Skip to content

Mie Rebus Riang khas India yang Udah Eksis 60an Tahun

  • 3 min read

Kalo ada yang nyebut “Mie Rebus”, pasti langsung kepikiran mie yang disajikan bareng hebi (udang kering), potongan tahu goreng, tauge, telur rebus, lalu disiram kuah kental berwarna kecoklatan dengan rasa yang gurih manis.

mie rebus riang mbak ita kuliner medan

Katanya sih, Mie Rebus di Medan itu disebut juga Mie India, karena kebanyakan penjual Mie Rebus adalah etnis India. Tapi, since sekarang udah banyak warga etnis Tionghoa yang jual Mie Rebus, hidangan ini jadi punya dua “aliran”: Mie Rebus ala Tionghoa dan Mie Rebus ala India.

Untuk yang khas India, beberapa outlet yang mungkin paling terkenal adalah Mie Rebus Dewar dan Mie Rebus Tambi Tebing Tinggi. Tapi, ada satu lagi nih outlet yang harus kalian cobain setidaknya sekali seumur hidup (kata Leo dan Bobby sih gitu). Yes, Mie Rebus Riang yang ada di Jl. Pandu simpang Jl. Martapura.

Bisnis Turun Temurun Tiga Generasi

Bisnis ini awalnya dipegang oleh sang kakek sekitar 60 tahun lalu, kemudian berpindah tangan ke ayah, lalu dilanjutkan abang Mbak Ita. Sepeninggal sang ayah dan abang, barulah kini Mie Rebus Riang sepenuhnya dikelola oleh Mbak Ita.

Kenapa Namanya Mie Rebus Riang (Padahal Nama Contact nya Mbak Ita)?

Bukan, bukan karena ownernya suka berhati riang seperti yang dibilang Leo, namun simply karena dulu lokasinya berdekatan dengan Bioskop Ria.

Lebih Cocok Disebut Comfort Food

Gravy nya terlihat lebih clean namun tetap flavorful dan gak bikin eneg (bisa lah dimakan tiap hari). Tapi kalo dibandingkan dengan Mie Rebus Tambi yang ada di Tebing Tinggi, yang ini terasa lebih light.

Worth a Try Gak Sih?

Soal intensitas rasa, mungkin ada banyak outlet mie rebus yang lebih baik. Tapi, eksistensinya yang udah lebih dari enam dekade, ditambah harganya yang masih terbilang bersahabat di kantong, tempat ini masih jadi salah satu favorit (yang mungkin masih underrated).

Anyway, buat review lengkap oleh Leo dan Bobby, yuk langsung nonton video di bawah!

Mie Rebus Riang Mbak Ita

Jl. Martapura, Ps. Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212
https://goo.gl/maps/SC7Mx2m5cJ5XRGj2A
Pake 1/2 butir telur 13rb, telur bulat 15rb
15.00-21.00
Halal

Leave a Reply

Your email address will not be published.