Ayam Kremes Super Lembut di Ayam Kremes Prambanan

P3021508
Ayam Kremes Prambanan

Salah satu santapan siang hari yang sering jadi pesanan tim MaMa buat mengisi perut ada Ayam Kremes Prambanan. Rasanya uda cocok di lidah, repeat order melulu! Selain karena memang citarasanya yang pas di lidah, alasan lainnya itu karena Ayam Kremes Prambanan lumayan murah pas dipesan lewat ojol.

Tampilannya sekilas mirip Ayam Goreng tepung, tapi tambahan kremes garing nan gurih langsung menambah kenikmatan seporsi menu Ayam ini.

Menu nasi dan ayam memang salah satu asupan utama rakyat Indonesia yang sering ditemui di mana-mana. Jadi, apa yang buat Ayam Kremes Prambanan ini berbeda?

Ayamnya Lembut dan Gurih, Thanks to Bumbu Rahasia Negara

P3021399
Ayam Kremes Prambanan

Secara rasa makanan lewat ojol pastinya berbeda dengan rasa ketika makan di tempat langsung, jadi kami pun lansung saja meluncur ke lapangan untuk cari tau rahasia Ayam Kremes Prambanan. Kalau ditempat ayamnya masih panas-panas.

Karena uda sering pesen makanan mereka, kunjungan kami kali itu sekaligus untuk shoot video Quimak. Makanmana tim yang efisyen 😌, praktis dan gercep.

P3021525
Behind The Scene
P3021510
Ayam sudah diungkep.

Pertama-tama ayamanya diungkep dulu selama dua jam pakai “bumbu rahasia negara” supaya daging dan tulangnya lunak dan bumbunya meresap sampai ke ubud-ubud, eh ke dagingnya.

P3021424
Setelah diungkep, direndam lagi di adonan tepung dan antri untuk digoreng.

Kemudian ayam dibalur dengan adonan tepung basah agar setelah digoreng menciptakan tekstur garing yang dijamin bikin setiap gigitan mantul. FYI, di sini sistemnya fry by request alias digoreng pas ada orderan aja!

P3021483
Baru siap digoreng, masih panas dan nikmat uy!

FUN FACT: Kremesnya itu terbuat dari bahan-bahan sendiri, bukan “sisa” dari tepung adonan si Ayam Goreng!

Ada 7 Varian Sambal Pilihan

Ini nih yang bikin makin manteup. Ada 7 pilihan sambal lho!

P3021435
Sambal Belacan

Harum dengan warna merah menyala yang menggugah selera, Sambal Belacan di sini masih sopan level pedasnya. Rasanya yang pedas, manis dan gurih membuat kami sangat menikmati Ayam Kremes Prambanan.

P3021452
Cabe Kecap

By default, sambal belacan dan cabe kecap bakal jadi temen Ayam Kremes yang dipesan. Tapi selain dua sambal yang pedasnya pas untuk dinikmati bareng Ayam Kremes lembut nan gurih, ada juga 5 jenis sambal lainnya.

Kenalkan ini si Cabe Ijo, salah satu cabe yang terkenal di kalangan rakyat Indo yang menikmati cabe. Warnanya yang hijau mengkilat langsung menggoda pas sampai di meja. Dari tampilannya, gua kira bakal pedes banget.

P3021530
Sambal Cabe Ijo

Tapi bukan dia yang “menampar” lidah dan tenggorokan gua dan stay di mulut sampai akhir. Si Cabe Geprek dengan warna merah menyala dengan ganas membuat gua minta ampun. Sekedar info, gua memang bukan cabe-eaters yang bisa makan pedes-pedes banget. Tapi, gua suka banget sama cabe pedes yang masih baik hati, contohnya si Cabe Belacan.

Sama-sama merah warna mereka, tapi Cabe Belacan lebih sopan karena ada rasa manisnya.

P3021440
Cabe Geprek yang ga main-main saat menyerang indera perasa.
P3021523-1
Sambal Matah

Sambal Matah, Sambal Rujak, sama Cabe Toba turut menghadiri konferensi cabe se-Indonesia di meja persegi panjang.

Personally, kalau bawang merahnya lebih banyak lagi, Sambal Matahnya bakal lebih manteup. Tapi yang ini masih enjoyable di mulut, apalagi pas disantap bareng nasi dan ayam. Seger, pedas, dengan kadar minyak yang masuk akal.

P3021519
Ayam dengan Sambal Rujak

Dari tahun lalu gua baru kenalan dengan Sambal Rujak… atau baru tau kalau ada yang namanya Ayam Rujak alias Ayam pakai Sambal Rujak.

Sambal Rujak itu berbeda dari sambal pedas yang umum di Medan. Lebih manis dengan tangy asem asem gitu. Ga begitu pedas, nikmat di mulut. Plus, rada segar juga.

P3021464
Cabe Toba

Yang jadi dark horse di sini, harus gua akui, it’s the Cabe Toba. Seger, asin, dan sedikit pedas hint Andaliman langsung membuka seluruh indera gua. Bedanya sama cabe Andaliman yang umum gua temui, yang satu ini cabe Andalimannya ga ngegas di mulut. Pas aja, gitu.

Ayam Kremes atau Mie Ayam Geprek?

P3021514
Mie Ayam Geprek

Selain menu utamanya Ayam Kremes Prambanannya, cobain juga menu lainnya yang ga kalah bikin kenyang perut. Ketika Mie Goreng dipadu dengan Ayam Geprek, nikmatnya memang menggelegar. Plus pedesnya sambal Geprek dijamin buat makin nagih.

P3021516
Ayam Kremes Prambanan
P3021500
Sayur Asem

Kalian bisa pilih mau nasi putih atau uduk, kalau saya pesennya Nasi Uduk karena lebih harum. Paket Ayam + Nasi Putih 23ribu, yang pakai Nasi Uduknya jadi 25ribu.

Seporsi Ayam Kremes Prambanan ini juga ditemani terong sama tempe goreng, plus sayur kol rebus dan timun. Dapet seporsi Sayur Asem juga lho!

Pesen lewat ojol #LebiHepi

Lokasi Ayam Kremes Prambanan ini di Jalan Wahidin. Buat kalian yang sering lewat sini, pasti tau kalau markir di sepanjang Jln. Wahidin ga begitu mudah, apalagi pas ruame banget. Kalau naik motor mau cari parkir lebih gampang dibanding mobil.

Pas tim MaMa lagi shooting di sana, pasukan baju ijo yang setia memesan makanan dan mengantarkan makanan memang ga henti datangnya. Ngeri deh!

Kalau kalian pasukan anti ribet, MaMa rekomen dipesen lewat ojol aja.

Ayam Kremes Prambanan

Alamat: Jln. Wahidin No.234
Jam Buka: 11 PM-9 PM
No. HP: +6285922850708
Lokasi: https://goo.gl/maps/Qxm8scTxFu183wof6
No Pork No Lard
Share this article
Default image
Christine Jillian
Blog Writer & Senior Content Planner at Makanmana
Articles: 81

Leave a Reply