Gak usah sampe ke Bali untuk rasain sedapnya Babi Guling Bu Wayan

Ketika gue tahu kalau di Medan baru-baru ini buka rumah makan khusus Nasi Bali, terutama itu ada Nasi Babi Guling nya, oh wow honestly I couldn’t be more excited!

Sejak pernah menginjakkan kaki di Pulau Dewata tahun kemaren, serius bener-bener jatuh cinta ama yang namanya Nasi Babi Guling. Terus terang gue pernah berangan-angan sendiri kapan yah ada yang jual di Medan? I mean, everybody goes to Bali will love it!

Sedikit sharing dari yang gue ketahui, babi guling (di Bali disebut be guling) sendiri adalah masakan khas Bali, yang tak terlepas dari upacara adat maupun keagamaan yang mengharuskan penggunaan babi guling sebagai sarana upacaranya.

Makanya nggak heran kalau orang Bali doyan menyantap masakan babi guling, termasuk turis-turisnya. Banyak yang jatuh cinta dengan bagian kulitnya yang berwarna coklat kemerahan, crispy dengan sedikit lemak yang masih menempel sehingga membuat rasanya yang gurih abis di lidah.

Oh my, I am drooling now just fantasizing about it again!

Bagi yang di Bali pun nggak usah nunggu sampe ada hari raya tiba baru bisa mencicipi nikmatnya babi guling khas Bali ini, kalian akan temuin banyak yang udah jualan ini.

Favorit paling banyak orang, yaitu Babi Guling Ibu Oka atau Pak Malen. (Setujukah kalian yang udah pernah ke Bali?)

Okay enough with the Bali experience, maklum gue jadi baper keinget sama Bali. Let’s review this new place.

Tempat ini bener-bener baru karena baru buka 19 Agustus kemaren. Jadi review ini bakal singkat since it’s just an early impression.

Berlokasi di Jalan Tengku Amir Hamzah No. B-6, pas di sampingnya Bank BRI. Atau kalau kalian tau lokasi dulunya restoran Jimbaran, nah di situ. Betewe, Nasi Bali Bu Wayan ini katanya satu induk dengan restoran Jimbaran di Medan.

Tempatnya cukup luas. Terdiri dari dua bangunan utama, di kiri sebagai dapur dan tempat lauk menu di sini yang sekaligus merangkap tempat penyajian, di kanan sebagai tempat makan utama.

Di bagian belakang, ada space kosong dengan design relief khas Bali di dinding. Kalau hobimu doyan selfie, you will definitely know how to use this place LOL. Oh ya, di sini juga ada lantai 2 ruangan VIP, cuma di kunjungan kami kayaknya belum ready for public.

Okay, now we get to the food. Menu makanan di sini cuma dua jenis so far, iya DUA JENIS saja.

Nasi Ayam Betutu Gilimanuk 48rb

Yang pengen gue highlight itu Nasi Babi Guling.

Kalian yang udah pernah makan, mungkin tahu hampir semua rumah makan babi guling menyajikan isi porsi yang hampir sama, seperti di bawah ini.

Nasi putih, daging babi guling (yang telah dicampur bumbu Bali), sate lilit (daging babi), gorengan jeroan (daging babi), urutan (usus babi yang diisi dengan lemak babi yang telah dibumbui kemudian dijemur atau diasap selanjutnya digoreng), sayur urap (biasanya dari daun sawi), lawar merah (terbuat dari campuran parutan kasar daging kelapa tua dengan bumbu dan darah babi), lawar putih (terbuat dari nangka yang dicincang dan dicampur bumbu tanpa darah babi), kuah ares (sup dari batang pohon pisang dengan campuran bumbu Bali dan daging dan tulang babi), dan kulit babi guling serta sebagai pelengkap bisa dengan kerupuk babi.

Nasi Campur Babi Guling 48rb

Kalau bandingin dengan yang di sini mungkin ada beberapa bagian yang berbeda. Di sini ada babi kecap nya. Terus yang gue agak sayangkan, kulit babinya cuma secuil dan bukan seperti versi Bali yang agak gede dan berwarna coklat kemerahan serta crispy. Terus di sini nggak dikasih pelengkap kerupuk babi, padahal ini salah satu elemen yang bikin tambah maknyus.

And satu lagi, siap-siap sama harga minuman di sini. Teh tong 12rb cuy. Es teh manisnya sama harganya dengan es jeruk, es kopi dan es green tea, 20rb bah. Gue sih berharap ke depannya harga menu minuman di sini bisa lebih diperbijak haha..

Well, overall the experience here is quite good. But we prefer Nasi Campur Babi Guling than Ayam Betutu Gilimanuk, if asked to choose. In conclusion, yah mayan lah ngobatin rasa baper, kangen atau ngidam sama Nasi Babi Guling khas Bali ini.
We are indeed looking forward for upcoming improvement here.

Nasi Bali Bu Wayan
Jalan Tengku Amir Hamzah No. B-6
11.30AM — 10PM
Instagram: @buwayanmedan
Lokasi: https://goo.gl/maps/gKris34eLL42

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s