Medan Juga Punya Makanan Low-Budget

Untuk anak-anak rantau yang kost di Medan, pelajar yang uang jajannya dikit, dan buat kalian yang sedang menghadapi bulan tua… you’ll need this valuable life-saving information!

Abaikan makanan mahal yang sedang menghantui kalian di mimpi, karena MaMa akan membantu kalian untuk mencari makanan yang nggak bakal buat kantong bolong. Kalian nggak perlu makan nasi putih dengan telur goreng ditambah sentuhan kecap manis, bahkan nggak perlu lagi ditambah kecap asin biar nasinya agak becek. Sering ‘kan? Ngaku aja deh.

Simak deh ulasan lokasi berikut ini yang bisa bikin kamu bertahan hidup sampai gajian nanti.

 

1. Mie Aceh Bang Is

Mie Aceh Bang Is (2)

Buat anak-anak Sutomo 1 pasti sudah nggak asing lagi sama Mie Aceh Bang Is. Warung ini terletak di depan sekolah SMP/SMA Sutomo 1. Walaupun namanya “Mie Aceh Bang Is”, tapi best seller-nya bukan mie aceh melainkan nasi gorengnya.

Mie Aceh Bang Is (3)

Where a piece of art begins.

Mie Aceh Bang Is (4)

Irresistible smell of artwork.

Mie Aceh Bang Is (5)

Air liur mulai mengalir…

Dulunya, gue sama seatmate gue berlangganan dengan Bang Is. Kami cuma pesan 1 bungkus nasi goreng seharga 10 ribu dan kami bagi 2. Jadinya 1 orang cuma keluar uang 5 ribu. Uniknya, walaupun seporsi nasi goreng ini sudah kami bagi 2, kami masih bisa merasa kenyang. This is why I said that this is so much affordable.

Mie Aceh Bang Is (6)

Mie Aceh Bang Is (7)

Hanya dengan harga segitu kalian bisa mendapatkan seporsi nasi goreng dengan pilihan telur mata sapi atau telur dadarnya yang agak martabak telur style, ditemani dengan ikan asin, sedikit kacang goreng, acar dan kerupuk. Rasanya juga not bad menurut gue pribadi. Bila dibandingkan dengan nasi goreng di dalam kantin sekolah gue, kurasa ini masih lebih enak karena rasa pedas asinnya cukup pas. Yang pastinya, dengan sedikit bumbu rahasia yang bernama “micin”.

Mie Aceh Bang Is (1)

Kata abangnya, “dek, fotoin dulu abang ini”. Jangan lupa tag @mie.aceh.bang.is ya kalau fotonya sudah masuk Instagram.

Mie Aceh Bang Is
Jalan F.L. Tobing / Jalan Bintang
Lokasi : https://goo.gl/maps/wHc6kJ9XpNP2

 

2. Talaud Corner (M2)

Talaud Corner (4)

Sambil “menikmati” asap rokok tukang parkir dan tukang becak yang kadang bikin nafas gue nggak karuan, gue pun menyicipi pesanan gue dan anak-anak MaMa lainnya, yaitu Indomie Kuah Telur, Nasi Goreng Telur, dan menu yang nggak boleh ketinggalan, Indomie Krimer.

Talaud Corner (1)

Untuk indomienya, gue merasakan ada aroma cabe yang digunakan selain dari cabe dalam bumbu indomie itu and that’s what I like.

Talaud Corner (3)

Tapi, something unlucky happened to me. Gue lupa aduk indomienya sebelum disantap sedangkan bumbu indomienya ternyata menumpuk di atas. Guess what, gigitan pertama gue terasa asin banget macam mau minta kawin.

Taste nasi gorengnya sih biasa aja. Nothing really special. Nasi gorengnya ada manis-manis gitu, pastinya bukan manis Le Minerale melainkan manis dari kecap manis.

talaud corner.jpg

Inilah yang menjadi best seller Talaud Corner, yaitu Indomie Krimer. Rasanya agak mirip Indomie Carbonara. Tapi, yang satu ini nggak bikin eneg, malah bikin kamu pengen balik kesini lagi. Hayoo… Alumni Methodist 2 balik saja! Jangan merindu, berat. Biar MaMa saja.

Talaud Corner
Jalan Talaud Simpang M.T. Haryono
Lokasi : https://goo.gl/maps/JXu9EbsCBZ72

 

3. Aniang Vegetarian

IMG_9976IMG_9970

Pernah nggak kalian merasa kalau makanan vegetarian yang seharusnya murah ternyata bikin kantong sobek saat kalian bayar di kasir? This happened to me before. Where’s the logic? Padahal ‘sayur’ seharusnya lebih murah daripada ‘daging’. Gue rasa bukan gue saja yang berpikir begitu, do you?

Berbanding terbalik dengan makanan vegetarian yang satu ini…

Beberapa tahun lalu, gue diajak teman untuk gojekin makanan Aniang Vegetarian. Disaat gue cek pricelist di aplikasi Gojek, gue syok dengan harganya yang lebih murah daripada harga vegetarian food pada umumnya.

IMG_9981

Di masa SMA, gue sering gojekin makanan dari sini ke sekolah untuk makan siang. Bukan hanya waktu Che It & Cap Go, bahkan hari biasa. Well, ada kalanya gue merasa lelah dengan makanan berdaging begitu. Dengan harga hanya 13 ribu untuk 1 bungkus nasi sayur yang porsi nya cukup besar, gue rasa ini affordable banget buat masa #SaveBulanTua terutama pada hari Uposatha (Che It & Cap Go).

Aniang Vegetarian
Jalan Sumatera No. 101
Lokasi : https://goo.gl/maps/fjYcwDqYYAB2

 

4. Nasi Urap Pasar Ramai

nasi urap pasar ramai (2)

Nasi Urap yang letaknya di Pasar Ramai ini nggak susah dicari kok. Kalau kalian masuk dari Jalan Asia Baru, lurus saja sampai kalian melihat ada kopitiam di sisi kiri. Nah, tepat di seberangnya, di sudut mulut gang mengarah ke dalam pasar, itulah letak nasi urap ini.

Walaupun lokasinya agak sempit, tapi setiap gue lewat sini, pembelinya tetap ramai banget. NO BREAK!

nasi urap pasar ramai (1)

Gerai yang satu ini bukan hanya menjual nasi urap, tetapi juga ada mie goreng, pecal, peyek, dll. Pilih sesuai seleramu saja. Toh bulan tua bukan cuma 1-2 hari, lewat tanggal 15 sudah termasuk bulan tua ‘kan? 😀

nasi urap pasar ramai (3)

Porsi Nasi Urap yang satu ini sangat memuaskan perut gue. Dengan harga 13 ribu, gue sudah dapat ayam rendang, urap, tumis tempe, tahu, bihun, sambal dan yang pastinya nasi. Go give ’em a try!

Nasi Urap Pasar Ramai
Jalan M.H. Thamrin (Pasar Ramai)
Lokasi : https://goo.gl/maps/KVnrq8RGku72

 

5. Ketoprak Jakarta

ketoprak jakarta (3)

Di sela-sela malam minggu yang lonely banget, gue iseng-iseng keliling Medan. Somehow, mata gue tertuju pada gerai yang satu ini saat gue melewati Jalan S. Parman. Mungkin bisa dikarenakan keramaian yang menumpuk di gerai ini.

ketoprak jakarta (2)

Sambil gue perhatikan aksi si Bapak ulek kacangnya, iseng-iseng gue nanya, “Pak, ini bukannya gado-gado ya?”

“Beda dek, ini ketoprak. Kalau gado-gado itu uleknya di batu ulekan dan boleh beberapa porsi sekaligus. Sedangkan kalau ketoprak, yah, seperti ini. Ulek-nya di piring langsung”, kata Bapak yang tampaknya sudah cukup berumur.

ketoprak jakarta (1)

Kalau dipikir-pikir, gila juga ya gue. Sudah bertahun-tahun melanglang buana di Medan ini tapi masih nggak tau bedanya ketoprak sama gado-gado. Atau mungkin memang kebanyakan anak muda itu nggak tau yah?

ketoprak jakarta (4)

Mungkin karena uleknya itu per porsi, makanya rasa dari ketoprak ini cukup konsisten. Karena lebih handle with care. Meski rasanya dominan manis, tetapi rasa gula merah tidak menutupi rasa kacangnya. Dengan harga 13 ribu, ketoprak ini cukup mengenyangkan perut gue.

Ketoprak Jakarta
Jl. S. Parman No.250A (Seberang Mantra Manado)
Lokasi : https://goo.gl/maps/YsbbJh9eukS2

 

6. Warmindo Agam

warmindo agam 2

Warmindo alias warung makan indomie yang satu ini boleh dibilang masuk ke golongan warmindo yang terkenal di Medan. Disinilah semua status sosial di sama-ratakan. Kalian bisa menemukan orang yang nyetir sport car sampai orang yang jalan kaki disini.

warmindo agam 3

Indomie disini pastinya beda dari indomie yang kalian masak sendiri di rumah. Why? Mereka menambahkan bumbu racikan mereka sendiri. That’s what makes it so special! Dengan harga sekitar 10 ribu kalian bisa mendapatkan indomie special ini.

warmindo agam 4

Disini, bukan cuma indomie yang dijual, tapi ada makanan lainnya seperti Mie Aceh, Ifumie Goreng, Nasi Goreng, Nasi Prang, dan berbagai cemilan lainnya.

Warmindo Agam
Jalan Teratai (Komplek Multatuli)
Lokasi : https://goo.gl/maps/VkGUmboaipy

 

7. Pecal Mbak Supia

pecal mbak supia 1

Dari beberapa warung pecal yang gue pernah kunjungi, Pecal yang satu ini mempunyai bumbu kacang yang berbeda. Butiran kacangnya sangat terasa dan boleh dibilang cukup banyak sehingga makanan ini cukup mengenyangkan.

pecal mbak supia 12

Pecal Mie dan Pecal Lontongnya cuma 15 ribu, kecuali Nasi Pecal yang dikenakan biaya tambahan sebesar 3 ribu.

Favorit gue dari dulu tetap jatuh ke Pecal Mienya. Kalo Pecal Nasi, takutnya kekenyangan. Seporsi Pecal Mie dengan saus kacang yang nikmat, plus Peyek Kacang seharga 5 ribu yang gurih, worth it!

Pecel Mbak Supia
Jalan Sei Putih Baru No.14, Medan
Lokasi : https://goo.gl/maps/vGP98avsR3H2

 

8. Warkop Cengal

warung cengal

Nasi Goreng yang satu ini harusnya sih nggak asing lagi bagi kalian yang kuliah di UNPRI.

Cara masaknya juga nggak pake balap alias sekali masak banyak kali, tapi sekali masak cuma 5-6 porsi saja, jadi rasanya juga cukup konsisten. Di dalam nasi goreng ini ada satu bumbu cabe rahasia, yang biasanya disebut “belacan”.

Buat kalian yang kesini makan bersama pacar, kalian nggak bisa duduk berhadapan muka karena meja disini semuanya lengket ke tembok berhubung letaknya juga di gang sempit. Jadi, kalau mau lihat wajah pacar kalian, duduknya agak serong sikit yaa!

Warkop Cengal
Jalan Cengal
Lokasi : https://goo.gl/maps/PerRwhMBXCs

 

Terkadang, kita terlalu sering nyari makanan yang high class sehingga saat tiba waktunya dompet berkata tidak, kita kewalahan untuk mikir makanan apa yang murah di Medan. Sometimes, you just need to explore makanan jalanan di Medan. Bukan cuma makanan di cafe-cafe yang enak, tapi makanan jalanan juga banyak kok.

So, let’s explore! Kalau kalian tau makanan murah lainnya di Medan, comment dibawah yaa ^.^ ! Jangan lupa share ke teman kalian biar kantong mereka nggak bolong. Oyah, buat kalian yang sudah kunjungi tempat-tempat rekomendasi MaMa yang ada diatas, jangan lupa post di Instagram dengan #SaveBulanTua yaa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s