Chicken Drumettes with Apple & U.S. Chickpeas Sambal from Rongz Lee of EarthBake!

Setelah membuat resep cookies dengan Lentils merah di resep sebelumnya, kali ini MaMa men-challenge Rong Lee dari Earth Bake untuk menciptakan menu baru dari varian U.S Pulses lainnya. Pilihan MaMa jatuh ke U.S. Chickpeas!

Apa itu U.S. Chickpeas?

Chickpeas, atau yang dikenal sebagai Kacang Arab di Indonesia, sering kita temui dalam bentuk ‘Hummus‘ yang merupakan makanan khas Timur Tengah. Chickpeas merupakan salah satu bahan legumes yang banyak digunakan di masakan khas India, Mediterranean, dan Timur Tengah.

Untuk informasi lebih detail tentang U.S. Chickpeas dan U.S Pulses lainnya, cek Instagram dan Facebook mereka.

Fun fact: Chickpeas merupakan salah satu tumbuhan polong-polongan (legumes) yang sudah ditanam oleh manusia bahkan sebelum Zaman Neolitikum.

Chickpeas umumnya harus diolah dulu sebelum dapat dikonsumsi, apalagi yang kering karena memiliki tekstur yang keras. Ketika di blender, kacang arab memiliki tekstur creamy yang ringan, dengan rasa nuttiness yang lebih mild.

U.S. Chickpeas merupakan bahan makanan dari jenis kacang-kacangan. (Informasi tentang kacang-kacangan Amerika dapat dibaca di https://pulses.asia/id/

Ketika dikonsumsi secara rutin, Chickpeas juga punya segudang manfaat yang bagus untuk tubuh. Di antaranya: dapat melancarkan pencernaan, menstabilkan gula darah, dan baik untuk kesehatan jantung dan kolesterol karena Chickpeas memiliki kandungan vitamin C, vitamin B-6, potasium dan serat.

Untuk resep ini, Rong Lee memadukan Apel Hijau, Bawang Merah, Cabe Caplak, Chickpeas dan Minyak Wijen. Let’s get cooking!

Chicken Drumettes with Apple & Chickpeas Sambal

Suggestion

Setiap bahan-bahannya bisa di-adjust sesuai selera. Kalau suka yang lebih pedes, bisa tambahin cabe lebih banyak!

Instructions

Resep Sambal

  1. Panaskan minyak wijen, minyak canola, dan irisan jahe di dalam wajan dengan suhu rendah untuk membuat ginger-infused oil. Tunggu sampai sedikit berbuih, jangan terlalu panas.
  2. Gabungkan chickpeas, apel, cabe, bawang merah, dan daun basil di sebuah mangkuk, kemudian tuang ginger-infused oilnya ke dalam.
  3. Sambal Apel Kacang Arab sudah bisa dinikmati. Penyimpanan dalam kulkas sampai seminggu.

P.S: Kacang Arab/Chickpeas biasanya direbus dulu setidaknya 45 menit apabila dibeli dengan kemasan kering. Tapi di resep ini Chickpeas kalengan yang digunakan, jadi kacangnya tidak begitu keras. Bisa dimasak dulu sekitar 10 menitan, atau bilas saja—sesuai selera.

Resep Ayam

  1. Gabungkan semua bumbu marinasi di di dalam mangkuk dengan paha/sayap ayam. Campur sampai merata, kemudian biarkan marinasi sampai 4 jam agar bumbu meresap.
  2. Setelah 4 jam, deep-fry dan kemudian sajikan dengan Sambal Apel & Chickpeas.

P.S: Kalian bisa ganti paha/sayap ayam dengan dada ayam potong dadu juga.

Nikmati A la Carte/Pakai Nasi!

Sambal Apel Chickpeas ini lebih mirip Sambal Matah dari tampilannya, dengan aroma minyak wijen yang kuat. Chicken Drumettes dan Sambal Apel Chickpeas ini bisa kalian nikmati dengan nasi juga buat kalian yang demen karbo!

Share this article
Default image
Christine Jillian
Blog Writer & Senior Content Planner at Makanmana
Articles: 79

Leave a Reply