Penasaran dengan rahasia kue Tip-Top? Ini dia penampakan Tungku Api dari Tahun 1934!

Akhirnya, kami mengantongi izin untuk liputan langsung ke bagian “internal” dari dapur Tip Top Medan. Terutama area tungku api dan pembuatan slagroom yang masih manual.

Di artikel 8 tahun sebelumnya, kami hanya bisa menyadur foto-foto ini dari website resmi Tip Top. But, we took the real picture from our own camera this time.

Top Top Restaurant/Lunchroom, 2020.

Kami tiba pukul 09.00 pagi saat itu. Jam segitu, kue-kue dan es krim tradisional Tip Top masih dalam proses pembuatan. Jadi, kami bisa meliput aktivitasnya.

Ini nih yang mau kita liput.

Pak Kus, pengelola generasi ketiga, mengajak kami ke bagian belakang restoran, melalui sebuah koridor kecil. Terus melewati daerah dapur pembuatan minuman. Menuju ke ruangan dengan tungku besar.

YA! BESAR! Sebesar kamar tidur untuk 1 orang, sekitar 2m x 3m perhitungan kasarku. Inilah yang menjadi jantung operasional Tip-Top.

Jangan pernah meletakkan tangan di dinding tungku (kalau berkesempatan ke sana) karena suhu permukaannya sangat tinggi.

Tungku ini terbuat dari batu dengan pembakaran yang masih menggunakan kayu bakar, kayu mahoni dari perkebunan milik Tip Top sendiri tepatnya.

Meski tungku ini digunakan sejak 1934, tapi dari kelihatannya masih sangat kokoh dan kuat. Tantangannya ialah—batu ini sudah berumur 86 tahun! Menurut Pak Kus, komposisinya sangat unik, karena selain menyerap hawa panas, batu ini dapat ‘mengembalikan’ lagi hawa tersebut, sehingga ‘panas’yang diciptakan di ruangan ini tidak dapat direplikasi dengan konstruksi batu-batuan zaman sekarang.

With that being said, mustahil jika ada rencana Tip-Top melakukan ekspansi atau membuka cabangnya.

Sambil menunggu matangnya cake jadoel yang sedang dipanggang selama lebih kurang 20 menit, staff berpindah ke mesin pembuat slagroom yang berada tepat di sebelahnya.

Mesin yang digunakan fully-manual, dengan memanfaatkan tenaga kinestetik tanpa bantuan energi listik. Tentu saja, mesin ini sudah sangat-sangat-sangat sulit ditemukan.

Pedal pada mesin diputar searah jarum jam. Beberapa putaran awal akan terasa cukup berat. Namun putaran berikutnya pasti terasa ringan karena momentumnya.

Slagroom adalah sejenis intisari dari susu (menurut pengelola) atau lebih mudahnya, sebut saja namanya krim susu kental. Masih bingung? Intinya slagroom ini kalau dikocok, bisa jadi whipped cream.

Butuh waktu yang cukup lama sampai akhirnya slagroom mengalir melalui corong sebelah kanan (lihat foto).

Slagroom inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya es krim khas Tip Top (nantinya slagroom diproses lagi).

Gue masih ingin bercerita banyak tentang mekanisme tungku api tadi dan lebih detail tentang pembuatan Slagroom, but biarkan video di Youtube Channel Makanmana yang berbicara saja (klik video di bawah).

Tapi sebelum terbang menuju ke Youtube, lanjut dulu gih ke ulasan menu-menunya di bawah.

Mari Balik ke Dining Area di Depan.

Seperti yang kami ulas di artikel sebelumnya, keseluruhan interior Tip Top dipenuhi dengan berbagai foto-foto yang penuh nilai sejarah.

Di bagian tengah ruangan bahkan masih bisa ditemukan mesin kasir tempo doeloe.

Tepat di samping gedung utamanya, terdapat bakery/cake shop dengan nama yang sama.

Di sini nih etalase dari kue-kue yang dipanggang pada tungku api tadi.

Head to the main menu.

Ox Tounge Steak

Bistik Lidah Lembu (Ox Tounge Steak) merupakan menu yang paling direkomendasikan pihak pengelola.

And it’s really good! Daging-daging lidah yang diiris tipis dan disajikan dengan kentang goreng tradisional, sayuran dan acar, lalu disiram dengan saus berwarna coklat cerah bikin lidah kami ketagihan.

Nasi Goreng Spesial Tip Top menjadi menu berikutnya yang direkomendasikan. Dari presentasinya, ini mirip dengan tipikal nasi goreng ala Jawa pada umumnya.

Aroma kecap manis cukup terasa pada tumisan nasinya. Kemudian nasi disajikan bersama telur mata sapi dan yang paling best adalah ayam menteganya. Ayam mentega ini yang menjadi highlight dari Nasi Goreng Spesial Tip Top.

And finally, kami bisa cicipi aneka roti yang dipanggang pada tungku api tradisional tadi.

As expected, rasa dari kesemua bakery (yang best-seller) dari Tip Top ini sudah tidak diragukan lagi.

But let’s zip it, karena…

Ulasan detail dari masing-masing roti, main course dan es krimnya yang legendaris bisa ditonton pada video di atas ya. Silahkan balik ke atas dan nonton video selengkapnya!

Carmen Ice (notice the spiral shape, that’s the slagroom!)
Moorkop Ice

Tip Top Restaurant (@tiptopmedan)

Jl. Jend. Ahmad Yani No.92 A-B
Telp: 0819 608 3807
Jam buka: 09.00-23.00
#halal
Page: http://tiptop-medan.com/
Lokasi: https://goo.gl/maps/7f6wSo3c2g6jyGpX8