Sebelum gue nyampe di Center Point Mall Medan buat jumpain anak MaMa yang lain, gue sempetin dulu singgah di kedai yang satu ini. Tempatnya pas di daerah sudut setelah komplek Uniland.

Awalnya sempat ragu dan kelewatan, akhirnya gue muter balik dan ternyata pilihan makan siang gue hari itu justru membuahkan senyum yang lebar di bibir (dan perut yang lebar juga).

IMG_6721

Terpampang besar tulisan ‘Bak Mie Khek’ yang membuat gue yakin kalo andalannya adalah Bak Mie Khek. Okelah, langsung aja pesan satu porsi versi LENGKAP. Mie Pangsit yang agak keriwil dan berdiameter besar ini memiliki tekstur yang mirip mie Siantar. Mie pangsitnya sendiri merupakan buatan sendiri, demi menjaga kualitas dan rasa yang ditawarkan.

IMG_6690

IMG_6693

Versi LENGKAP yang gue maksud tadi adalah semangkuk Mie Pangsit lengkap dengan tambahan bakso Hok Ciu dan Lor Telur. I was confused with Hok Ciu meatballs too, at first. Tapi gigitan pertama baksonya langsung bikin gue paham seperti apa bakso Hok Ciu tanpa bertanya ke ownernya lagi.

Munculnya Bakso Hok Ciu ini juga sebenarnya belum ada pada kunjungan kami sebelumnya (bisa dibaca di sini). Dan beruntungnya kali ini gue punya kesempatan mencoba Bihun Gorengnya.

IMG_6738

Bakso Hok Ciu ini adalah bakso yang teksturnya lembut nan kenyal dan diisi minced pork di dalamnya. Aromanya terasa nyatu banget dengan mie pangsit dan pas kena di hati gue.

Lor telurnya juga terbilang unik. Telur yang diberikan cukup generous. Tidak dibelah menjadi potongan yang kecil2 dan juga tidak diberikan cuma setengah, tetapi diberikan satu butir telur full. What’s interested me is the egg yolk. Ternyata kuning telurnya direbus setengah matang dan menurutku terasa seperti ada aroma spices gitu di kuning telurnya. I didn’t know how did the owner make it but, bener-bener best kali buatku!

IMG_6713

Bak Mie Khek (28rb)

IMG_6715

Tips on enjoying a portion of Bak Mie Khek is kuah sopnya jangan langsung dituang semua. Biar aroma kuah lor bak yang ada di dalam mangkuk dapat kamu nikmati dengan lebih baik. Extremely, I prefer to enjoy it without any soup.

IMG_6709

Ownernya sadar kamera. 😀

Nah, kalo yang di belakang owner itu adalah suaminya. Ternyata suaminya ikut turun tangan dalam mengenyangkan anak-anak Medan khususnya pelanggan kedai ini. Andalan acek ini adalah Char-Charnya, terutama Char Bihun. And again, mata gue susah dikontrol yang mengakibatkan aku pesen satu porsi lagi.

IMG_6730

Topping-topping seafoodnya rame, se-generous Lor Telur Bak Mie Khek tadi. Udang yang diberikan juga berukuran cukup fantastis. Lap Cheong? Sure a boost for this meal! Katanya bihun goreng ini di masak sesuai gambar (yang ada di wallpaper kedai).

IMG_6692

Ayi dan Acek ini ternyata sering mengikuti Food Festival di kota Medan. Hal ini terbukti dari interior seluruh kedai yang disponsori oleh pelaksana atau sponsor utama Food Festival di kota Medan. Selain dari itu, Ayi ini ternyata uda berjualan puluhan tahun dan sudah berpindah tempat satu atau dua kali.

IMG_6724

IMG_6723

Kalau kamu kebetulan ada lewat Jalan Irian Barat, coba deh perhatikan sterling ini. Di tempat ini lah acek dan ayi tadi berperang melawan periuk dan kuali. Gampang banget kok tempatnya ditemukan, karena berada langsung di pinggir jalan utama. Kalau kamu masih belum menemukan tempatnya, ajak gue aja deh ya!^^

Bak Mie Khek & Chinese Food ACE
Jalan Irian Barat simpang Jalan Sambu
Buka: 07.00 – 15.00 WIB
#nonhalal
Lokasi: https://goo.gl/maps/CmC2UTgJZ1p