Skip to content

Makan Durian Musang King Ga Harus ke Malaysia Lagi. Langsung ke Kebun Durian Pheng Chai Aja!

  • 4 min read
Musang King

Durian, the fruit that either you love or hate. Aromanya yang menyengat identik dengan kata “bau”, tapi di sisi yang sama juga didambakan banyak orang. Kulitnya keras dan berduri, layaknya sebuah harta karun. Ketika dibelah, isinya membuat hati berdebar-debar.

Varian Durian
DK-14

Meskipun dari luar tampaknya sama, tapi ternyata Durian itu terdiri dari beberapa jenis. Beberapa diantaranya berhasil kami coba ketika berkunjung ke Kebun Durian Peng Chai di Lau Sigembur, Talun Kenas.

Kebun Durian Peng Chai ini masih baru dibuka untuk umum sejak sebulan yang lalu. Areanya yang dikelilingi bukit ini terpampang 80 hektar pohon Durian yang dapat menjadi tempat wisata kuliner buat kalian yang perlu melarikan diri dari hiruk pikuknya Kota Medan.

Pemandangan dari Kebun Durian Pheng Chai

Di kebun ini terdapat sekitar 10 jenis bibit durian, beberapa diantaranya ada bibit yang diimpor dari Malaysia, seperti Musang King, DK-14, dan DK-24. Saat kami ke sana bulan lalu, yang sudah matang ada Musang King dan DK-14, and that’s what we tried.

Fun fact: Ternyata curah hujan yang tinggi membuat pertumbuhan Durian kurang maksimal, sementara cuaca yang cerah lebih menjamin kualitas Durian yang lebih baik.

Apa sih bedanya Musang King dan DK-14?

“Tanda lahir” Musang King

Secara kasat mata tidak ada bedanya dari luar, tapi ternyata ada beberapa hal yang membedakan Musang King dan jenis Durian lainnya. Musang King memiliki “tanda lahir” berbentuk bintang yang terletak di bagian bawahnya.

Last info yang MaMa dengar, harga Musang King mulai dari 250rb/kg, dihitung perbiji & ditimbang

Musang King identik dengan “daging” buahnya yang besar, tebal dengan tekstur creamy serta bijinya yang kecil. Warnanya cenderung kuning keemasan. Yang membuat Musang King ini lebih spesial adalah citarasanya yang manis dan sentuhan pahit yang membuat rasanya lebih kompleks dan seimbang.

Durian DK-14

Kepanjangan DK dari DK-14 ini ialah Duri Kasar, mengacu ke duri Durian yang lebih besar dan kasar.

Last info yang MaMa dengar, harga DK-14 mulai dari 150rb/kg, dihitung perbiji dan ditimbang

Mungkin karena selera juga, tapi saya personally lebih demen yang DK-14 di Kebun Durian Peng Chai ini. Gigitan pertama Durian DK-14 ini langsung membuat saya jatuh hati karena teksturnya yang buttery, dan rasanya yang cenderung lebih manis. Warnanya kuning oranye dan bijinya lebih besar daripada Musang King.

Watch more on Youtube!

Buat kalian yang pingin beli langsung di Medan juga bisa, langsung WA mereka aja!

Kebun Durian Pheng Chai (@pcdurianfarm)

Alamat: Jl. Talun Kenas, Tala Peta, Sinembah Tj. Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang
Jam Buka: 13.00 – 18.00
No. Telp: 0812-8080-59888
Lokasi: https://goo.gl/maps/BJzMujTa7cTQU8jd6

3 thoughts on “Makan Durian Musang King Ga Harus ke Malaysia Lagi. Langsung ke Kebun Durian Pheng Chai Aja!”

  1. Whatsapp tidak masuk, telp tidak bisa tersambung. Apakah ada nomor telp alternatif kah?

  2. Selamat pagi..
    Ada kesalahan, karena info lokasi di Google Map nya mengarah ke Pulau Samosir…

Leave a Reply

Your email address will not be published.