Skip to content

Rumba Pizzeria: Restoran Vintage Bikin Nostalgia di Samosir

  • 4 min read

Tak bisa disangkal, Rumba Pizzeria merupakan salah satu restoran terfavorit para turis yang datang ke Pulau Samosir. Rumba Pizzeria yang menawarkan konsep vintage dengan family style ini berhasil menuai pujian pelanggan serta membuat nama mereka menjadi sebuah titik yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Pulau Samosir.

Fun fact: Rumba adalah singkatan dari Rumah Batak!

Dinner at Samosir

Suara hujan yang turun deras menjadi alunan musik buat tim MaMa yang datang ke sana malam itu. Kami memilih untuk duduk di lantai duanya yang lebih terbuka dan memiliki view langsung ke arah Danau Toba. Cuacanya yang dingin membuat saya memesan seporsi Teh Jahe untuk menghangatkan diri.

Mungkin karena kami datangnya di hari biasa dan bukan holiday season, Rumba Pizzeria tidak seramai yang kami ekspetasikan. Meskipun begitu, lantai satunya masih dipenuhi pengunjung yang juga datang untuk menikmati makanan mereka.

Konsep restoran Rumba Pizzeria didekor ala 90-an bukan karena maksud tertentu, tapi karena restoran yang satu ini memang sudah beroperasi sejak tahun 1991.

Pada tahun 90-an, Danau Toba merupakan destinasi yang sangat populer yang dikunjungi turis dari Eropa, beberapa di antaranya datang dari Inggris, Jerman, dan Perancis. Saking populernya, warga lokal di sini pun lebih ahli dalam berbahasa Inggris dibanding Indonesia, selain bahasa Batak yang merupakan bahasa lokal.

Rumba Pizzeria dapat dikatakan salah satu hasil dari percampuran dua kultur yang berbaur menjadi satu. Owner Rumba Pizzeria sekarang, Bu Ros Manurung, merupakan saudara dari pemilik yang membuka usaha ini—saudaranya pindah ke luar negeri sehingga resto Rumba diambil alih oleh Bu Ros.

Bu Ros sendiri bertemu jodohnya pada tahun 90’an, seorang warga Swiss yang akhirnya pun menetap di Danau Toba dan melanjutkan usaha restoran ini bersama Bu Ros.

Sesuai namanya, menu best-seller di sini pastinya menu Pizza mereka. Terbuat dari homemade pizza dough, pelanggan tinggal memesan Pizza sesuai selera mereka dengan memilih topping nya sendiri.

Lapar dan dingin, gigitan pertama Pizza nya membuat saya langsung mengganguk puas. Tekstur Pizza-nya yang lembut, saus Margherita nya memiliki citarasa asam yang pas.

Rösti Rumba yang merupakan makanan khas Swiss direkomendasikan oleh Janice yang pernah ke sini sebelumnya. Perpaduan kentang yang diiris tipis serta keju yang dipanggang sehingga lumer membuat menu ini nikmat, dengan rasa asin dan gurih yang bikin nagih.

Definitely a must try kalau ke Rumba Pizzeria.

Watch more on Youtube!

Rumba Pizzeria

Alamat: Jl. Lkr. Tuktuk No.Desa, Tuktuk Siadong
Jam Buka: 08.00 – 23.00
No. Telp: 0813-9633-5694
Lokasi: https://goo.gl/maps/wVu2dQFHu81EcAQ66

Leave a Reply

Your email address will not be published.