very fine wine…

    1. You seem like kwetiaw connoisseur now hahaha.. indeed, not many people get it.

      But then, chances are maybe they’re not in luck because of human error.

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s