Beberapa waktu lalu, tim Makanmana dipercayakan untuk meliput acara yang sangat spesial di kalangan penggiat kopi khususnya di Kota Medan. Bagaimana tidak, seorang Hidenori Izaki (World Barista Champion 2014) mengunjungi kota tercinta ini dan berbagi sedikit ilmu dan pengetahuannya dalam acara bertajuk Taste Your Temperature.

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 1 Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 2

Acara yang diselenggarakan di Monk’s Coffee ini ternyata cukup disambut antusias bukan hanya dari kalangan penggiat kopi tapi juga dari konsumen Monk’s Coffee. Hal ini terlihat dari antusiasnya pengunjung untuk mencicipi kopi hasil racikan juara dunia ini.

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 3

Berfoto bersama untuk kenang-kenangan

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 4

Di acara yang berlangsung casual ini Hidenori menyempatkan diri melihat area roasting dari Monk’s Coffee dan berbicara santai serta bertukar pikiran dengan pengelola dan owner dari Monks Coffee.

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 5

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 6

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 7

Di sesi seminar – sesuai dengan judul acara ini, Hidenori banyak memberi materi tentang pengaruh suhu pada rasa dari kopi yang dihasilkan, terutama espresso.

Selain itu tentu saja beliau banyak memberi masukan lain terutama tentang pentingya menjaga kebersihan alat yang digunakan, penggunaan air dengan kadar pH dan mineral yang pas, serta pengaturan mesin yang pas untuk menghasilkan espresso yang maksimal.

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 8

Walaupun hanya berlangsung sekirar 2 jam, suasana tidak terasa kaku dan banyak canda gurau yang membuat peserta merasa lebih akrab dan tidak canggung. Dan tentu saja peserta juga berkesempatan berfoto bareng dan yang lebih penting, mencicipi espresso hasil racikan sang juara dunia.

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 9

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 10

Tim MaMa tidak melewatkan kesempatan berfoto bersama juara dunia

Taste Your Temperature with Hidenori Izaki, World Barista Champion 2014 11

Tambah ilmu buat para barista di Monk’s Coffee

Walaupun singkat, setidaknya kita sebagai warga Kota Medan pecinta kopi boleh sedikit berbagga hati dengan kehadiran beliau untuk membagi sedikit ilmu agar dunia kopi di Medan bisa lebih ditingkatkan lagi kualitasnya.

Special thanks to Monk’s Coffee Roasters & Toffin selaku penyelenggara acara ini.

Monk’s Coffee (review)
Jalan Zainul Arifin (sebelah BTPN)