Mie Ayam Halal Medan yang Cocok Buat Sarapan

Berbeda dengan orang luar negeri yang kebanyakan menikmati roti, telur, dan buah-buahan sebagai menu sarapan, orang Indonesia, khususnya orang Medan sepertinya lebih prefer memulai hari dengan makanan yang berat, termasuk aneka sajian mie.

Tapi sayangnya, kebanyakan menu mie ala Chinese di Medan tidak bisa dinikmati oleh masyarakat yang beragama Muslim, soalnya Non Halal.

MaMa sering dapat DM di IG, yang tanya MaMa di mana outlet Mie Ayam, Bakmie, atau Mie Ayam ala Chinese yang Halal. Lucky you, berkat keberagaman kuliner di Medan, masakan Chinese gak terbatas di sajian Non-Halal, tapi ada juga yang udah dimodifikasi menjadi Halal (atau at least no pork).

Mie Ayam Sinar Utama

Saat menginjakkan kaki ke tempat ini, kalian serasa dibawa ke jaman doeloe berkat interior old school Chinese yang diusung. Tapi sebaliknya, bisa dipastikan kalo makanan yang disajikan di sini semuanya Halal. Nah, beberapa alasan kenapa sajian mie di sini terasa spesial adalah penggunaan bumbu semur dan kaldu yang made from scratch.

Meskipun sajian menu utamanya terbilang klasik, salah satu menu lite bites yang kami pesan justru terdengar cukup unik. Kalo biasanya Cakwe dimakan bareng bubur atau dicelupin ke kopi hitam, di sini Cakwe justru dicocol dengan saus yang terbuat dari daun pandan.

Tapi eh tapi, ada satu menu juga yang Indonesian banget di antara menu-menu khas Chinese, yaitu Tahu Goreng yang menggunakan bumbu kacang dan asam Jawa.

Mie Ayam Sinar Utama

Alamat: Jl. Sriwijaya No. 4
Jam Buka: 07.00 – 22.00 |
Harga ±15K-41K
Lokasi: https://goo.gl/maps/KmCvRDEdHGcURrLPA
#adadiGoFood✅

Mie Akong Acim Perniagaan

Jangan menilai tempat ini dari interiornya yang mirip outlet Mie Pangsit pada umumnya, soalnya Mie Ayam Akong Acim ini justru menyajikan Mie Ayam yang Halal.

Setelah tim MaMa “sidak” ke dapurnya, kami baru tau kalo yang bikin Mie Ayam di sini spesial adalah penggunaan minyak bawang, minyak kecap asin, dan minyak kecap manis.

Lagi-lagi, jangan menilai citarasa mie ini dari tampilannya. Meskipun warnanya agak kehitaman, tapi justru citarasa asin gurihnya yang lebih menonjol dibanding rasa manisnya.

Sebelum lanjut, nonton dulu video ini!

Mie Ayam Akong Acim

Alamat: Jl. Gwangju No.31
Jam Buka: 14.00-23.00
Lokasi: https://goo.gl/maps/TjaFtLpSPffDgMTA7
#adadiGoFood✅

Mie Zhou

Di halaman depan buku menu, Mie Zhou meng-highlight mie nya yang merupakan hasil buatan tangan dengan tekstur kenyal alami.

Mie Ayam Spesial yang kami pesan ini dihidangkan dengan topping Telur Bebek, Daging Ayam Suwir, plus Daging Ayam Kecap yang gurih dan sedikit manis.

Mie Zhou

Alamat: Jl. Timor No.10 TT/47 | Focal Point
Jam Buka: 6.30-15.00
Lokasi: https://goo.gl/maps/ie9XKmLTJwdX5LaK7
#adadiGoFood✅

Mie Ayam Waringin

Tampilan mie nya terbilang sederhana banget, yaitu hanya mie dengan suwiran ayam serta sayuran dan daun bawang, dan rasanya juga terbilang sedikit lebih light. Tapi surprisingly, Mie Ayam Waringin justru jadi salah satu outlet favorit warga Medan buat sarapan pagi.

Kami suka dengan konsistensi rasa yang ditawarkan sejak beberapa tahun silam pas kami makan di sini. Salah satu faktornya mungkin sang owner yang setia turun tangan, meracik satu persatu porsi mie untuk disajikan ke pelanggan.

Mie Ayam Waringin

Alamat: Jl. Waringin No.1c
Jam Buka: 07.00-14.00
Harga 30rb
Lokasi: https://goo.gl/maps/dumis9HPMArazcu18
#adadiGoFood✅

Mie Ayam Kumango

Outlet ini udah eksis sejak 1958, yang membuatnya jadi salah satu pemain lama di Kota Medan.

Kalo kalian udah terbiasa dengan Mie Ayam Kumango yang klasik, sekali-kali kalian boleh coba Mie Ayam Spesial yang terdiri dari suwiran ayam, bakso sapi, dan pangsit. A fun addition to the classic Chicken Noodle ala Mie Ayam Kumango! Bagi pecinta pedas, wajib banget nambahin cabe potongnya!

Menurut Joe, yang jadi highlight di sini adalah kaldunya yang gurih dan ayam jamurnya yang cenderung manis (soalnya selera Joe yang agak-agak manis gitu 😁). Menurut kalian gimana?

Mie Ayam Kumango

Alamat: Jl. Mangkubumi No.16
Jam Buka: 06.30-23.00
Lokasi: https://goo.gl/maps/571713aNQ88pxFxW7
#adadiGoFood✅

Ada Lagi Outlet Mie Ayam Halal (Chinese style) yang Kalian Tau?

Kalo ada, komen di bawah ya, biar teman-teman yang lain punya referensi lebih kalo lagi pengen makan Mie Ayam yang Halal 😁.

4 thoughts on “Mie Ayam Halal Medan yang Cocok Buat Sarapan”

  1. Dear Mama,
    Cobain deh review Mie Ayam Ladzidz yg ada di Gatsu sederetan dgn supermarket Brastagi.
    Saya yang pendatang dari Jakarta bisa bilang citarasa mereka juara banget dan paling bisa ngobatin kerinduan saya akan Bakmi GM yg sdh legend banget itu.
    Favorit saya Mie Ayam komplit dgn pangsit rebus dan bakso.
    Mereka mie nta home made buatan sendiri. Ada juga mie mereka yg warna warni, dibuat dgn pewarna alami dr buah buahan dan sayur mayur.
    Pokoknya menurut saya mereka juara banget cita rasanya. Pangsit/wanthan rebusnya juara banget termasuk favorut saya juga. Wanthan gorengnya juga sedap sekali dimakan dgn cocolan saus manis yg mereka produksi sendiri juga. Saus manisnya itu entah gimana caranya bisa persis banget dengan saus manisnya Bakmi GM juga.
    Dan yang juara lagi adalah menu mereka yg Pangsit/Wanthan Rebus Goreng. Itu pangsit rebus 5 pcs ditumis dgn campuran ayam jamur, bakso, sayur, dan bumbu2. Rasanya enaaaak banget persis banget seperti rasanya Pangsit Lek Gino yg viral banget di Jakarta itu deh, Mama.
    Coba deh direview ya mereka Mama. Gak nyesel deh. Sebelum dtg ke lokasi mungkin Mama bisa hubungi mereka via IG atau nomor wa yg ada di akun IGnya itu. Krn slm PPKM saya juga gatau persis mereka buka jam berapa.
    Oke deh Mama…selamat beraktifitas. Sukses selalu ☺️

  2. James batu bara

    Mie ayam bob lulic min , jln air langga , dkt rumah makan bintang , penjual muslim , tersedia juga di grab food min

  3. Mie Pangsit Ayam Jamur Akasyah boleh recomen juga nih min, penjualnya Muslim
    Tersedia juga digrabfood dan gofood 😉
    Thanks min

Leave a Reply

Your email address will not be published.