Jalan Jalan Ke Brastagi, Kulineran Sambil Hilangin Penat!

Hanya berjarak sekitar 1-2 jam dari Kota Medan, tidak dapat dipungkiri Brastagi destinasi favorit untuk mengistirahatkan diri sebentar, terutama pada hari libur dan weekends.

Beberapa minggu yang lalu, tim Makanmana pun akhirnya berangkat ke Brastagi untuk rehat sejenak, sekaligus untuk menghirup udara segar.

Tak disangka, ternyata banyak hal yang sudah berubah dari Brastagi. Dulu, Brastagi terkenal dengan resort dan Funland Mikie Holiday (tempat wisata dengan berbagai atraksi yang cocok buat rekreasi keluarga), satu-satunya destinasi tempat bawa anak terdekat buat orang Medan.

Selain untuk menginap semalam di resort dan villa, banyak yang berjiwa petualang sering ke Brastagi untuk mendaki gunung (salah satu hal yang digemari penduduk Indonesia).

Kali ini, MaMa ke Brastagi untuk mengeksplorasi area kulinernya. Apalagi beberapa tahun terakhir, banyak sekali tempat-tempat baru seperti cafe yang bermunculan di Tanah Karo ini.

Baca terus untuk ikutin petualangan MaMa kali ini!

Pagi-pagi sampai di Brastagi, sarapan Kari Bihun dan Nasi Lemak di depan Bioskop Ria

Pagi-pagi pukul 8 tim Makanmana sampai di Kedai Kopi Purba, yang lokasinya tepat berada di seberang Bioskop Ria.

Perjalanan yang memakan waktu sekitaran dua jam itu membuat tim MaMa yang bangun dari subuh lelah, tapi cuaca yang dingin dan segar membangkitkan kembali kesadaran dan semangat mereka.

Di Kedai Kopi Purba, beberapa menu sarapan yang MaMa pesen ada Mie Kari, Nasi Gurih, dan Kopi Susu. Cakwenya juga boleh banget dipesan, terus dinikmati bareng kuah Kari atau Kopi Susu!

Entah karena lidah MaMa uda dimanja dengan citarasa Kari Bihun Legendaris Kota Medan, rasa Mie Kari di Kedai Kopi Purba ini ga luar biasa menurut MaMa, meskipun rasanya lumayan nikmat.

Kuahnya lebih kental dan rasanya gurih. Warnanya kuning dan lebih terang, beda sama yang kadang bisa oranye kemerahan. Ketika dinikmati pas mengepul, apalagi sambil melawan udara dingin yang buat MaMa gemetar, Mie Kari ini terasa jauh lebih nikmat.

Nasi Gurihnya harum, lezat dan nikmat. MaMa pesen yang telur rendang, manteup juga euy!

Kedai Kopi Purba

Alamat: Jln. Veteran No.283
Jam Buka: 06.00-12.00
Harga: 115.000 (Total dari Kari, Nasi Gurih, Cakue, Kopi)
Lokasi: https://goo.gl/maps/C5cgprqybdtXgry48
Halal

Dari Kedai Kopi Purba, Gas ke Gundaling Farm

Sebelumnya, saya sudah pernah mengulas tentang Gundaling Farm sebelumnya, boleh dibaca ulasannya di sini.

Seperti yang diulas, tim MaMa ke Gundaling Farm karena tertarik dengan produk keju buatan sendiri yang menjadi daya tarik Gundaling Farm.

Di sini, MaMa diberi hak istimewa untuk meliput balik layar pembuatan keju, jadi pastiin kalian nonton videonya di Youtube Channel MaMa atau baca ulasannya!

Of course, setelah belajar singkat, MaMa juga menikmati beberapa menu unggulan mereka untuk makan siang kejepit alias brunch, seperti Pizza dengan keju dan pepperoni homemade, BPK (Beef Panggang Karo), dan Cheese Platter!

Gundaling Farm Resto

Alamat: Jln. Pendidikan
Jam Buka: 10AM-10PM
Harga: 50-100rb/org
Lokasi: https://g.page/gundaling-farmstead-berastagi?share
Halal

Lunch di BPK Ajimbelang 4

Berhubung lagi di Tanah Karo, BPK pun menjadi pilihan untuk makan siang MaMa. Pertanyaannya adalah, makan di mana?

BPK yang paling terkenal buat penggunjung luar kota sudah pasti Ser*si Rasa, jadi MaMa putusin untuk mencoba yang lain supaya kalian juga bisa punya lebih banyak pilihan the next time you guys visit Brastagi!

Akhirnya MaMa tanya followers MaMa lewat story dan juga riset sendiri (macam nyusun skripsi aja 🌚). Hasilnya, MaMa mendapatkan rekomendasi ke BPK Ajimbelang 4, dan karena review dari GMaps juga lumayan, MaMa berangkat ke sana.

Dari awal MaMa menginjakkan kaki di BPK Ajimbelang 4, suasananya sudah berbeda. Meja-meja diisi oleh penduduk setempat yang sedang menikmati makan siang.

Tidak ada batang hidung pengunjung dari luar kota yang terlihat di sini.

BPK Ajimbelang ini merupakan usaha keluarga yang turun-menurun. Angka 4 merujuk ke nomor anak yang lahir (alias yang buka adalah anak ke-4).

Yang 1, 2, dan 3 juga ada, kalian bisa cek lewat Google juga kalau mau. Dari salah satu penonton Yutub MaMa, katanya Ajimbelang itu merupakan marga Karo!

Yang membuat tempat ini selalu ramai pelanggan ialah harganya yang termasuk murah di area sekitar.

Dulu, sebelum pandemi, seporsi BPK dibanderol seharga 15rb. Sekarang harga naik 2x lipat karena pandemi dan juga karena harga B2 juga sedang marak mahalnya.

Nasi porsi kuli dan porsi daging royal menjadi salah satu alasan BPK Ajimbelang 4 merupakan BPK favorit penduduk setempat.

Berbagai jenis sparepart alias jeroan seperti hati dan usus babi juga ditawarkan di sini.

Buat anak-anak MaMa yang terbiasa dengan BPK Ser*si Rasa, jangan berekspetasi terlalu tinggi dengan rasa BPK Ajimbelang 4. Kalau kalian on budget, tempat yang pas di perut lokal ini bisa kalian pertimbangkan juga.

BPK Aji Mbelang 4

Alamat: Jln. Veteran
Jam Buka: 08.00-18.00
Harga: 30rb/porsi
Lokasi: https://goo.gl/maps/bhqyv5tTdKW1pFU86
Non-halal

After lunch, coffee break di Jabu

Setelah kenyang, MaMa pun meluncur ke Jabu Coffee Shop buat istirahat dan ngopi sejenak.

Jabu Coffee Shop merupakan salah satu pioneer coffee shop pertama di Brastagi. Dengan desain coffee shop modern dan dekor yang menarik, Jabu memang sering jadi tempat main para pengunjung luar kota.

Jabu baru saja pindah ke tempat yang baru dengan halaman parkir yang lebih luas dan area dining yang terbuka. Udara yang segar pas banget buat ngopi di sore hari!

Di sini mereka juga menyajikan cemilan dan makanan berat selayaknya coffee shop. Tapi MaMa masih kenyang, jadi pesen kopinya aja.

And it is a great coffee. Ditemani pemandangan asri, kurang apa sih?

Jabu

Alamat: Jln. Gundaling
Jam Buka: 13.00-23.00
Harga: 30-100rb/org
Lokasi: https://goo.gl/maps/ryehndWzWTfEm3qH7
Halal

Dari Jabu, stop by Wajik Bahagia

Kalau ditanya ke orang Medan, kalau ke Brastagi, mana tempat yang WAJIB dikunjungi, mungkin banyak yang akan menjawab Wajik Bahagia.

Menurut info yang MaMa gali, ada 3 Warung Wajik yang berjualan di area Peceran ini. Desas desus beredar kalau pemilik ke-3 Warung Wajik ini masih satu silsilah keluarga.

Katanya, dulu ada seseorang yang datang dari Jawa ke Tanah Karo ini, kemudian membagi ilmu cara membuat wajik. MaMa dengar, kakek mereka datangnya dari Jawa 😂.

Yang menarik perhatian ialah Wajik Bahagia sama Wajik Bahagia Ai yang hidup berdampingan. Kalau membahas mana yang lebih populer, kayaknya sama saja. Masing-masing ada pelanggan setia yang selalu mengunjungi warung mereka.

Kebetulan MaMa cobain yang Wajik Bahagia Haji Suparman. Tempatnya uda banyak perkembangan semenjak 2-3 tahun yang lalu. Lebih bersih, luas dan teratur manajemennya.

Warung Wajik ini buka sejak 1974 dan pertama kali berjualan Wajik, Cendol, dan berbagai kue kering dan basah tradisional seperti donut, risol, dan lemper.

Seiring waktu berlalu, banyak pelanggan yang datang bareng keluarga, dan yang tadinya hanya menjual kue-kue, Warung Wajik menambah menu berat seperti Mie Sop dan Ayam Penyet ke dalam pilihan menu. Sayangnya, perut MaMa masih kenyang, jadi MaMa isi dengan kue-kuenya aja… plus pecel!

Pecel

Jangan lupa cobain juga pecelnya yang nikmat!

Wajik Bahagia

Alamat: Jln. Jamin Ginting Desa Sempajaya No. 38
Jam Buka: 06.30-18.00
Harga: 79rb (Total dari Wajik, Cendol dan Pecel)
Lokasi: https://goo.gl/maps/xSSBMCRqnRRKhnVEA
Halal

Last stop before going home, Pancake Strawberry Awan

Sebelum pulang, singgah sebentar ke Pancake Strawberry Awan.

Berbeda dengan tempat lain yang fokus dengan tempat cozy yang cocok buat ngopi, Pancake Strawberry Awan tampil beda dengan hanya menawarkan menu pancake.

Pancake yang sudah ready dibuat dioles saus coklat dan selai strawberry membuat Pancake Strawberry Awan favorit di antara kaum muda mudi yang datang ke Brastagi.

Atau pilih yang dioles selai stroberi dan ditambah parutan keju. Seger dengan rasa manis, asin, dan tangy, pas buat kalian yang lebih suka fruity flavor!

Selai stroberi di sini itu freshly made, soalnya mereka punya perkebunan stroberi di belakang. Kalau mau stroberi segar, bisa langsung beli stroberi mereka yang uda di packaging dengan rapi.

Penggemar pancake dan stroberi jangan lupa masukkan Pancake Strawberry Awan ke list kalian!

Pancake Strawberry Awan

Alamat: Jln. Jamin Ginting
Jam Buka: 10.00-19.00
Harga: 20rb/porsi
Lokasi: https://goo.gl/maps/6gDmG6AzWgWq9WHE6
Halal

Sekian kisah MaMa di Brastagi!

Ga disangka, ternyata Brastagi juga uda berkembang banget sekarang. Asik banget ada destinasi penghilang penat sedekat ini sama kota Medan. Psst, sebelumnya MaMa pernah bertualang ke Kabanjahe juga, make sure you check it out!

Kalian bisa nonton perjalanan MaMa kali ini di Youtube lho! Langsung klik ‘play‘ aja di bawah ini.

Share this article
Default image
Christine Jillian
Blog Writer & Senior Content Planner at Makanmana
Articles: 81

Leave a Reply