Siapa bilang rayain Valentine harus mahal? Ini dia 3 tempat asik buat romantisan dengan budget di bawah Dua Ratusan!

It’s a common knowledge, kalau hari Valentine udah dekat, dompet pasti menipis layaknya air terjun mengalir deras. EHEM, of course, hal ini hanya melekat untuk kamu yang uda punya pasangan atau yang lagi kejar gebetan. Nggak berlaku untuk beberapa anak MaMa yang love life-nya nihil.

Anyway, kalau kalian pengikut MaMa yang setia, pasti tau dong kalau MaMa suka banget dengan apapun yang murmer, tapi at the same time, nggak iya ‘kan kalau bawa pasangan ke tempat yang super cheap.

Nah, kali ini MaMa kurasikan ke kalian 3 tempat yang ambience-nya cocok buat romantisan dengan makanan yang harganya standard (bukan murmer tapi juga bukan yang tinggi macam monas). Budget MaMa limited to IDR 200K untuk bawa pasangan MaMa.

A/N: IDR 200K belum termasuk pajak ya...

Let’s check it out!

The Neighbourhood Eatery

Jl. Dazam Raya No.6 | IG: @theneighbourhood_eatery

Operating Hour: 10AM-30PM | BREAK TIME: 4PM-5.30PM

Here is the first stop! Quaint-looking, small yet spacious, The Neighbourhood Eatery (TNE) terinspirasi dari coffee shops yang berjejer di Melbourne. Letaknya yang ada di area perumahan memberikan inspirasi ke sang owner, Elva, untuk membaptiskan nama ‘The Neighbourhood Eatery’ agar tempat ini terdengar lebih bersahabat.

Di sini, kalian bisa cicip menu Western dan juga Asian. Ada yang fusion, ada yang nggak. Buat yang lebih prefer spend Valentine’s day dengan Asian cuisine, kalian boleh cobain menu TNE!

Keep scrolling down.

Bakmi Truffle (43K)

Bakmi Truffle (43K)

Bakmi Truffle yang disajikan dengan gaya Bakmi kekinian ini merupakan Bakmi with a twist. Minyak ayam yang biasanya digunakan untuk membuat menu mie satu ini lebih harus digantikan dengan truffle oil yang jauh lebih intense. BUT, plot twist-nya ada di chili oil yang nggak begitu pedas but with enough kick.

Gyudon (42K)

Gyudon (42K)

Terinspirasi dari masakan Jepang, Gyudon yang menggunakan daging sapi sebagai topping meat ini is a pretty decent bowl of Gyudon. We think you should eat it while it’s hot, apalagi ketika irisan dagingnya disajikan medium rare, yum!

Brown Sugar Bubble & Butterfly Mures

Brown Sugar Bubble (28K) & Butterfly Mures (38K)

For the drinks, ada Brown Sugar Bubble dan juga Butterfly Mures.

Terbuat dari Gula Aren lokal, Brown Sugar Bubble TNE rasanya quite good Butterfly Mures terbuat dari bunga telang, yang menghasilkan warna keunguan yang unik. Tasted like a blackcurrant.

Dear Chocolate Man (43K)

Dear Chocolate Man (43K)

End the night with a sweet yet savoury Dear Chocolate Man yang merupakan waffle, strawberries, lightly fried banana fritters, chocolate sauce, choco powder, and Vanilla Ice Cream.

Verdict

The Neighbourhood Eatery

Suasananya yang homey maybe makes you think twice untuk spend Valentine di sini, but here’s a reason why you should: konsepnya yang lebih casual menawarkan kenyamanan tersendiri buat kalian yang pingin spend Valentine low-key atau bukan tipe yang suka over-the-top.

Total harga: IDR 194K (sebelum pajak)

Kewin Kitchen

Jl. Dr. Cipto No.9 | IG: @kewinkitchen

Operating Hour: 11AM-23PM
Malam-malam di outdoor Kewin Kitchen, rasanya lagi romantisan di restoran Eropa!

Lokasi kedua ada Kewin Kitchen, yang indoor maupun outdoor-nya cuchmey abis! Ada European feel yang terasa ketika melangkahkan kaki ke Kewin Kitchen. And to no surprise, makanan yang ditawarkan juga kebanyakan menu Western, atau lebih tepatnya, Italian Cuisine.

Firewood Oven

Yang paling unik di Kewin Kitchen adalah ‘firewood oven‘ yang menghasilkan rustic dan otentik taste ke setiap Pizza-nya seperti Pizza Margherita yang MaMa pesan. FYI, nama Margherita ini diambil dari nama Ratu Italia di abad 19-an.

Pizza Margherita

Pizza Margherita (62K)

Lembut dan nggak alot menjadi karakteristik Pizza Margherita Kewin Kitchen. Tomato saus, mozza cheese, dan juga daun basil ini menggambarkan warna bendera Italia. Bahkan Pizza basic seperti ini aja udah lezat banget, can you imagine if it’s topped with much more ingredients? Don’t miss out on the Pizza!

Spaghetti Alle Vongole (40K)

Spaghetti Alle Vongole (40K)

Berbeda dari Spaghetti Alle Vongole biasanya, Spaghetti Alle Vongole di Kewin Kitchen menggunakan basil pesto sebagai sauce-nya, instead of the usual just clams and white wine. Aroma spaghetti-nya kental dengan aroma basil pesto khas and it’s very good. Kalau kalian pecinta pesto, you will definitely like this menu.

Dessert Panna Cotta (45K) — Strawberry flavor

Dessert Panna Cotta (45K) — Strawberry flavor

Dikenal juga dengan sebutan pudding ala Italy, Panna Cotta yang fruity tapi manisnya pas di Kewin Kitchen ini menggunakan campuran susu dan yoghurt di dalam pudding-nya. Teksturnya lembut seperti mousse, tapi less heavy than a mousse.

Yang MaMa cobain adalah Panna Cotta Strawberry, yang disajikan dengan potongan buah jeruk dan pir di sampingnya.

Untuk minumannya, MaMa pesan dua gelas Es Teh Gula Batu, satu gelas 21K.

Verdict

Kalian bisa langsung melihat Pizza dibuat di Firewood Oven.

Nggak hanya tempatnya yang romantis ala Eropa jadi alasan untuk ke Kewin Kitchen buat Valentine. Tekstur dan rasa Pizza-nya yang asik abis langsung buat kamu dan pasanganmu serasa lagi di Italy.

Harga makanannya termasuk lumayan mahal, jadi MaMa usahain supaya nggak kelewatan 200K. Sharing aja ya Pizza, Spaghetti dan Panna Cotta-nya supaya lebih romantis.

Total harga: 189K

Miele Kuliner

Jl. Gatot Subroto Gg. Johar No.154-L | IG: @miele.kuliner

Operating Hour: 12PM-3PM (LUNCH) | 6PM-9PM (DINNER)
Private Dining Area

Tempat terakhir yang MaMa kunjungi adalah Miele Kuliner, a private dining place yang dibuat oleh Chef Mirko dari Italy. Yep, chef di Miele Kuliner ini lahir di Tuscany, Italy dan dulunya kerja di hotel ternama, Sheraton.

Chef Mirko berserta istrinya, Bu Rina membuat tempat ini karena menurut Chef Mirko, private home dining itu merupakan kultur dan ciri khas masyarakat Italy.

Untuk Valentine, mereka berkeinginan untuk membuat Private Romantic Dining Experience buat kalian kaum yang masih dalam love bubble.

Miele Kuliner menawarkan satu set course buat satu pasangan: 1 appetiser, 2 main courses, 1 dessert dengan 2 beverages yang uda termasuk di set-nya. FYI, satu course ini IDR 200K sesuai dengan budget MaMa.

Sebagai menu pembuka ada Bruschetta, which MaMa nggak coba. Straight onto the main courses, ada Red Heart Ravioli Stuffed with Prawn & Thyme dan Salmon Gravalax & Tzatziki Sauce.

Red Heart Ravioli Stuffed with Prawn & Thyme

Red Heart Ravioli Stuffed with Prawn & Thyme

Dengan red-colored heart-shaped Ravioli sebagai salah satu main course-nya, otomatis buat pasangan kamu langsung jatuh hati. Ravioli merupakan salah satu jenis pasta yang lebih sulit dibuat dari segi teknik.

Pada umumnya, Ravioli diisi dengan ricotta cheese and spinach. Tapi di Miele Kuliner, Chef Mirko menggunakan udang cincang dan thyme sebagai isiannya. Saus yang digunakan memiliki hint lemon zest dengan basil oil.

Salmon Gravalax & Tzatziki Sauce

Salmon Gravalax & Tzatziki Sauce

Gravalax merupakan Salmon yang di-cured dengan campuran gula, garam dan dill. Di Miele Kuliner, teknik sous-vide digunakan untuk meng-cured Salmon yang dihidangkan. Setelahnya, Salmon Gravalax disajikan dengan Tzatziki Sauce dan Panzanella.

Terbuat dari yoghurt, onion, dill dan chili, Tzatziki Sauce ini memberikan citarasa yang unik ketika dipadu dengan Salmon Gravalax. Ditambah dengan Panzanella atau salad yang terbuat dari potongan tomato, garlic, chives, dan chili, menu yang satu ini memiliki citarasa yang unik. It’s fresh, citrusy, dan ada a little kick dari chili di Panzanella.

According to Chef Mirko, Italian Cuisine lebih banyak menggunakan herbs dan dipengaruhi oleh Mediterranean Cuisine dibanding spices, yang membedakan masakan Italian dengan masakan Indonesian.

Tiramisu

Tiramisu

Primadona malam itu adalah si Tiramisu, a coffee-flavoured Italian dessert. Berbeda dengan Tiramisu yang asli dari Italia, Chef Mirko menambahkan whipping cream ke mixture Tiramisu-nya. Menutup set course menu ini dengan Tiramisu pastinya buat kamu dan pasanganmu lebih manis lagi.

Lemoncello from Sorrento & Bellini

Lemoncello from Sorrento

Ada dua minuman yang dihidangkan bersama satu set course ini: Bellini dan Lemoncello (Limoncello). Sebagai pembuka, Bellini dari Milano yang memiliki warna merah dan terbuat dari peach dan sparkling soda ini dikonsumsi sebelum memulai hidangan pembuka.

Lemoncello yang disajikan berasal dari Naples, kota yang berasal dari Southern Italy. Lemoncello merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari lemon, sugar dan juga alkohol.

Rasa alkoholnya yang intense didampingi segarnya lemon juice ini biasanya memiliki kadar alkohol sekitar 24%-32%. Lemoncello ini diminum setelah menu pencuci mulut, and you have to drink it in one shot!

Verdict

Setiap corner dari tempat ini ada sentuhan Chef Mierko dan istrinya, Bu Rina. Love nest gitu.

Untuk set course ini kalian hanya perlu merogoh kocek seharga IDR 200K. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru ambil HP kalian. Promo 200K dengan set course menu Valentine ini hanya berlaku dari tanggal 13 Feb-17 Feb, dan hanya bisa di-booking for lunch (12PM-3PM)and dinner (6PM-9PM). FYI, kalau kalian mau double date or triple date bisa kok datang ke sini, asal nggak lebih dari 8 orang!

Total harga: IDR 200K

Supaya Valentine Lebih Lancar, ini 5 tips Cerdik Valentine ala MaMa!

Agar cinta diantara kalian semakin membara.

Selain mengkurasikan tempat-tempat cuchmey buat romantisan dengan budget IDR 200K, MaMa juga mau bagi #tipscerdik nih buat anak-anak MaMa supaya Valentine-nya bisa lebih lancar.

1.Cari promo-promo Valentine lewat Instagram beberapa hari sebelum Valentine. Lebih gampang lagi, kalian ke IG MaMa trus klik highlight ‘promo valentine’.

2. Cek Blog Makanmana, a.k.a selamat, kalian sudah menyelesaikan #tipscerdik ke-2!

3.Cari hadiah-hadiah buat pasanganmu online, contoh: ketik “@petalsandvine” di Instagram, pasti pasanganmu bahagia terima hadiahnya!

4. Nah, #tipscerdik ke-4 cocok banget buat yang lebih pilih rayain Valentine di rumah—Candlelight Dinner pake Gojek! Nggak usah ribet masak untuk Candlelight Dinner, cuma perlu ketik makanan yang mau dipesan aja lewat Gojek.

5. Bawa pasanganmu jalan-jalan ke luar kota untuk memandangi bintang-bintang di langit malam alias wisata alam. FYI, asal jalan-jalan aja pun biasanya udah buat hati pasangan senang.

Ini dia 5 #TipsCerdik Valentine yang MaMa buat untuk kalian, dan juga 3 tempat romantis versi MaMa yang wajib untuk dicoba! #TipsCerdik dalam bentuk lisan masih kurang? Well, check out video terbaru MaMa di mana host @handy_luo berhasil bawa Lifestyle Influencer @elizazachandra untuk rayain Valentine bersama!