‘Cholesterol Date’ with Chef Rinrin Marinka

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 2

Jalan-jalan sambil berkuliner? Siapa sih yang nggak suka? Nah, Sabtu kemarin (09/09) MaMa diundang oleh tim Hidup Healthy untuk bareng-bareng ikutan kegiatan #FoodPhilosophy di Medan. Apa sih #FoodPhilosophy Trip ini?

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 3

Ini merupakan event ke-4 dari #FoodPhilosophy, di mana konsep acaranya #FoodPhilosophy Trip adalah sebuah program wisata kuliner yang ditujukan kepada para pecinta kuliner untuk menikmati makanan enak khas daerah masing-masing, yaitu kali ini di Medan.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 4
Tak hanya itu, acara ini makin spesial karena Chef Rinrin Marinka, salah satu juri MasterChef Indonesia, ikut jalan-jalan bareng MaMa dan beberapa foodies Medan lainnya. Nah keseruan apa saja sih yang kemarin MaMa ikutin?

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 5

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 6

Perjalanan kuliner pertama pagi itu dimulai dengan Soto Kesawan, Jalan AH Yani. Nggak sah deh kalo wisata kuliner Medan belum mengunjungi gerai soto yang sudah berjualan sejak beberapa generasi yang lalu ini. Letak gerai ini sangat strategis, tepat di seberang Tjong A Fie Mansion yang merupakan salah satu warisan kultur dan budaya kota Medan.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 7

Nggak seperti soto Medan biasa, di Soto Kesawan yang menjadi khas adalah soto udang. Soal rasa, kuah soto di Soto Kesawan gurih dengan daging yang lembut dan udang yang nggak amis. Di sini juga ada menu martabak telur.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 8

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 9

Ketika kuliner pertama ini selesai disantap, hujan masih belum berhenti. Walau begitu, teman-teman tetap semangat untuk melanjutkan ke spot berikutnya, yaitu jalan-jalan ke salah satu icon history kota Medan, Tjong A Fie Mansion.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 10
Selain Istana Maimun, ada satu destinasi sejarah lagi di Medan ini, yaitu sebuah rumah bekas peninggalan tokoh terkenal dari etnis Tionghoa, Tjong A Fie, seorang tokoh sosialis yang terkemuka pada zamannya. Museum ini terkenal menarik dan menyimpan sejarah tersendiri. Ruangan dan peralatan rumah masih original dan banyak ruangan di Tjong A Fie Mansion yang sangat antik dan mengagumkan.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 11

Habis belajar sejarah budaya kota Medan, MaMa diajak break time dulu. Spot kuliner kedua cukup dekat, hanya dengan berjalan kaki beberapa meter, yaitu Tip Top Restaurant. Tip Top pertama kali berdiri pada tahun 1929 di Jalan Pandu dengan nama Restoran Jangkie, sesuai dengan nama pemiliknya. Kemudian pada tahun 1934 pindah ke Jalan Kesawan dan berganti nama menjadi Tip Top Restaurant.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 12

 

Awalnya resto ini menjadi tempat berkumpulnya orang Belanda dari perkebunan maupun pemerintahan untuk menikmati breakfast atau sekedar menghabiskan secangkir kopi Robusta lokal dari Sidikalang yang terkenal di sore hari. Menikmati sajian es krim di tempat ini MaMa bagaikan dibawa oleh mesin waktu ke masa lalu, di mana Belanda masih menjajah negara kita. Dengan arsitektur yang sangat kental akan suasana tempo dulu dan kolonial.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 13

Setelah siap, maka beranjaklah MaMa menuju Rumah Makan Sipirok di Jalan Sunggal, sebagai kuliner ketiga hari itu. Menu RM Sipirok merupakan kuliner khas kota Sipirok Tapanuli Selatan dan Sumatera Utara. Tidak hanya khas, hidangan ini juga telah dikenal di penjuru kota Medan dan mempunyai langganan tetap yang berkisar ratusan setiap harinya.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 14

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 15

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 16

Hanya dengan menu utama Sop Sumsum, tetap aja banyak peminatnya yang membuat rumah makan dengan kapasitas 500 kursi itu, selalu penuh sejak buka sampai tutup. Salah satu menu yang unik di sini adalah Sumsum Sapi yang berukuran raksasa.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 17

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 18

Setelah puas menyeruput sop sumsum, MaMa maju terus ke spot kuliner keempat sekaligus sebagai coffee break di kala siang menjelang sore itu, Kedai Kopi Ong di Jalan Dr Mansyur. Medan memang terkenal dengan sajian kopi khasnya yang terkenal.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 19

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 20

Rumah tua dengan arsitektur campuran minimalis dan klasik ini selalu mengundang perhatian pelewat jalan. Interior di sini benar-benar sebuah karakter kopitiam klasik. Bersantai setelah makan siang, menikmati sajian kue-kue Medan dan tentunya kopi di tempat ini, MaMa jadi teringat seperti suasana zaman lalu, dan dapat menenangkan pikiran setelah setengah hari yang penuh.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 21

Coffee break pun selesai dan MaMa siap diajak menuju spot kuliner kelima. Kota Medan dikenal dengan keberadaan buah duriannya, dan salah satu tempat makan durian yang terkenal di kota Medan adalah Durian Ucok yang terletak di Jalan Wahid Hasyim. Tiap malam gerai ini selalu penuh dengan pengunjung baik masyarakat Medan ataupun pendatang dari luar kota. Apa yang menyebabkan gerai ini begitu padat dikunjungi?

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 22
Menurut pengetahuan MaMa, gerai ini awalnya bermula dari kesederhanaan bang Ucok sebagai pemilik. Kejujuran dan sifat nggak perhitungan inilah yang membuatnya disenangi dan mendatangkan banyak pengunjung. Hal lain yang mungkin berpengaruh ialah kita dapat menukar durian yang kurang bagus, sehingga kepuasan pun terjamin.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 23

Kenyang setelah seharian penuh jalan-jalan sambil berkuliner, tiba akhirnya spot kuliner keenam sekaligus terakhir dalam rangkaian acara #FoodPhilosophyMedan. Di Marco Seafood, Kompleks Cemara Asri, Chef Rinrin Marinka sekaligus menampilkan kebolehannya dalam Cooking Demo langsung dan berinteraksi dengan beberapa peserta untuk terjun ikut memasak.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 24

 

Masakan hasil kreasi Chef Rinrin Marinka adalah Cipera. Cipera sendiri adalah masakan khas suku Karo dari Sumatera Utara yang terbuat dari bahan dasar daging ayam kampung dan tepung jagung. Masakan Chef bersama sejumlah hidangan Marco Seafood menjadi santapan penutup acara #FoodPhilosophyMedan kali ini.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 25

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 26

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 27

Setelah seharian penuh MaMa makan yang penuh kolesterol dan manis-manis, MaMa juga nggak khawatir. Karena program ini dirancang mengajak para peserta untuk lebih sadar terhadap nutrisi dalam makanan enak yang dinikmati dan mengetahui filosofi/cerita di baliknya. Mengapa?

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 28

Sehingga kita lebih tahu dan tanpa khawatir akan masalah kesehatan, karena di setiap sela-sela waktu makan MaMa, ada #TemanMakanEnak menemani yaitu hemaviton Cardio dengan kandungan Phytosterol yang membantu jaga kolesterol serta hemaviton Glucare yang membantu jaga kandungan gula darah.

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 29

Last but not the least, terima kasih kepada tim Hidup Healthy yang sudah menyusun acara #FoodPhilosophyMedan dengan begitu baik, semoga ke depannya kita dapat berjodoh untuk bertemu kembali! See you again.

Hidup Healthy
Email: hiduphealthy2@gmail.com
Instagram: @hiduphealthy

Bagi yang mau nyari product di atas, dapat dibeli di toko Indomaret terdekat atau Tempo Store: https://www.blibli.com/hemaviton-cardio-kaplet-suplemen-kesehatan-2-box-10-kaplet-MTA.0734528.htm?ds=TES-36523-00577-00001

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy 30

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: