Tulek Seafood – Cemara Asri

makanan tulek seafood

Yes, of course nga asing lagi kalau rumah makan seafood lokasinya di Cemara Asri. Nah apa sih beda seafood yang satu ini dibandingkan seafood lainnya (selain namanya yang agak ‘nyentrik’ tentunya) ?

alamat tulek seafood medan

lokasi tulek seafood

Kalau di bayangan kamu lokasinya bakal di jalan utama Komplek Cemara Asri seperti sebagian besar restoran seafood lainnya, maka kamu salah. Lokasi Tulek Seafood sudah di ujung komplek, yaitu di seberang Sekolah Chandra Kusuma, sederetan sama lokasi Bakpau Aeng (lihat map dibawah artikel).

dapur cemara tulek seafood

Yang langsung jadi perhatian MaMa begitu tiba disini ialah kebersihannya. Bahkan dapurnya terlihat sangat bersih dan teratur. Nah yuk bahas makanannya.

Kepiting Tauco Giling
Kepiting Tauco Giling

Saus utama disini diberi nama Tauco Giling. Usut punya usut ternyata Tulek Seafood ini cabang dari Kota Pematang Siantar dengan nama yang sama. “Bumbu Tauco Giling ini langsung didatangkan dari Siantar, jadi rasanya sama persis dengan disana” ucap sang pengelola.

Kepah Tauco Giling
Kepah Tauco Giling

Bumbu tauco giling ini bisa di aplikasikan ke beberapa makanan seperti kepiting atau kepah. Taste yang didapat akan berbeda dengan saus di kepiting lebih terasa kaldu kepiting sementara di kepah lebih terasa fresh. Bumbunya sendiri ada hint tauco, tomat dan cabe. Must try! Apalagi kalau kamu sudah bosan dengan yang namanya ‘saus padang’ atau ‘lada hitam’.

Kangkung Terasi
Kangkung Terasi

Kangkung jadi menu favorit MaMa berikutnya. What?! Yes, walau tumis kangkung sudah sangat biasa di rumah makan manapun, kangkung disini menggunakan hebi (udang kering) dan kangkung belerang sebagai bahan baku utamanya. Hasilnya, kangkung yang lebih garing (kres kres…) dan lebih aromatic.

Ayam Goreng Semboi
Ayam Goreng Semboi

Kemudian ada Ayam Goreng Semboi yang digoreng garing dengan hint asem manis ala semboi. Mulai keliatan kan bedanya masakan disini dengan rumah makan seafood lainnya?

Oya kalau kamu penggemar Ikan Bakar, disini hanya tersedia di weekend. Sebagai alternatif, kamu bisa order Ikan steam, Ikan masak cabe, dsb.

Tauco Udang
Tauco Udang
Terong Goreng Tepung
Terong Goreng Tepung

Tentu nga lengkap kalau makan rame-rame tanpa Tauco Udang. Ini menu wajib, apalagi kuahnya enak kalau disiram ke nasi. Kemudian ada Terong Goreng Tepung yang bisa kamu jadikan dish tambahan. Terongnya dibumbui dengan baik, dipotong tipis jadi bumbu dari tepungnya terasa dan nga hambar.

Next time kalau kamu di daerah Cemara Asri dan cari rumah makan yang nga mainstream, coba mampir kesini. Suasanya disekitarnya juga lebih adem dan nyaman (belum rame, parkir juga gampang). Good food and reasonable price too!

Trivia: Kamu tau nga asal nama Tulek?

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s