Sate Madura Sakera: Manis Asin Gurih Ngangenin

Kalo ditanya soal kuliner berbasis sate di Medan, pasti gak lari dari Sate Padang atau Sate Kacang. Tapi, mungkin belum banyak yang tau kalo di Medan juga ada Sate Madura, salah satunya di Jl. Krakatau (sebelah Texas Chicken dan seberang Clover Bakeshoppe) yang kabarnya udah cukup legendaris.

sate madura sakera krakatau kuliner medan

Sekilas tampilannya mirip Sate Kacang. Bahan dasar bumbu Sate Madura ini juga terbuat dari kacang. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang membedakan Sate Madura dan Sate Kacang. Apakah itu?

Ini dia Bedanya!

Setelah Leo nanya ke Bapak ownernya, yang membedakan Sate Madura dari Sate Kacang ada di penggunaan kecap manisnya. Sate Madura menggunakan lebih banyak kecap manis, makanya dari segi rasa Sate Madura lebih manis.

Bener Gak Sih?

Karena perbedaannya ada di saus, makanya Leo dan Bobby memutuskan buat mulai cobain Sate Madura ini dari sausnya dulu. Tapi, citarasa pertama yang didapat Leo dan Bobby berbeda nih!

Bobby merasakan aroma kecap yang manis pas suapan pertama, tapi Leo justru dapat rasa asinnya duluan. Tapi, Leo dan Bobby sepakat kalo overall citarasa bumbunya gak semanis yang dibilang Junaedi alias Juenot, tim marketing di kantor MaMa.

“Satenya Sendiri Gimana, Ma?”

Di sini, kalian bisa pilih antara sate ayam, kambing, atau lembu.

Di foto ini memang nampaknya besar, tapi kenyataannya setelah dibakar ukuran daging satenya jadi kecil. Eits, jangan lemas dulu! Justru karena ukurannya yang kecil lah yang bikin aroma dan citarasanya meresap sampe ke dalam, dan lebih gampang juga makannya.

Eh, Ada Sambal Lagi Ternyata!

Setelah masing-masing makan satu tusuk, Leo dan Bobby baru sadar ada semangkuk cabe hijau yang duduk manis di depan mereka. Sekilas tekstur cabenya mirip dengan saus kacang: kental dengan tampilan agak kasar, tapi of course warnanya lebih hijau.

BTW, sambalnya yang di belakang yah!

Lagi-lagi, Leo dan Bobby setuju kalo Sate Madura ini lebih enak kalo ditambah dengan cabenya.

Perbedaan Lain dari Sate Madura

Pas Bobby tapao alias bungkus alias takeaway satenya, baru nampak satu lagi perbedaan Sate Madura: bungkusnya yang berbentuk agak kerucut!

“Overall, Tempat Ini Recommended Gak Sih, Ma?”

Sedikit trivia nih, dari penjelasan Bapak ownernya, sebelum kopit, dalam sehari Sate Madura ini bisa ludes 6.000 tusuk, tapi setelah negara api, eh maksudnya kopit melanda, penjualannya menurun sehingga dalam seharinya laku 4.000 tusuk. Kalo kita hitung, dalam satu porsi kan ada 10 tusuk, berarti dalam seharinya ludes sekitar 400 porsi 😱.

Angka tersebut harusnya udah cukup meyakinkan kalian kalo tempat ini worth a try.

Belum yakin juga? Tonton langsung videonya di bawah buat visual dan review lebih lengkap!

Sate Madura Sakera Krakatau

Sate Madura Sakera Krakatau
Jl. Gunung Krakatau No.64a, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20236
15rb/porsi
Jam Buka : 17.00 – 01.00
No Pork
Lokasi: https://goo.gl/maps/W7Nuq9gjNaSw53vN6

Leave a Reply

Your email address will not be published.