Skip to content

Singha Pao, Outlet Bakpao yang Lahir Dari Wisata ke Thailand

  • 5 min read

สวัสดีครับยินดีต้อนรับที่ Singha Pao!

(Halo, selamat datang di Singha Pao!)

Beberapa orang bilang kalo daerah Cemara Asri cukup terkenal sama Bakpao nya. Gak salah sih, soalnya ada banyak outlet Bakpao yang cukup terkenal di sepanjang daerah ini.

Nah, denger-denger ada outlet Bakpao yang baru buka di Cemara Asri, jadi gua sama Joe gas ke sana di suatu siang setelah kerjaan dari kantor kelar.

Stand Kecil di Depan Shang Jin Zhong Guo

Biar kalian gampang carinya, setelah masuk gerbang depan Komplek Cemara Asri, kalian jalan terus sambil perhatikan bagian kanan hingga ketemu outlet “Shang Jin Zhong Guo” dengan papan nama warna merah. Di depannya ada beberapa stall berjejeran, nah stall Singha Pao yang didominasi kayu coklat muda ini berada paling kiri, pas sebelah Bank BNI.

Belajar Bikin Bakpao Setelah “Terpesona” dengan Kelezatannya

Sedikit backstory nih, saat ownernya jalan-jalan ke Bangkok, mereka sempat menikmati hidangan Bakpao di suatu toko. Karena jatuh cinta dengan citarasa Bakpaonya yang lezat, mereka kembali ke outlet tersebut keesokan harinya.

Bukan untuk beli lagi, kali ini sang owner kembali untuk menemui Chefnya dengan tujuan belajar membuat Bakpao.

Sebelum Gua Lanjut, Sedikit Informasi Nih..

FYI, Bakpao di Thailand konsepnya mirip dengan Bao Zi (包子) di Tiongkok dan Bakpao yang lazim ditemui di Medan. Namanya aja sih yang beda, yaitu Salapao (ซาลาเปา).

Dari informasi Joe, dulu Salapao dibawa oleh imigran Tiongkok ke Thailand. Hasilnya, kuliner di sini lebih terpengaruh oleh hidangan Teochew, Tiongkok. Nah, Salapao yang biasanya berisi daging kecap ini bisa kalian temukan di daerah Chinese Thai, misalnya Yaowarat dan Pratunam.

And so, Lahirlah Singha Pao!

Mungkin untuk pay tribute buat pelajaran berharga yang diterima selama di Bangkok, sang owner memberi nama outlet Bakpao/Salapao ini dengan bahasa Thailand.

Nama “Singha (สิงห์)” sendiri berarti “singa”. Sejalan dengan namanya, sang owner memberi gambar jejak kaki singa di belakangnya. Jadilah logo Singha Pao yang bisa kalian lihat di stall, kertas pembungkus Pao, kotak, dan akun Instagramnya!

Rasa yang Mainstream dan Anti-Mainstream

Outletnya sendiri baru beroperasi sebulan lebih pas kami visit, jadi kertas menunya yang di-laminating juga terlihat masih baru. Di atasnya tertera list menu beserta harganya.

Coklat, Salted Egg, Chasio, Pekbak, Obak – varian rasa yang cukup lazim lah ya..

Wait, Strawberry Keju? Dakgalbi Cheese? Special Mochi Kacang??? Now these are new!

Tapi sayangnya, pas kami visit, varian Mochi Kacang yang gua rasa paling unik diantara semuanya malah lagi kosong, jadi gak bakal ada fotonya di artikel ini :’)

Selain Mochi Kacang, ada tambahan kata “Special” di depan varian rasa savory. Bisa dibilang, varian special ini versi “upgraded”, karena ada tambahan kuning telur asin, potongan dendeng ayam, dan sebutir cabe rawit sebagai isiannya.

Favorit anak MaMa yang Mana Nih?

Gua dan Joe sempat nyobain beberapa varian: Coklat, Special Chasio, Special Abon, Pekbak, Obak, Dakgalbi Cheese, Strawberry Keju.

Joe langsung jatuh cinta dengan varian Special Pekbak! Menurutnya, aroma garlic dan dagingnya menyatu sempurna. Selain itu, tambahan dendeng dan salted egg bikin rasanya savory dengan hint rasa manis.

Sementara itu, yang bikin mata gua langsung berbinar adalah varian Strawberry Keju. Awalnya gua agak skeptis meskipun gua pecinta strawberry dan keju, tapi gua gak nyangka perpaduan keduanya di dalam sebuah Bakpao bisa se-klop itu! Rasanya sendiri cenderung manis dengan aroma mirip yoghurt rasa stroberi. (saking ga sabarnya gua makan, Joe sampe lupa ambil fotonya! Tapi kalian bisa liat tampilannya di IG MaMa kok!)

Buat kalian yang udah pernah coba, favorit kalian yang mana nih?

Here Comes the Surprise… Singha Pao Ga Pake Daging Babi, tapi Ayam!

Kalo sebelumnya kami gak dikasih tau kalo isiannya daging ayam, kami pasti bakal ngira kalo Bakpaonya pake daging babi, soalnya tampilannya mirip banget!

Jadi, bisa dibilang Singha Pao ini cocok buat temen-temen Muslim yang ingin merasakan Bakpao dengan isian daging ala Chinese.

Atau, kalian malah sekedar ingin sedikit lebih adventurous soal kuliner dengan nyobain varian Bakpao anti-mainstream?

Singha Pao

Jl. Cemara Asri Boulevard Blok A1 no.2&4 (Shang Jin Zhong Guo)
09.30 – 20.00 (Senin tutup)
0823 2000 0797
No Pork No Lard

Leave a Reply

Your email address will not be published.