RM Primadona, Rumah Makan Legendaris di Sunggal!

Sebelum konten ini dibuat, kami udah pernah meliput kuliner khas Melayu-Karo dan Nusantara di daerah Medan Sunggal. Tapi ternyata, ada juga Chinese Food yang disebut “legend” oleh warga lokal, dengan ripiu di Mbah Gugel yang bagus pula.

Udah Mulai Masak Sejak Umur 14 Tahun

Satu hal yang MaMa salut dengan rumah makan ini adalah Acek pemilik RM Primadona yang tetap turun tangan mengkreasikan berbagai menu Chinese Food yang dinikmati MaMa saat itu, meskipun rumah makan ini udah beroperasi selama sekitar 17 tahun (dari 2004 sampai artikel ini dibuat), jadi citarasa masakannya kemungkinan besar masih konsisten.

MaMa lebih kaget (in a good way) pas tau kalo sang Acek udah mulai memasak dari usia 14 tahun, berbekal didikan dari orang Hongkong yang datang ke Medan dan Jakarta. Kalo dihitung-hitung, berarti Acek ini udah memasak selama lebih dari 50 tahun!

Pertanyaan sejuta umat yang harus dijawab: Apakah Makanannya Benar-Benar Recommended?

Karena pas itu kami berempat yang ke sana, kami pesan empat macam hidangan. Nah, mari kita kupas satu persatu!

Khau Bak alias Babi Steam Kecap

Sesuai judulnya, Khau Bak itu basically Pork Belly yang di-slow-braised (macam ungkep) dengan kecap dan bumbu-bumbu lainnya hingga warnanya cokelat kehitaman. Biasanya, selain daging B2, ditambahkan juga kiam chai / boy chai atau sayur asin.

“Langsung melt in your mouth!”, ungkap Bobby ketika memasukkan sepotong Khau Bak ini ke dalam mulut.

“Ada sedikit asam yang berasal dari sayurnya, tapi justru itulah yang bikin rasanya balance“, timpal Leo.

Kalau duo ini sudah berkata, auto pesan!

Ayam Goreng Telur Asin

Sepertinya hidangan ayam goreng di sini tak luput dari tren “salted egg” alias telur asin yang viral beberapa waktu lalu. Well, gua juga kurang tau apakah menu ini atau trennya yang muncul duluan.

Dengan ekspektasi awal daging dada ayam yang kering dan keras, Bobby kaget dengan tekstur daging di sini yang nyatanya kebalikan dari ekspektasi, begitu juga dengan daging paha ayam yang dinikmati Leo. Hal lain yang bikin mereka berdua terkagum-kagum adalah bumbu telur asin yang meresap hingga ke dalam daging.

Menu ini juga cocok buat kalian yang bawa anak-anak kemari, soalnya menu ini jauh dari kata pedas (tapi ceritanya mungkin berbeda ya kalo ternyata anak-anak itu justru penyuka pedas 😁).

Ikan Steam Tomyum

Kalo biasanya di Chinese Restaurant yang lain, ikan utuh di-steam dengan style Hongkong atau Teochew. Tapi di sini, ikan kerapu di-steam pake Tomyum! Jujur aja, dari semua menu yang MaMa pesan, aroma dari menu satu ini yang paling “menyengat”.

Menurut Leo, rasanya kayak makan Tomyum tapi dengan kuah yang lebih kental. Tapi di sisi lain, menurut Bobby citarasa bumbu Tomyum di sini justru kurang asam dibanding Tomyum di rumah makan khas Thailand.

Well, gimana menurut kalian yang udah pernah atau sering makan di sini?

Sapo Tahu

Baiklah, gua ngaku, gua biasanya SEDIKIT memandang sebelah mata menu sayuran di meja, apalagi kalo dibandingkan dengan menu-menu lain macam tiga menu di atas. Tapi di sini, justru menu Sapo Tahu inilah yang paling mind-blowing dan paling recommended!

Bukan hanya karena potongan tahu dan berbagai macam seafood dan sayurannya yang royal yang bikin doyan, tapi gravy-nya yang mantep bikin susah lupa!

Perpaduan berbagai macam bumbu dan bahan menghasilkan aroma intens yang khas, yang susah ditemukan atau bahkan ditiru oleh tempat makan lain.

Kata Leo dan Bobby, alih-alih memesan Capchai, lebih baik kalian pesan Sapo Tahu ini aja!

“Kenyangnya Puas Banget!”

Mengingat “jam terbang” sang Acek di bidang masak-memasak yang tinggi, citarasa hidangan yang susah dilupakan, dan harga yang masih masuk akal, we’d definitely come back!

Hmm… Penjelasan panjang x lebar x tinggi gua di atas masih belum cukup meyakinkan toh? Sila tonton langsung video lengkapnya di bawah!

RM Primadona

Komplek Primadona, Jl. Sunggal No.R4, Medan Sunggal
https://goo.gl/maps/UZK7yVtGgK3aPonP9
Jam Buka : 08.00 – 22.00
Non Halal

1 thought on “RM Primadona, Rumah Makan Legendaris di Sunggal!”

Leave a Reply

Your email address will not be published.