Mie Sop Blitar Warisan, Ternyata Ini Bedanya!

Mie Sop Blitar

Beberapa bulan yang lalu tim Makanmana mengunjungi sebuah cafe yang ada jualan Mie Sop Khas Blitar karena penasaran sama makanan yang satu ini. Sekilas mungkin yang langsung dipikirin, ah, Mie Sop aja, apa bedanya?

Nah, sepulang dari sana, tim Makanmana yang pergi ke sana langsung dong rekomendasiin tempat ini buat kita yang ga ikut ke sana. Tapi ga lama setelah mereke ke cafe itu, PPKM melanda dan harapan gua untuk cobain Mie Sop itu juga kena pending.

Akhirnya setelah nyaris dua bulan, PPKM merenggang dan gua akhirnya bisa langsung ke TKP!

Miesoep Blitar Warisan

Lokasinya di Cafe Six to 9 seberang sekolah Methodist 2 yang di Jln. Thamrin. Di bagian depan ada dua stall makanan, satu untuk Nasi Bakar, satu lagi Mie Sop Blitar yang jadi alasan gua datang.

Hari itu mataharinya lumayan menyengat jadi kami pilih untuk duduk di area depan yang lebih terbuka. Area indoor nya desainnya masih sedikit jadoel dan klasik. Soalnya memang Cafe Six to 9 sendiri sudah berdiri cukup lama.

Meskipun outdoor, ada Air Cooler yang dipasang supaya membantu lebih adem.

Outdoor
Menu

Mie Sop Khas Blitar, Apa Bedanya?

Dari tampilannya sendiri, Mie Sop Blitar mungkin tidak terlihat begitu berbeda, tapi ketika dilihat lebih dekat, warna kuahnya yang lebih gelap langsung memberikan perbedaan tersendiri.

Kuah Mie Sop

Kalau umumnya kuah Mie Sop lebih bening, kuah Mie Sop Blitar lebih keruh karena pengaruh lebih dari 10 jenis rempah yang dipakai menjadi base kuah mereka. Kuahnya juga dimasak dengan whole chicken yang dimasak selama 2-3 jam.

Rasa Mie Sopnya gurih, kaya rasa, dengan aroma rempah yang kuat.

Mie Sop Blitar

Untuk Mie-nya kalian bisa pilih bihun, kwetiau, ataupun mie kuning. Ada bakso ayam dan ayams suwir sebagai topping dan isian. Uniknya ketika gua makan, ayam suwir nya seperti digoreng karena ada tekstur kriuk renyah. Jujur aja, seporsi Mie Sop Blitar komplit yang campur mie nya benar-benar bikin kenyang.

Di samping itu, ada juga Sate Kerang, Sate Jengkol, sama Sate Taichan!

Sate Jengkol & Sate Kerang

Sate Kerang ama Sate Jengkolnya dibumbui dengan bumbu yang sama, memang pendamping asik Mie Sop pada umumnya.

Sate Taichan

Kalau Sate Taichan di sini agak berbeda, karena Sate Ayamnya digoreng dulu baru dibakar sebentar. Jadi rasa dan tekstur berbeda dari Sate Taichan lainnya. Sambelnya juga tidak secair sambel Taichan pada umumnya.

Tapi, selain Mie Sop Blitar, di sini ada menu primadona lainnya lho.

Namanya Ayam Sambal Pedas

Ayam Sambal Pedas khas Blitar

Ayamnya digoreng dan di-“penyet” kemudian disajikan dengan Sambal Blitar yang warnanya ijo gelap.

Wajib banget dicobain panas-panas karena dagingnya empuk dan nikmat kalau dimakan bareng sama Sambalnya yang lebih seger. Cabenya ini berbeda dengan cabe-cabe yang mendominasi tempat makan di Medan yang cenderung pedas ngegas dan gurih asin. Ketika masuk di mulut pertama kali, rasa pertama yang terasa ialah pedas, kemudian “segar”, dan diikuti cita rasa manis dan asem.

Ngomongin Sambal, menu baru mereka juga ga luput dari perhatian kami.

Menu Nasi Bakar: 4 Pilihan Daging!

Nasi Bakar

Di sini kalian juga bisa nemuin Nasi Bakar, dan menurut kami, Nasi Bakar ini seperti hidden treasure mereka. Yang unik itu ada 4 pilihan isian untuk Nasi Bakar: Ayam, Cumi, Udang sama Capit Kepiting.

Yes, Capit Kepiting!

Nasi Bakar

Nah semua isian ini dibumbui dengan Sambal yang sama, jadi kalau soal rasa semua ga jauh beda, cuma pilihan dagingnya aja yang akan membuat teksturnya sedikit berbeda.

Nasi Bakar Ayam

Yang Ayam ini otomatis pilihan paling “aman” menurut gua. Dagingnya disuwir sehingga mudah untuk dinikmati. Wajib banget diaduk agar Sambalnya merata.

Nasi Bakar Udang

Nasi Bakar Udang ini ditambah pete, jadi buat kalian penikmat pete, cus pesen yang satu ini. Petenya menggugah selera banget sih.

Nasi Bakar Cumi

Nasi Bakar Cumi ini nikmat banget, cuma hati-hati aja sama ranjau pas masukkin ke mulut. Perpaduan Sambal sama Cumi paling best sih menurut gua.

Nasi Bakar Capit Udang

Lastly, yang Nasi Bakar Capit Kepiting. Sepertinya jarang aja dengar Nasi Bakar yang pakai Capit Kepiting, tapi ternyata enduls juga. Capitnya dikasih banyak juga, tapi kalau gua masih lebih milih yang Cumi, sebagai penikmat Sambal Cumi 😆

Jangan lupa pesen homemade Kundur dan Cincau ini untuk beat the heat!

Mie Sop Blitar Warisan

Alamat: Jl. M.H Thamrin No.69
Jam Buka: 10.00 – 23.00
No. Telp: 0811-632-028
Lokasi: https://goo.gl/maps/mUHjhy5qEMPihRXTA

Leave a Reply

Your email address will not be published.