They say, there’s always room for dessert. Ditambah lagi, cuaca belakangan ini yang cenderung panas bikin pesona dessert susah banget ditolak. Rasanya yang dingin, manis dan lembut di mulut seakan meluluhkan jiwa dan raga yang gerah. Why? Because STRESSED spelled backwards is DESSERTS.

Untuk itu, buat kamu-kamu yang pengen cooling down, MaMa udah ngerangkum beberapa gerai dessert Medan yang cukup terkenal, dari yang mampu membangkitkan nostalgia hingga yang kekinian. Check it out!

1. Zeribowl

dessert medan
Zeribowl Asia Mega Mas

Dimulai dengan berjualan online sejak tahun 2014, Taiwanese dessert dari Zeribowl berhasil menggaet banyak penggemar setia. Keputusan untuk membuka gerai offline pertama di Asia Mega Mas pun didasari batasan availability, dimana pelanggan wajib P.O dulu baru bisa menikmati a bowl of goodness dari Zeribowl.

zeribowl dessert medan
Zeribowl Milk

Satu hal yang menarik dari Zeribowl adalah humbleness dari segi pilihan menu dan interior kedainya yang hanya didominasi warna hitam dan kuning. Porsi yang ditawarkan pun pas, not too much and not too little.

zeribowl dessert medan
Pembuatan Dessert Zeribowl

Zeribowl Dessert House

Komp Asia Mega Mas CC23
061-7321393

Brastagi Supermarket Tiara (Lobby)

Adam Malik Night Market

Jl. Juanda no. 63
line: zeribowlmedan
Buka: Selasa-Minggu 11.00-21.00

2. Macehat Coffee

macehat dessert medan
Exterior Belakang Macehat Coffee

Pecinta kopi dan alpukat pastinya udah gak asing lagi dengan coffee shop yang satu ini. Berlokasi di Jalan Karo, awalnya Macehat hanya berfokus pada kopi, sesuai namanya. However, saat buah alpukat lagi tenar-tenarnya di Medan, Macehat juga gak mau kalah. Jadilah Avocado Coffee Float yang jadi best seller di Macehat Coffee.

alpukat dessert medan
Avocado Coffee Float ala Macehat Coffee

Dari tampilannya mungkin terlihat seperti sugar-vaganza, dengan sirup coklat, es krim coklat, dan meses coklat yang menghiasi jus alpukat. However, buang pikiran itu jauh-jauh setelah kamu campurkan dengan segelas kecil espresso yang datang bareng jus alpukat tadi. Rasa pahit dari espresso menetralkan rasa manis dari campuran jus alpukat, jadi kamu gak akan merasa eneg.

espresso pancake dessert medan
Pancake Espresso

Selain Avocado Coffee Float yang jadi andalannya, hidangan berbasis kopi lain yang kudu kamu cobain adalah Pancake Espresso ala Macehat. Similar to their Avocado Coffee Float, rasa manis dari pancake dengan chocolate drizzle dan chocolate ice cream tersamarkan dengan segelas kecil espresso yang dihidangkan terpisah.

Macehat Coffee Shop

Jalan Karo No 20
Buka: 10.30 – 18.45

3. Es Campur Amo

es campur amo dessert medan
Tampak depan gerai Es Campur Amo

Dari yang kekinian, let’s move on ke dessert Medan yang lebih konvensional. Meskipun gerai-gerai dessert kekinian makin menjamur, pesona es campur tetap susah ditolak oleh para penggemar setianya. Salah satunya adalah Es Campur Amo yang berlokasi di Jalan Sei Kera, yang sudah berdiri sejak tahun 1984.

es campur amo dessert medan

Sama seperti kakigori ala Jepang, es campur juga consist of es serut dengan topping yang bermacam-macam. Cuman, bedanya dengan kakigori adalah topping es campur yang lebih konvensional, di antaranya cincau, kacang merah, cendol, kolang kaling, tape ubi, and the like.

es campur amo dessert medan

Dengan harga yang very affordable, Es Campur Amo menawarkan topping yang cukup generous, which is why Es Campur Amo menjadi gerai es campur favorit sebagian warga Medan.

Es Campur Amo

Jl. Sei Kera No. 117i
087868136575 / 085372236937
Instagram: @escampur_amo

4. Es Campur Bang Iwan Methodist

es campur bang iwan dessert medan
Gerai Es Campur Bang Iwan Methodist

Menjalankan usahanya dekat Gereja Methodist, gerai es campur Bang Iwan tak pernah sepi pengunjung, terutama kaum ibu-ibu yang beli buat takeaway. Tapi, buat yang mau menikmati masterpiece dari Bang Iwan on the spot, Bang Iwan juga menyediakan sederet bangku panjang tanpa meja.

es campur bang iwan dessert medan
Bu Desi, Penerus Es Campur Bang Iwan

Satu hal yang unik dari gerai es campur Bang Iwan ini adalah customernya bebas menentukan pilihan topping mereka sendiri, including the amount.

es campur dessert medan
Es Campur Bang Iwan Methodist

Untuk harga 10 ribu per porsi, this stall is definitely a place to die for! Bahan-bahan dasar serta topping nya seakan bersatu di mulut.

Es Campur Bang Iwan Methodist

Jl. Hang Tuah No. 4
Opening hours: Senin-Sabtu (11 a.m – 5 p.m) tidak termasuk hari libur

5. Es Campur & Jus Alpokat Nana

es campur alpukat nana dessert medan

Don’t judge a book by its cover. Dari luar, gerai ini mungkin nampak sederhana. Tapi di balik kesederhanaannya, gerai ini cukup terkenal berkat rekomendasi mouth-to-mouth dari nasabah bank yang lokasinya berdekatan dengan gerai Nana.

es campur nana dessert medan

Here it is, a bowl of guilty pleasure by Nana. Actually, selain es campur dan jus alpukat, Nana juga menyediakan es koteng, es teler, dan es jeruk. Tapi, yang menjadi andalan Nana hanya es campur dan jus alpukat. Why? Karena racikan esensial es campur, yaitu air gula, air santan dan gula aren is made in house.

alpukat nana dessert medan

Meanwhile, untuk jus alpukatnya, Nana memilih jenis alpukat yang tidak terlalu lunak. So, jika diseruput dengan sedotan besar, avocado bits nya akan terasa. However, persediaan alpukatnya cepat habis, jadi kalau mau nyobain segelas paradise ini kudu telepon dulu buat nanya persediaannya.

Es Campur Nana

Jalan Brig Jend Katamso, Kampung Baru
Telp: 0813 7005 6308

6. Es Krim Ria

es krim ria dessert medan
Karena MaMa lagi laper, jadinya semua dipesan deh sama MaMa

Bisa dibilang kalo gerai ini adalah saksi hidup sejarah di Medan, soalnya salah satu gerai es krim terlama di Medan ini sudah ada sejak jaman kakek nenek kelen pacaran. Interiornya pun masih membawa suasana vintage (klasik). Jadi, buat yang mau ngajak orang tua atau kakek-neneknya nostalgia masa-masa pacaran, boleh lah dibawa kemari, sekalian minta tips pacaran dong, hehe….

es krim ria dessert medan
Es Krim ala Ria beserta Dayang-dayangnya

Sebagai salah satu legenda es krim di Medan, Es Krim Ria menawarkan berbagai jenis es krim yang gak kalah dari es krim-es krim ala kafe jaman now, such as Es Krim Soda, Es Krim Wafer, Es Alpokat, Longan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, buat nemenin kamu yang pengen kunyah sesuatu sembari menyeruput es krim pesananmu, juga disediakan berbagai macam kue tradisional, seperti kue sus, lapis legit, dan bika ambon. Kurang kenyang? Gaskan sate padang dan martabak yang juga tersedia.

Es Krim Ria

Alamat: Jalan Surabaya No 28/22c (Dekat simpang Jln.Bogor)
Jam Buka: 10.00 – 21.00 (approx)
Telp: (061) 4153236

7. Pokat Kocok Barokah

alpukat pokat kocok barokah dessert medan
Billboard Pokat Kocok Barokah
pokat kocok barokah dessert medan
Interior Pokat Kocok Barokah

Di tengah persaingan industri per-pokat kocok-an yang semakin ketat, Pokat Kocok Barokah semakin membuktikan eksistensinya dengan membuka kedai di Jalan H.M. Joni, setelah sebelumnya berjualan di depan Stadion Teladan.

alpukat pokat kocok barokah dessert medan
Pokat Kocok ala Barokah

Penggunaan gula merah yang masih lumayan langka dan es krim sebagai topping jus alpokat menjadikan Pokat Kocok Barokah menjadi salah satu opsi buat puas-puasin sweet tooth kamu.

Pokat Kocok Barokah

Jalan HM Joni, seberang Museum Sumatera Utara
Buka: 11.00 – 23.00

8. Pokat Kocok Buk Iyah

alpukat pokat kocok bu iyah dessert medan

Dengan lagi booming-nya buah alpukat di Medan, gak afdol dong kalo cuman 3 gerai alpukat yang MaMa bahas. Satu lagi gerai alpukat yang kamu harus coba adalah Pokat Kocok Buk Iyah yang berada di Jalan K.L Yos Sudarso.

alpukat pokat kocok buk iyah dessert medan

Mengandalkan Pokat Kocok yang bercampur santan, gula merah, kental manis, dan pastinya es serut, sweet treat yang satu ini cocok banget buat melawan gerahnya hari, apalagi dengan tempatnya yang menurut MaMa juga notabene cukup gerah.

Pokat Kocok Simpang Glugur Buk Iyah

Jl. KL Yos Sudarso No.21K Medan
11 a.m. – 10 p.m.
Tlp: 0823-6438-4488

9. Es Campur Tin Tin Pasar Rame

es campur tin tin dessert medan
Gerai Es Campur Tin Tin di Pasar Ramai

Berdiri sejak tahun 1979, gerai ini seakan gak tergerus zaman dan cukup terkenal di kalangan pengunjung setia Pasar Ramai. Menyediakan berbagai macam dessert khas Indonesia, yang menjadi andalan Es Campur Tin Tin is, sesuai namanya, es campur.

Campuran berbagai add-ons buatan Ah Yi Xiu Zhen as the owner disatukan oleh cairan santan dan gula merah yang terasa manis dan gurih. Rasanya pun seakan bersatu (baca: lumer) di mulut, tanpa bikin kamu merasa eneg.

Yang bikin es campur ala Tin Tin ini khas adalah semua topping yang tersedia dibuat sendiri dengan campur tangan asisten. Therefore, dalam menjalankan bisnis ini Ah Yi Xiu Zhen sangat mengandalkan bantuan asisten.

Es Campur Tin Tin Pasar Ramai

Sei Rengas II, Medan
9 a.m. – 5 p.m.

Yang mana dessert Medan favoritmu?

Itu dia gerai-gerai dessert Medan rekomendasi MaMa. Ada favoritmu yang masuk list? Atau kalo kamu punya rekomendasi gerai dessert lain, please hit the comment button below!

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: