Ini Dia 10 Nasi Gurih Pilihan Makanmana Buat Sarapan Murah Meriah & Enak di Medan!

Kebayang ga sih? Aroma Nasi Gurih yang kental dengan santan kemudian ditambah dengan topping seperti serondeng seringkali menggelitik nafsu lapar di pagi hari.

Bertebaran di seluruh penjuru kota, dari gerobak sampai kedai, Nasi Gurih terletak dimana-mana. Tapi kadang ada yang mahal dan ada yang murah. But, if you’re like MaMa yang perutnya nyaris keroncongan tiap jam, kantong pun harus di jaga ketat supaya nggak cepat teler.

That’s why, MaMa rangkumkan 10 tempat Nasi Gurih yang harganya masih terjangkau oleh kantong, apalagi di masa bulan sekarat. Kisaran harga dibawah 20K! Here we go!

Nasi Gurih Bu Ida

Jl. Madong Lubis No.2, di Kopitiam Pasar Beruang

Jam Buka: 06.00AM—11AM (kadang jam 10 lewat pun bisa SOLD OUT, apalagi kalau weekends)
Order via GoFood: https://gofood.link/u/ZRJY
Nasi Gurih + Telur + Perkedel (16rb)

Dendeng Sapi sama Rendangnya BEST—at least that’s what people say.

Berlokasi di salah satu kopitiam di Pasar Beruang, Nasi Gurih Bu Ida ini gampang ditemukan karena banyaknya ojol yang parkir di depan.

76 tahun yang lalu, Nasi Gurih Bu Ida ini tidak memiliki nama dan menggunakan gerobak sebagai medium menjual. Sekitar 8 tahun yang lalu, barulah di “branding” oleh anak Bu Ida, yang merupakan penerus ke-3 dari bisnis keluarga ini.

Dendeng sapi dan rendang (ayam/sapi) best seller di sini. Walaupun ada yang nggak makan sapi, kuahnya tetap mesti dimintain. Kisaran Nasi Gurih di sini mulai dari IDR 9rb kalau polos dan 17rb untuk yang pakai daging.

Nasi Gurih Daun

Jalan Hindu, Gerobak di Depan Kedai Kopi Apek

Jam Buka: 6.30AM-10.30AM
Order via GoFood: Not Available
Nasi Gurih + Telur Dadar (12rb)

Sambal Merahnya Buat Ketagihan!

Menurut penjual nasi gurih tak bernama ini, Nasi Gurih mereka dikenal sebagai Nasi Gurih Daun karena bungkusan nasi gurih mereka pakai daun.

Meskipun tampilannya yang gampang terabaikan, Nasi Gurih Daun ini sudah bertahan sejak 44 tahun yang lalu dan telah dipegang oleh Generasi ke-2 sekarang.

Sesuai dengan tampilannya yang sederhana, pilihan lauknya juga nggak banyak—ada telur dadar, rendang dan dendeng. Kisaran harganya dari IDR 8rb untuk yang polos dan 22rb untuk yang pakai rendang ataupun dendeng. Sekedar info, sambal di sini cepat habis dan boleh diminta lebih banyak!

Nasi Gurih Gerobak Jln. Bandung

Persimpangan Jalan Cirebon dan Jalan Bandung.

Jam Buka: 6.30AM-09.30AM
Order via GoFood: Not Available
Nasi Gurih + Telur Dadar = 10rb

Campuran Dua Jenis Sambal, Bihun & Tauco-nya Bikin Lebih Greget.

“Nggak ada namanya,” Begitu respon si Bapak ketika ditanya tentang nama Nasi Gurihnya. Meskipun sudah berkecimpung di dunia kuliner selama 4 tahun, Bapak ini tak mau ikut pusing tentang dunia F&B yang gencar dengan dunia online.

Buka dari jam 6.30/7.00 pagi sampai 9.30 pagi, Bapak ini nggak peduli apabila makanannya ludes atau nggak, beliau akan pulang—so, kalau mau nikmatin nasi gurihnya, kalian jangan telat!

Seporsi nasi gurih bapak ini lumayan banyak, ada nasi, bihun, tauco, sayur lodeh, dua jenis sambal terus dua jenis kerupuk. Yum!

Kisaran harganya dari 6rb-14rb, tergantung pesanan kalian.

Nasi Gurih Bang Man Jalan Bogor

Gerobak, Persimpangan Jalan Bogor dan Natal

Jam Buka: 06AM-09AM (kadang jam 8 lewat juga uda habis)
Hari Minggu & tanggal Merah libur
Order via GoFood: Not Available
IG: @nasiguri_bang_man
Nasi Gurih + Sambal telor = 10rb

Cabe Manis & Dendeng Sapi Bikin SOLD OUT Sebelum Jam 9!

Kadang, sebelum waktu menunjukkan pukul 8 pagi pun, pilihan lauk di Nasi Gurih Bang Man tinggal sambal telur. And yes, hal itu terjadi DUA KALI sama MaMa yang datangnya selalu jam 8 🤣 Kata masnya nggak selalu kok, eh tapi dua kali kena zonk MaMa.

Kali kedua MaMa pun terima nasib, pesen Nasi Gurih sama sambal telornya. Dari bisikan owner, MaMa ketahui kalau dendeng sapi mereka paling best seller. Nah, buat kalian yang uda pernah cobain, jangan lupa kasih tau MaMa rasanya gimana.

Anyway, seporsi nasi gurih ini simpel aja, nggak ada kuah-kuah kayak tauco maupun sayur lodeh. Cuma ditemani bumbu rendang gitu aja sama serondeng dan bawang goreng. Sambal manisnya yang buat sepiring Nasi Gurih simpel ini semakin sempurna! Sepiring nggak gitu banyak porsinya, but is still quite filling for a breakfast.

Nasi Gurih Ogek

Jalan Madong Lubis simpang Jalan Singa, depan Moo Moo Cow Baby Shop

Jam Buka: 05.00-11.30
Order via GoFood: Not Available
Pake sambal telur 10rb

Ntah kenapa banyak penjual Nasi Gurih yang berpatokan di jalan Madong Lubis ini; mau di ujung jalan tempat belok masuk ke arah Pasar Beruang maupun yang memang berlokasi di Pasar Beruang.

Salah satunya ada Nasi Gurih Ogek ini.

10 tahun telah berlalu buat Nasi Gurih Ojek yang namanya terinspirasi dari nama sang ayah pemilik sekarang. Meskipun begitu, citarasanya tetap lezat apalagi buat pelanggan setianya.

Di seporsi Nasi Gurih Ogek ini berisi nasi lemak, teri kacang, bawang, bumbu rendang, sambal, timun dan kerupuk. Very, very simple. Tambahin telur satu, harganya capcus cuma sepuluh rebu. Kapan gas ke sini, nakku?

Nasi Gurih Tiara

Jln. Madong Lubis, seberang Ogek. Tenda Merah sebagai tanda

Jam Buka: 7AM-11AM
Order via GoFood: Not Available

Another Spot For Best-Selling Dendeng, Eh Tapi Malah Ayam Gorengnya Yang Ludes Duluan

Pas aja di seberang yang di atas, Nasi Gurih Tiara ini gitu-gitu uda bermukim di jalan ini selama 12 tahun juga. FYI, ‘Tiara’ ini diambil dari nama anak owner yang baru berumur 2 tahun. So maybe, sebelumnya nama Nasi Lemaknya beda.

Telur dadarnya tipe Telur Dadar Padang yang uda diisi bermacam-macam potongan sayur supaya lebih wangi. Nah, di sini tuh menunya lumayan banyak sih: ayam goreng, dendeng, rendang, dan sebagainya. But, kembali ke personal fav, MaMa pesan pake telur dadar.

Selama MaMa lagi foto-foto di sana, pelanggan tetap yang berkunjung lumayan juga. It speaks for itself, I guess.

Nasi Gurih Tiara

Nasi Gurih Ajo

Jalan Asia, sebelum simpang Sun Yat Sen, sebelah kanan

Jam Buka: 06.00-11.30 (SENIN TUTUP)
Order via GoFood: Not Available
Nasi gurih+ayam 15rb

Sambal Yang Manis-Manis Pedas ini Dijamin Cerahkan Pagi Harimu

Berdiri sejak 1980-an, Nasi Gurih Ajo yang masih menggunakan gerobak sebagai mode transportasi ini sudah mengisi perut anak-anak MaMa yang menempuh pendidikan di sekolah terdekat area ini.

Kalau soal rasa nggak usah ragu lagi, soalnya meskipun udah dipegang sama generasi ke-2, generasi pertamanya masih “supervisi” atau Quality Check masakan yang keluar dari dapur juga sebelum sampai ke tangan pelanggan.

nasi gurih ajo

Nasi Gurih Tom & Jerry

Jalan Surabaya No. 30

Jam Buka: 07.00-12.30
Order via GoFood: https://gofood.link/u/debvP
Nasi gurih + Rendang 15rb

Simpel Abis Perawakannya, Tapi Jangan Anggap Remeh Ya!

Nah, buat kedai legendaris satu ini mungkin introduction isn’t needed. Nyaris seluruh masyarakat kota Medan (yang tinggal di area kota) mungkin uda pernah makan atau justru sering makan di sini.

Menurut MaMa, dari semua kedai nasi gurih yang udah pernah kunjungi, Tom & Jerry merupakan salah satu yang lauk untuk nasi gurih polosnya paling minim. Hanya tauco sama sambal kacang dan kripik. Surprisingly, tauco dan rendangnya agak pedas tapi cocok aja di lidah MaMa.

Hayo, favorit siapa juga ini?

Nasi Gurih Wak Lin

Jln. Malaka No.19

Jam Buka: 6AM-6PM
Order via GoFood: https://gofood.link/u/krAw
Nasi Lemak dengan sambal telur 10rb

Wangi Nasi-nya Jadi Alasan Kenapa Ini Kedai Legendaris Di Rantau Perapat!

Dari blog MaMa sebelumnya, diketahui kalau RM Wak Lin ini memang udah terkenal legendaris di Kota Rantau Perapat. Nasi Lemak maupun Nasi Gurihnya dua-duanya mantul.

Harganya tergolong standard, tambah telur 10rb. Di satu porsi Nasi Lemak uda ada meehun, sayur buncis dan sambal. As you can see dari fotonya, Nasi Lemak di Wak Lin ini yang lebih basah tipenya, dan lebih enak kalau semua dicampur pas dimakan.

FYI, di sini ada berbagai pilihan ikan goreng juga buat kalian yang mau. Untuk tau lebih banyak tentang RM Wak Lin, langsung aja cek review MaMa sebelumnya!

Nasi Gurih Nenek/Tenda Biru Glugur

Jalan Yos Sudarso No.- (Tepat disebelah Bank BRI, beberapa ruko dari konsultasi pendidikan Global Total)

Jam Buka: 6AM – 11AM / 19PM – 23PM (approx)
Order via GoFood: https://gofood.link/u/rRnj

Aduk Sampai Rata, Baru Terasa Luar Biasa-nya!

Dikenal juga dengan Nasi Lemak Nenek, warung nasi gurih yang satu ini memang namanya uda terkenal banget di penjuru Kota Medan. Pas MaMa tanyain di IG Story Makanmana tentang nasi gurih yang recommended, banyak dari anak-anak MaMa yang suggest tentang tempat ini.

Seporsi nasi gurih ini ditemani sambal keripik kentang, tauco, dan teri kacang. Ada rendang, sate telur puyuh, ikan goreng dan ayam goreng sebagai pilihan lauk yang bisa dipilih.

Untuk soal rasa, capcus ke review MaMa sebelumnya, click aja di sini!

What’s Your Best Nasi Gurih in Medan?

Sejujurnya, nggak mudah menunjuk dimana Nasi Gurih terlezat terletak di Medan. Lidah semua orang berbeda-beda dan setiap orang memiliki favorit yang nggak sama. Nyaris di seluruh penjuru kota Medan kalian bisa nampak kedai-kedai Nasi Gurih juga.

Sambal, lauk tambahan, ataupun lauk pilihan yang ditawarkan bisa membuat seporsi Nasi Gurih berbeda dari satu tempat dengan tempat yang lain. That’s why, banyak banget kedai Nasi Gurih yang spesial di Medan (ataupun di seantero Indonesia).

Beberapa yang MaMa rangkum hari ini hanyalah beberapa yang MaMa udah pernah coba dan yang harganya rata-rata dibawah 20rb. Kalau favorit kalian nggak masuk ke list ini, jangan malu-malu untuk DM MaMa tentang Nasi Gurih favorit kalian supaya MaMa juga bisa cobain juga!