Ruangan yang temaram, alunan musik yang kadang upbeat kadang mellow dari Live Band, snacks, serta bir sudah menjadi bagian dari Boys Night Out kami di Kakatua Lounge. Desis botol bir yang dibuka pun sudah “akrab” di telinga kami. Tak terhitung lagi berapa kali kami singgah di sini untuk sekedar bersantai ria atau serius bekerja (karena Kakatua mengambil paket foto dari Savorsnap).

Tapi kali ini ada yang beda…

IMG_0277

Beberapa hari sebelumnya, kami diberi rekomendasi menu Balinese Crispy Duck dari Kakatua. Yenny, istri dari Harry, menjadi dalang di balik kunjungan khusus kami kali ini. Dari beliau juga, kami diberi informasi bahwa tangan ahli yang menyiapkan menu ini adalah milik seorang Chef asal Bali.

Beragam respon dan tanda tanya muncul dari masing-masing anggota Makanmana. It’s like we never really pay attention to this. BALINESE CRISPY DUCK dan CHEF ASAL BALI. Sounds interesting! Akhirnya kami mampir untuk mencicipi menu yang direkomendasi tadi.

IMG_9302

Beruntunglah kami diizinkan meliput hingga ke balik dapur, ke tempat sang juru masak beraksi memamerkan kelihaiannya mengolah bumbu.

Kami sangat menikmati sekali proses persiapan menu ini. Setengah ekor bebek yang telah diungkep sebelumnya dengan Base Genap* (bumbu khas Bali) digoreng dalam minyak panas. Kami ingat jelas bunyi gemericik yang muncul begitu si bebek bertemu dengan minyak panas yang disusul aroma bumbu Bali racikan Chef Rama di udara. So satisfying…

*base artinya bumbu dan genap artinya lengkap

Sambil menunggu si bebek digoreng, Chef Rama menyiapkan Urap Bali yang menjadi pelengkap menu ini. Semua sayuran tadi dicampurkan dalam satu tempat, diberi bumbu Bali racikannya tadi dan dilengkapi dengan bawang goreng. Lalu dengan tangannya (literally), Chef Rama mencampur-ratakan semua bahan tadi. No gloves at all, but we believe that hygiene is still his top priority as he washed his hand before.

IMG_9293

Urap Bali yang belum diaduk

IMG_9324

Penampakan seporsi Balinese Crispy Duck

Long story short. Seporsi Balinese Crispy Duck lengkap dengan nasi, Urap Bali, dan 2 jenis sambalnya disajikan kepada kami. Meski digoreng hingga cukup kering, kami masih merasakan sensasi juicy dan lembutnya bagian dalam daging bebek. Kombinasinya dengan kulit yang crispy di luar berhasil menciptakan perpaduan yang harmonis. Tak terkecuali bumbu base genap yang terasa hingga ke dasar lapisan daging bebek.

Urap Bali yang ikut dipaketkan juga nggak kalah menarik. Jangan berekspektasi kalau rasanya bakalan sama seperti urap pada umumnya yang menggunakan kacang panjang dan parutan kelapa sebagai bahan dasar. Di Urap Bali, justru kamu akan menemukan kangkung dan sambal embe (sambal khas Bali) yang menjadi bahan utamanya.

IMG_9277

Sebagai pendamping, Sate Lilit Bali menjadi menu pesanan kami berikutnya. Sate daging ikan tuna yang dihaluskan dan diberi bumbu dipanggang hingga matang. Sayangnya kami tidak menanyakan apakah bumbu yang digunakan adalah base genap.

But, these Sate Lilit tasted great! Satenya lembut, langsung hancur saat digigit dan tidak beraroma amis khas ikan, mungkin alasannya karena telah diberi bumbu khusus yang meresap hingga ke dalamnya.

IMG_9347

Sate Lilit Bali

Chicken Wings menjadi penutup sekaligus snacks yang menemani kami ngobrol-ngobrol menghabiskan waktu sebelum bubar. Surprisingly, rasa Chicken Wings yang disajikan tasted good. Kami bahkan iseng membuat daftar menu favorit Kakatua dan meletakkan Chicken Wings di urutan kedua setelah Balinese Crispy Duck tadi. Ada yang bilang kalau Chicken Wingsnya pedas dan ada pulak yang tidak. Soal pedas enggaknya tentu kembali ke pribadi masing-masing.

IMG_9353

Chicken Wings

IMG_3950

Live Music Performance

Anyway, kami sempat bertanya-tanya kepada sang Juru Masak saat beliau mengantarkan Sate Lilit kepada kami. Chef Rama ini barusan pindah ke Medan sekitar 6 bulan yang lalu. Jangan salah, pengalamannya selama 3 tahun di Kakatua Bali tidak serta-merta ditinggalnya. Terbukti dari beberapa menu yang disajikan tidak mengecewakan.

IMG_9265

Chef Rama

So, buat kamu-kamu yang ingin mengunjungi Kakatua Lounge, boleh kamu catat nih detail informasinya di bawah ini.

Kakatua Lounge
#NoPork
Jalan Patimura, gedung Tijili Square, level 2
Lokasi: https://goo.gl/maps/vyknxFDjB762