Nasi Sayur Kien Seng: Bukan Sekedar Nasi Sayur Biasa

“Makan dulu dek… Nanti nasimu kembang”, said Ci Aling with her sweet smile behind her lips.

IMG_4218

IMG_4229
Tampilan sederhana Nasi Sayur Kien Seng.

Yes! Itulah kesan pertama gue ketika menginjakkan kaki di Nasi Sayur Kien Seng. Ramah. Senyum Ci Aling yang ceria membuka percakapan dan menanyakan pesanan gue hari ini. Since I was alone this time, I ordered enough food for only me, right after she granted permission to take pictures of her food.

Sepanjang gue jepret sana sini, si Cici cerita banyak tentang makanannya dan sejarah kedai nasi sayurnya. Sudah 40 tahun Nasi Sayur ini berjalan! Itu baru dihitung dari ketika diturunkan kepada orang tua Ci Aling. In fact, Nasi Sayur ini sudah mulai berjualan dari kakek nenek Ci Aling!

IMG_4195
Ci Aling, generasi ke-3 Nasi Sayur Kien Seng

Well, everyone’s struggle ketika beli nasi sayur itu pasti saat milih lauk topping untuk nasinya. Gue dihadapkan dengan beragam macam pilihan lauk yang siap menantang rasa lapar perut gue. Mulai dari ikan, ayam, sampai daging babi pun tersedia. Dari yang pedes sampai yang manis-manis juga hadir melengkapi sterling Ci Aling. Dan gue selalu berakhir dengan memilih 2 jenis lauk.

IMG_4192

IMG_4191

IMG_4211

IMG_4208

Mata gue langsung tertuju pada setumpukan daging babi kecoklatan di bagian atas rak sterlingnya. Dan memang ternyata benar itulah favorit pelanggan-pelanggan setia Ci Aling. Menurutnya, Daging babi manis (dinamakan begitu karena Ci Aling juga gak tahu nama aslinya apa) ini sudah menjadi favorit sejak dari zaman mamanya.

Jadi, Daging Babi Manis ini aromanya seperti daging sate babi bumbu kacang khas masakan Chinese Food. Hanya saja tidak dimasak dengan kacang dan dimasak sepotong besar utuh. Namun yang paling penting nih, EMPUK! Tidak seperti daging sate babi panggang yang menurut gue cenderung keras dan agak alot.

IMG_4193
Daging Babi Manis (8rb per potong), kalo makan di tempat di potong kecil-kecil dulu sama Ci Aling.

Selain dari Daging Babi Manisnya yang menjadi favorit, Rendang Babi, Lor Usus Babi (Broiled Pork’s Intestines) dan juga Sambal Ikan Pari menjadi pilihan terbaik pelanggan Ci Aling. Sedikit informasi, gue pernah pesan take away Rendang Babinya sebelum kunjungan kali ini. Dan menu inilah yang bikin gue buat berkunjung langsung kemari. Dagingnya juicy dan empuk dengan masih tersisa sedikit bagian lemaknya di dagingnya.

What about the plain mixed rice itself?

Nasi sayur kosongnya bikin kaget. Kombinasi sayurnya sih sederhana, hanya daun ubi santan, tauco, tumis teri dan tumis timun serta disiram bumbu rendang babi sedikit, you may ask for more if you want, dan nasinya cenderung kering tanpa kuah membanjir. Tapi jangan tertipu penampilan. Tanpa lauk aja, gue bisa habisin nasi sayurnya dengan lahap!

IMG_4201
Nasi Sayur Kosong (tanpa lauk) yang cuma seharga 9rb.

Gak puas mata karena cuma 1 lauk, akhirnya dihidangkanlah oleh Ci Aling Sambal Ikan Pari. Tidak seperti sambal kedai nasi sayur lain yang biasanya terasa asin, sambal Ci Aling memiliki rasa manis aftertaste yang khas.

Awalnya gue kira manisnya karena dari daging parinya yang manis karena masih fresh. Tetapi, ketika gue klarifikasi ke Ci Aling, katanya biasanya tidak seperti itu. Biasanya memang terasa asin seperti sambal pada umumnya. But, personally i like it this way, sudah bosan juga dengan rasa nasi sayur yang mirip-mirip.

IMG_4202
Sambal Ikan Pari (12rb per potong)

Oh my, this picture above really makes me drooling.

Nah, kebanyakan pelanggan Ci Aling sih take away nasi sayurnya. Mungkin ada sensasi tersendiri kalo makan nasi itu dibungkus dengan daun. Tapi buat kamu yang mau datang dan makan di tempat, silahkan saja. Karena tersedia banyak kursi dan meja disini.

IMG_4221

IMG_4223
Ekspresi si Abang mungkin karena keenakan.

Begitulah makan siang sederhana anak soleh kali ini. Oh ya, buat kamu yang sudah pernah mencoba Lor Tu Teng (Broiled Pork Intestine) Ci Aling, coba sharing ya dengan anak MaMa yang lain dengan comment di bawah. ^^

Nasi Sayur Kien Seng
Jalan Aksara No 50, ditengah-tengah antara simpang Jalan Pukat VII dan Jalan Perguruan
Buka: 11.00 — habis
#nonhalal
Lokasi: https://goo.gl/maps/rkjEfWsV63D2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s