Kenikmatan B2 Goreng di RM Lomak, Favorit Warga Lokal dan Turis!

Sederhana nan simpel, tapi dengan kelezatan yang melekas di benak penikmatnya, B2 Goreng RM Lomak menjadi buruan turis yang datang berlibur ke Samosir.

Memang tidak mudah merintis sebuah bisnis, apalagi membuat namanya dikenal secara luas, apalagi ke luar kota. RM Lomak merupakan salah satu rumah makan yang termasuk sukses dalam hal ini, bisa dilihat dari namanya yang terus direkomendasikan oleh followers kami di Instagram.

Saking banyaknya, kami pun langsung mengunjungi RM Lomak di trip Samosir kami kali ini.

Sudah beroperasi selama 30 tahun lebih, RM Lomak masih terlihat sederhana dengan sterling besi berisi makanan menyambut tamu. Papan nama bertuliskan ‘Rumah Makan Khas Batak Lomak’ membuat rumah makan ini gampang ditemukan.

Seperti banyaknya rumah makan lokal di Samosir, menu-menu RM Lomak juga terdiri dari B2 Goreng, B2 Panggang, Ikan Goreng, Ikan Arsik, Ikan Panggang, dan Lobster.

B2 Goreng yang menjadi best seller langsung kami pesan, serta menu B2 Panggang, dan Ikan Goreng Sambal Kecap Pedas yang direkomendasikan langsung oleh pemiliknya,.

B2 Goreng dengan Sambal Tuk Tuk Andaliman

B2 Goreng = BaGor

Renyah dan garing kulitnya, tapi lembut dan juicy bagian dagingnya membuat kami mengganguk puas. Meskipun digoreng sampai terlihat kering, tapi masih terasa lapisan daging dan lemaknya yang membuat B2 Goreng ini tidaklah terlalu kering di lidah.

Dagingnya sendiri lembut, ukurannya dipotong pas: Tidak terlalu tipis atau ketebalan.

Rasanya yang gurih dan asin bercampur indah dengan Sambal Tuk Tuk Andaliman yang jadi pendamping B2 Goreng ini. Kibasan rasa pedas nyelekit dan asam khas Andaliman yang menyegarkan membuat B2 Goreng ini makin nikmat.

Satu hal yang pingin MaMa request: Porsinya lebih gede lagi, dong!

B2 Panggang dengan Sambal Natinombur/Tombur

B2 Panggang RM Lomak memiliki warna kecokelatan yang menggiurkan, apalagi karena kami habis melihat langsung cara panggangnya di belakang. Aroma B2 Panggang yang harum langsung menggelitik hidung kami dan membuat perut berteriak lapar.

Berbeda dengan B2 Goreng yang garing, B2 Panggang atau BiPang di sini lebih lembut dan berminyak dengan aroma smokey yang lebih terasa.

Ada satu hal lagi yang berbeda: Sambalnya.

Sambal Natinombur, atau Sambal Tombur, merupakan sambal khas Batak yang dibuat dengan andaliman dan cabe rawit sebagai bahan utama. Ciri khas Sambal Tombur ini adalah warnanya yang kuning. Ketika dimakan, ada aroma khas yang langsung terasa di lidah.

Ikan Nila Goreng dengan Sambal Kecap Pedas

Menu berbeda, sambal pun berbeda. Setelah memesan dua menu yang katanya nggak boleh dilewatkan, kami menambahkan menu Ikan Goreng karena direkomendasiin oleh Mba nya. Kata pemilik, ini best seller di sini juga!

Seporsi Ikan Nila Goreng ini dihitung perkilo, jadi kita nggak pesan per ekor untuk menu Ikan. Satu porsi ini harganya berkisar 90rb, dan bisa dinikmati oleh 3-4 orang. Kemarin MaMa dapatnya dua ekor Ikan Nila besar, dan jujur kenyang banget.

Ikannya digoreng pakai tepung yang uda dibumbui, rasanya lebih gurih dan asin. Lumayan berminyak untuk kami, dan lebih nikmat pas dicocol ke Sambal Kecap Pedasnya.

Kalau kalian datang ke sini, paling nggak harus merogoh kocek setidaknya lebih dari 50rb. B2 Goreng dan B2 Panggangnya sendiri harganya 45rb/porsi (pas kami datang waktu itu ya), belum lagi minuman atau tambahan menu lainnya kalau ada.

RM Lomak

Alamat: Jalan Lingkaran No.Kelurahan, Tuktuk Siadong
Jam Buka: 08.00 – 23.00
No. Telp: 0821-6738-1178
Lokasi: https://goo.gl/maps/ymJpGGwwiPEvZRqH6

Leave a Reply

Your email address will not be published.