Skip to content

Catta Tea House—Specialty Tea House dengan Lebih Dari 70 Jenis Teh!

  • 6 min read

Di tengah-tengah ramainya coffee shop dan bubble tea shop, hadir Catta Tea House dengan keunikan mereka sendiri. They serve specialty tea.

Ruko berwarna putih yang di desain modern ini langsung menarik perhatian ketika dilihat dari luar. Begitu masuk, dinding cat putih serta interior serba warna putih langsung menyambut kami, memberikan kesan yang bersih dan rapi. Ada area bar kecil dimana varian daun teh di display dalam botol kaca.

Bukan hanya daun teh, tapi rempah-rempahan, dried fruits, dan bunga juga menjadi bagian dari pilihan yang dapat dicoba. Apabila penasaran dengan jenis-jenis teh, bisa langsung bertanya dengan staff yang berada di balik bar.

Kami datang sekitar jam makan siang, dan tempatnya tidak begitu ramai. Maklum, tea house ini baru buka beberapa hari saat kami kunjungi.

Karena di sini specialty tea house, wajib untuk mencicipi berbagai jenis minuman berbasis teh mereka. Untuk menunya mereka bagai menjadi 4 kategori: Catta DIY Teapot, Catta in Tube, Catta in Cup, & Catta Handcrafted Teabag.

Yang unik di sini, cara penyajian tehnya bukanlah menggunakan clay teapot atau ceramic teapot seperti yang biasa kita temui di Rumah Makan Chinese, tapi merupakan teapot kaca serta gelas kaca yang lebih modern dan estetik. Salah satu alasannya adalah agar warna teh yang unik dapat terlihat secara jelas.

Catta DIY Teapot (60k)

Untuk kalian yang ingin meracik teh sendiri, kalian boleh coba pesan Catta DIY Teapot. Dalam satu racikan, kalian bisa memilih hingga 5 jenis teh. Uniknya, kalian bisa request untuk memesan teh berdasarkan warna!

Seperti Custom Red dan Custom Blue yang kami pesan kemarin.

Custom Red terdiri dari white tea (silver needle), pandanus, dragonfruit, dan peach blossom. Custom Red ini favorit saya bukan hanya karena warnanya yang cantik, tapi karena aroma tehnya yang nikmat. Rasanya tidak pahit, bahkan ada sentuhan rasa manis yang ringan ikut menyertai. Ketika dihirup, aroma pandan mendominasi indera penciuman. Peach blossom berperan untuk mengikat white tea dan pandanus agar lebih harmonis.

Custom Blue terdiri dari pineapple, butterfly pea, saffron, dan white peony. Warnanya yang biru datang dari bunga telang atau butterfly pea. Custom Blue ini rasanya lebih unik dan mungkin bukan untuk semua orang.

You can see how the color changes!

Khusus untuk Teapot, kalian dapat refilll maksimal 2x.

Catta in Tube (30k)

Apabila kalian tidak ingin membuat custom sendiri, kalian bisa coba yang Tube ataupun yang Cup. Kalau kalian perhatikan, tiap pilihan diberi nama sesuai nama kota dalam satu negara. Untuk Tube, nama-namanya diambil dari kota di Korea Selatan.

Kita pesan Gwangju yang terdiri dari moringa, baby chrysanthemum, dan cranberry.

Warna asli lebih kelabu, tapi di kamera warnanya berubah menjadi agak ungu.

Ketika saya coba pertama kali, ada rasa pahit yang langsung terasa, tapi ada juga rasa familiar yang sering saya minum. Rasa yang familiar itu datang dari bunga baby chrysanthemum yang bersatu dengan cranberry, memberikan lapisan fruity yang disambut. Tambahan daun teh moringa yang memiliki aroma earthy menambahkan kompleksitas rasa pada teh ini.

It’s not my cup of tea, tapi teh moringa dikenal dengan manfaatnya seperti membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Catta in Cup (40k)

Setelah Gwangju, kami mencicipi Hiroshima, teh yang disajikan dalam bentuk cup. Hiroshima terdiri dari red carnation, apricot, dan peppermint. Ketika dihirup, aroma fruity dari apricot langsung menggelitik indera penciuman kami. Tapi ketika diminum, sensasi “segar” dari peppermint langsung terasa.

Catta Handcrafted Teabag (30k)

Salah satu opsi yang menurut kami yang boleh dicoba adalah Catta Handcrafted Teabag. Dibagi menjadi 3 kategori: Leafy Series, Fruity Series, dan Spices Series, di mana setiap series ini diracik berdasarkan bahannya. Kami pilih Darwin dari Leafy Series.

Darwin terdiri dari butterfly pea, lemongrass, peppermint, dan lavender. It’s an unique taste, and perhaps not my kind of tea. Aroma lavender itu membuat rasa teh ini lebih “romantis”. I would definitely try the fruity and spices series next time!

Cobain juga menu-menu lain Catta Tea House

Selain teh, di sini juga ada beragam minuman dingin seperti Sparkling Strawberry dan Vietnam Coffee Milk.

Sparkling Soda untuk Sparkling Strawberry ini dibuat sendiri dengan mesin. It’s a refreshing drink buat yang ingin minuman segar.

Tentunya, kalian bisa menyantap makanan berat juga di sini. Ayam Sambal Matah, Chicken Katsu Mentai, Korean Honey Chicken menjadi pilihan.

Sebagai penutup, kami memesan Moody Choco dan Cheesy Baby yang juga di display di area bar.

Catta Tea House

Alamat: Komplek Cemara Asri Jalan Boulevard Timur 8 TT Medan Estate
Jam Buka: 09.00 – 22.00
Maps: https://goo.gl/maps/124yoRuDzq7pwcb38

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *