Ternyata Medan juga punya Bollywood!

bollywood briyani medan

Nah, kalau kamu salah satu penggemar serial TV ‘Uttaran’ yang akhir-akhir ini lagi ngehits di Indonesia, tempat ini mesti masuk ke daftar tempat yang kudu kamu kunjungi.

Bollywood Food Centre, seperti hidden gem di sela-sela kota Medan yang semakin banyak bertebarnya tempat-tempat makan baru, baik itu sekedar gerai kecil sampai cafe berbudget tinggi. Kami cukup yakin banyak dari orang Medan yang belum tahu akan tempat ini.

Salah satu teman saya baru saja menceritakan tentang pengalamannya di salah satu rumah makan Indian food di Medan yang menurutnya ‘best’ banget. Setelah ditelusuri, ternyata yang dimaksudnya adalah tempat ini. What a coincidence!

Daerah Kampung Madras memang banyak ditemukan kehadiran kuliner yang diramaikan oleh etnis India. Bollywood Food Centre sendiri ini beralamat di Jalan Muara Takus No. 7, kalau jalan pintasnya sih keluar dari areal parkir belakang Sun Plaza, jalan kaki saja beberapa meter lalu belok kiri.

Seriously, tempat ini gak mencolok amat dari luar, penampilannya seperti rumah biasa, namun gak susah amat ditemukan sih. Cari aja papan nama yang menggantung ke arah luar jalan, ada tulisan Bollywood-nya.

resto bollywood medan

Masuk ke dalam rumah makan ini, hanya ada lima meja rotan yang mengisi ruangan kecil itu. Asli sepi banget karena gak ada pengunjung lain sama sekali, dan saya pikir malah gak buka. Namun, tak lama seorang ibu keluar mengambil buku menu dan melayani kami.

interior bollywood

Setelah disodorkan buku menu, kami lihat menunya cukup banyak loh ternyata, dan dibagi dalam beberapa kategori seperti vegetable, non vegetarian, rice, items of briyani, roti, pulses, snack, salad, dan minuman-minuman lainnya. Kemudian kami di-suggest beberapa menu favorit di sini. Cekidot!

teh india

Masala Tea 10rb, Strawberry Lassi 17rb & Teh Tarikh 14rb

Ini menu yang keluar duluan. Masala Tea, teh yang di-brew bersama rempah dan herb khas India, surprisingly good! Jangan khawatir akan rasa pedas ataupun bau menyengat, rasanya benar pas di lidah! Strawberry Lassi-nya juga best deh, btw ‘lassi’ itu sejenis minuman yoghurt khas India. Dan yang tak kelewatan jika ke rumah makan India, Teh Tarikh!

nasi briyani kambing

Mutton Briyani 29rb

Selanjutnya, semua makanan keluar sekaligus juga. Yang pertama ini, Mutton Briyani. Well, bagi yang gak tau, briyani itu sejenis nasi yang dimasak dengan bumbu kuning dan rempah-rempah khas India. Mutton itu daging kambing, daging di sini empuk dan tidak berbau. Jempol untuk menu yang satu ini.

bollywood ocra lady finger

Bhindi 22rb

Yang ini, namanya Bhindi. Bhindi itu sebenarnya sayuran yang bernama okra atau lady fingers bahasa kerennya. Menu yang satu ini you should try, not sure how to describe it but perpaduan antara okra dengan bumbu khas India-nya, dapet banget! Apalagi disantap bersama briyani.

bollywood garlic naan

Garlic Naan 9rb

bollywood chicken butter

Butter Chicken 24rb

Nah kalau yang ini, Garlic Naan. Roti khas India ini di-suggest sama ibu yang melayani kami bahwa pasangan yang klop adalah Butter Chicken. Dan, memang benar tidak melebih-lebihkan, Butter Chicken cukup menjadi highlight pada makan siang kami hari itu.

Walaupun rata-rata makanan atau minuman di sini yang memuaskan kami, satu hal yang perlu kami mention to all readers terlebih dahulu. Kalau kamu beneran niat makan di sini, kamu kudu sabar, karena penyajiannya yang memang lama.

Berdasarkan hasil bincang-bincang kami dengan ibu tadi, dia menjelaskan memang penyajiannya agak lama karena menu dipersiapkan ketika memang ada tamu yang datang memesan, jadi benar-benar fresh

Masakan di sini benar-benar terasa khas Indianya, rempah atau bumbunya juga tidak menyengat, dan pastinya rasanya pas di lidah.

Menurut ibu ini, dia berani jamin masakan di sini berbeda rasanya dengan gerai-gerai Indian food lain di Medan. Dan saya cukup terkejut ternyata rumah makan ini telah berdiri selama puluhan tahun.

alamat bollywood medan

Recommended? Absolutely yes. Walaupun dengan lokasi yang tersembunyi di sela-sela, ruangan rumah makan yang seadanya, dan pelayanan yang cukup lama, tempat ini worth it untuk dicoba. Just because they serve the most authentic North Indian cuisine in the city.

Just make you sure you don’t come with hunger pangs.

Bollywood Food Centre
Jalan Muara Takus No. 7, Kampung Madras – Medan
061-4536494
061-7864987
0812 602 6001

  1. maf mau tanya .. halal tak?

    Reply

  2. Mutton briyaninya the best in town

    Reply

  3. Halal kah?

    Reply

  4. menu nya jika di bandingkan dengan https://makanmana.net/2007/10/15/cahaya-baru-indian-food/ gimana bro?

    Reply

    1. Variasi menu mungkin kurang lebih sama, soal taste menurut kami masing2 ada menu yang better dari satu sama lain, back to personal taste actually. 🙂

      Reply

  5. Pengen nyoba nih kalo ntar uda balik ke medan hehe. Thanks mama atas reviewnya

    Reply

  6. Such a good writing! this place deserves a recommendation ya emank! It’s one of many dining places d medan yang ttep bkin gue balik lg balik lg..haha.. =)

    Reply

    1. What’s your favourite menu? 🙂

      Reply

      1. Butter chicken with prata and mango lassie

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s