Nyari Nasi Kandar di Medan? Cobain Banana Bro!

Saat liburan tiba, Malaysia sering jadi salah satu destinasi kuliner favoritnya orang Medan. Cita rasa makanan khas Malaysia rata-rata cocok dengan lidah orang medan. Tapi sayangnya, karena pandemi kita semua belum bisa mengunjungi Negara tetangga itu.

PA210233-2

Dan suatu hari… MaMa dapat rekomendasi makanan khas Malaysia dari dua anak MaMa @finaluvic @zoarquenix untuk kunjungi Banana Bro.

Banana Bro menyajikan masakan khas Malaysian-Tamil yang lumrah ditemui di Malaysia. Tempat makan yang satu ini bisa jadi alternatif buat ngobatin rasa kangen ke Malaysia.

Lokasinya pun tak susah untuk dijumpai…

Lokasi Banana Bro ini ada ditengah pusat kota, yaitu di Jl.Zainul Arifin sebelum simpang Pagaruyung.⁠ Gampangnya: deket Sun Plaza! Papan nama yang jelas serta gambar makanan yang banyak memudahkan pencarian MaMa yang sebelumnya belum pernah ke sana.

PA210253

Singkat cerita, MaMa berkesempatan untuk ngobrol sama pemilik rumah makan yang sekaligus juga sebagai koki di Banana Bro. Suami pemilik rumah makan ini berasal dari Malaysia, karena pandemi melanda mereka ga bisa balik ke negara asal, oleh karena itu pun mereka mulai membuka Banana Bro untuk menambah penghasilan.

Di Banana Bro mereka menyajikan masakan Mamak Style cuisine. Menu di sini juga cukup bervariasi, tapi tentunya MaMa pesen menu yang memang direkomendasiin.

Penasaran menu apa aja yang MaMa pesen? Scroll terus kebawah ya!

Nasi Kandar, makanan wajib di Mamak!

Nasi Kandar merupakan masakan khas Malaysia Utara yang dipopulerkan oleh pedagang Tamil Muslim dari India. Kalau di Malaysia sekarang, Nasi Kandar banyak ditemui di Mamak Stall, warung makan nasi yang pemiliknya umumnya Indian-Muslim. It’s a staple food for Malaysian, just like how rice stalls play a big part in Indonesian’s food culture.

Mirip seperti memesan makanan di warung nasi di Indonesia, memesan Nasi Kandar juga sama. Berbagai jenis lauk sudah di diletakkan di sterling kaca, pelanggan hanya perlu memilih lauk yang diinginkan. Setelah itu, kuah kari akan dituang ke atas nasi.

PA210233-3

Dari daging sampai sayur, pilihan lauk di Banana Bro sangat banyak. Beberapa di antaranya ada Telur Sambal, Ikan Goreng, Kari Kambing dan Kari Ayam.

Daripada bingung mau pilih apa untuk lauknya, terakhir MaMa pun tanya ke pemilik rumah makannya kira-kira lauk apa yang paling direkomendasiin untuk dipadukan dengan Nasi Kandar. Lauk yang direkomendasiin pun Chicken 65.

Anak MaMa pasti bertanya tanya, Chicken 65 itu apa sih?

PA210220

Chicken 65 berasal dari Chennai, India, tepatnya di Buhari Hotel. Chicken 65 disajikan sebagai entrée di Buhari Hotel dan bisa dinikmati sebagai snack. Tapi di Bananabro, kalian bisa menikmati menu satu ini sebagai pendamping nasi.

Pada dasarnya, Chicken 65 merupakan Ayam Goreng Pedas yang dibumbui dengan 65 jenis bumbu. Jenis-jenis bumbu yang digunakan bisa berbeda-beda, disesuaikan oleh yang membuat. Satu hal yang pasti, cabe merah merupakan bahan wajib untuk Chicken 65 ini.

Chicken 65 buatan Banana Bro rasanya gurih, sedikit pedas dan aromatic. Bumbunya juga meresap sampai ke dagingnya. Definitely a favorite on the plate!

Nasi Goreng Kampung

PA210189

Berbeda dengan Nasi Goreng malam di Medan yang lumrah menggunakan bumbu khas Padang/Aceh, Nasi Goreng Kampung ini menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia yang lebih umum ditemui dan biasanya lebih simpel.

Untuk membuat Nasi Goreng Kampung, hanya perlu bawang puting, bawang merah, dan juga cabe rawit. Ciri khas Nasi Goreng Kampung adalah Ikan Teri goreng yang membuat Nasi Goreng Kampung berbeda dengan yang lain.

PA210211

Nasi Goreng Kampung di Banana Bro dimasak dengan ayam dan kangkung, kemudian sebagai topping ada Telur Mata Sapi, Timun dan Ikan Teri. Walaupun terlihat sederhana, tapi Nasi Goreng Kampung ini bisa jadi salah satu comfort food yang bisa dinikmati kapan aja!

Pas kesini, MaMa pun lumayan kalap untuk pesen beberapa menu lainnya!

Mamak Stall di Malaysia bisa dibilang merupakan ‘hangout‘ spot Malaysians, mirip seperti warkop kalau di Indonesia. Selain Nasi Kandar, Mamak Stall juga dikenal menjual berbagai masakan lainnya seperti Roti Canai, Naan, Tosai, Nasi Lemak, Mee Goreng, dan sebagainya.

Ga semua menunya dijual di Banana Bro, tapi MaMa pesan beberapa yang ada: Nasi Lemak Sambal Telur, Roti Canai, Tosai, dan Tomyam Seafood.

PA210205

Nasi Lemaknya simpel abis. Sambalnya masih bisa lebih mantap lagi. It’s lacking that punch and sweetness—kalau di Malaysia, sambal cabe Nasi Lemak lebih manis daripada yang di Medan. Tapi rasa manis itu membuat Nasi Lemak Malaysia berbeda dari yang lain.

Pas Mama menikmati Nasi Lemaknya, sayangnya nasinya udah dingin, jadi mungkin saja hal itu berdampak terhadap overall rasanya.

PA210229

Roti Canai dan Tosai-nya homemade, dan dibuat pas ada orderan.

Mungkin orang Medan udah familiar dengan Roti Canai, roti bertipe flatbread yang sering ditemui di Asia Tenggara, terutama di Malaysia, Singapore, Indonesia dan Brunei.

Roti Canai umumnya disajikan dengan dal ataupun kuah kari lainnya. Tapi bisa dinikmati manis juga dengan gula ataupun ditambah keju dan sebagainya.

PA210213
Dosai merupakan makanan khas India Selatan.

Dosai atau Dosa, merupakan roti tipis yang terbuat dari adonan yang difermentasi. Bahan yang dipakai biasanya biji-bijian ataupun beras, jadi dari rasa ataupun tekstur akan berbeda dari roti yang menggunakan tepung gandum.

Kalau di Medan, paling mendekati tekstur Dosai ialah Appam yang bisa ditemui di pasar. Tosai biasanya dinikmati dengan chutney dan sambar, tapi di Banana Bro, Dosai disajikan dengan kuah kari.

PA210248

Dari semua menu yang MaMa cobain, sadly, Tomyum masih perlu banyak improvement sih, apa karena kemarin masaknya buru-buru ya? hehehe…⁠⠀

Untuk minumnya MaMa pesen Teh Tarik.

Teh Tarik merupakan salah satu minuman yang cukup populer. Teh Tarik terbuat dari minuman teh yang dicampur dengan susu, lalu dituang dengan cara ditarik.

Teh yang dituang dari satu gelas ke gelas lainnya dengan cara ditarik berkali-kali inilah yang buat rasa teh nya jadi lebih terasa. Tapi bagi Anak MaMa ga terlalu suka yang manis, kalian jangan lupa untuk request untuk dikurangi gulanya.

PA210185

Nasi Briyani juga jadi menu yang sering dipesan disini. Tapi sayangnya MaMa ga sempat cobain Nasi Briyani mereka, karena khusus untuk Nasi Briyani kalian harus order minimal sehari sebelum (H-1). Kalau anak-anak MaMa pengen cobain Nasi Briyani mereka, boleh order minimal sehari sebelum ya!

Banana Bro Indonesia

Alamat : Jl Zainul Arifin, sebelum simpang Pagaruyung.⁠
Jam buka : 08:00 – 22:30
Lokasi : https://goo.gl/maps/Z88eWCUd4jL9zJsm7
No Pork

Leave a Reply