Saking bingungnya kami memesan menu yang satu ini, gue dan Handy memutuskan membandingkan beberapa (baca: nggak semua) brand yang menjual Brown Sugar Bubble Fresh Milk di kota Medan. And here come this ultimate (personal) guide biar nggak bingung lagi di pesanan berikutnya.

Mana tahu elo juga butuh, nih gue share ke kamu hasil-hasil observasi ala ala kami. This article will be very direct for a quick guide. Check it out!

Koi The Indonesia

Brown sugar fresh milk with petit bubble

Kami pesan yang satu ini karena setahu kami, Petit Bubble itu hanya bisa ditemukan di Koi, setidaknya sejauh ini. Dengan ukuran boba yang lebih kecil, tentu saja bagian dalam bobanya sudah pasti matang dengan mudahnya. Tidak bertepung dan justru memiliki surface boba yang licin. Pada dasarnya, bobanya yang imut ini memang sudah memiliki rasa yang manis.

Brown sugarnya memberi hint roasty yang cukup kuat. Don’t expect any milkier sensation karena brown sugarnya lebih dominan daripada fresh milk.

Koi The Indonesia (@koitheindonesia)

Centre Point Mall, Lantai LG
Price: IDR 40.000,-

Chatime Indonesia

Brown sugar chatime fresh milk + black pearl

Much boba. Lebih banyak kandungan bobanya dibanding beberapa yang pernah kita cobain di tempat lain. I find it hard to enjoy the bubble, karena teksturnya sangat chewy dan a lil bit bland.

But overall, menu yang satu ini nggak menggunakan tipe brown sugar yang terlalu roasty, meskipun jauh lebih manis dibanding Koi tadi.

Chatime Indonesia (@chatimeindo)

Centre Point Mall, Lantai LG
Price: IDR 30.000,-

Gulu Gulu Cheese Tea

brown slurppy bobba fresh milk

View this post on Instagram

Gulugulu everytime everywhere #gulugulumedan

A post shared by Gulu Gulu Cheese Tea (@gulugulu.medan) on

This is the best boba. I said BOBA. Bobanya sangat-sangat lembut. Nggak butuh effort extra untuk ngunyah yang mencernanya. Bobanya juga sangat manis karena dimasak langsung dengan gula aren.

Bisa dibilang saat boba dicampur ke susunya, kadar gula aren cairnya sudah berkurang. That’s why, menu yang satu ini lebih terasa milky dan warnanya lebih cerah dibanding yang sebelumnya. Even so, baik susu ataupun gula aren nggak ada yang dominan. Balanced-well.

p.s. Don’t shake. Cara minumnya itu disedot dari bawah ke atas.

Gulu Gulu Cheese Tea (@gulugulu.medan)

Sun Plaza Lantai 4
Price: IDR 30.000,-

Sugoi Day

BROWN SUGAR PEARL MILK

Yang ini….cukup enjoyable it would say, in a positive way. Keseluruhan “body” minuman ini terasa very light. Nggak ada rasa manis yang terlalu intens, susunya juga nggak dominan, begitu pulak dengan brown sugar yang nggak terlalu strong. I would say this is very balanced. Ntah karena play safe atau karena save cost mengingat harganya yang paling rendah dibanding keempat brand lainnya di sini.

The only minor adjusment needed is bobanya gue expect versi yang lebih manis, karena terasa sangat hambar. Eventhough, teksturnya uda baik menurutku.

Sugoi Day (@sugoi.day)

Jalan Multatuli, depan teras CELEBRITY SALON N SPA
Price: IDR 22.000,-

Zeribowl

Brown Sugar Bubble Fresh Milk

Let’s start with the things I don’t like from this menu, bobanya rada hambar, nggak berasa. Teksturnya bagus, not so chewy. Sayangnya tidak terasa manis. That’s all.

Let’s move to the best part. Since menu brown sugar dari brand ini adalah menu favorit gue, I have to say that aroma dari brown sugarnya yang bikin gue kecantol. Rasanya mirip dengan permen kelapa jadul yang terbuat dari aren. Gini nih fotonya.

Brown Sugar Boba Milk
Permen Kelapa Jadoel

Somehow, I find it unique, karena tidak gue temukan brown sugar seperti ini di tempat lain. Kalau ada, kasih tau ya. Kita compare lagi.

p.s. kami pernah bikin video QUIMAK di sini loh.

Zeribowl (@zeribowl)

Jalan Juanda, sebelah SPBU
Price: IDR 30.000,-

Bonus!

Di tengah petualangan hunting brown sugar bubble di Medan, gue dan Handy ketemu menu yang lagi hype banget.

Origins Authentic Medan

Milk Tea Pei Pa Koa

Menu satu ini baru diluncurkan 4 Mei 2019 yang lalu. Buat yang masih asing, Pei Pa Koa itu sejenis merk obat herbal asal negeri Tiongkok. Di Indonesia sendiri obat ini diberi merk Cap Ibu dan Anak (berarti nggak cocok buat ayah 😂).

I have to say that this menu is not for everyone. Personally, aku nggak cocok pake banget sama menu ini. Instead, Handy find it enjoyable. I don’t know, menurutku aroma herbalnya sangat menusuk buat gue. Meskipun rasanya yang manis dan sensasi mint yang dingin cukup menyegarkan.

You should give it a try, though. At least once!

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: