Sangwo / Steamboat Meranti

Kalau sebelumnya kita sudah mereview Raja Steamboat, maka Sangwo Meranti ini merupakan versi non-halalnya. Perlu diketahui bahwa Sangwo Meranti ini bukan rumah makan konvensional. Berawal dari industri rumah tangga dan referensi mulut ke mulut, ‘rumah makan’ ini dibentuk dengan hanya mengandalkan halaman rumah belakang yang cukup luas. Tempat ini hanya beroperasi apabila terdapat minimum 10 pax dalam satu hari. Selain itu, anda juga harus melakukan reservasi dulu sehari sebelumnya dengan batas pesanan minimum 5 pax (Jumlah tamu yang datang tidak dibatasi).

Dikarenakan porsi sangwo yang lumayan banyak, rata-rata pengunjung memesan dengan jumlah total dikurangi 2 porsi (Misalnya yang hadir 10 orang, maka pesanannya 7-8 pax). Takut ga kebagian? Jangan khawatir, karena selain sangwo, rumah makan ini juga menyediakan daging babi goreng (135rb), porsinya cukup besar, rasanya agak manis dan biasanya kami request split menjadi 2 piring, kwetiaw goreng polos, bihun goreng polos (rada lupa harganya tetapi sekitar 30rb-an, mirip dengan raja steamboat), lalu ada ke-ciu / ayam goreng XO, ayam goreng yang ditaburi jahe tiris goreng dengan saus wine XO. Rasanya gurih, sedikit asam dan manis dengan harum wine dan menghangatkan tubuh. It’s recommended.

That’s the appetizer, and now comes the main course. Sangwo Meranti hanya menawarkan satu jenis kuah yang mengandung kaldu daging babi. Beberapa bola udang, bakso ikan, dan daging dicelup ke kuah kaldu yang telah mendidih, diikuti dengan sayur-sayuran. Salah satu faktor reservasi sehari sebelumnya ialah untuk menjaga kualitas bahan yang dipakai. Berbeda dengan beberapa rumah makan Steamboat, bahan-bahan yang dipakai disini segar! Selain itu, pengolahan lauk yang dipakai disini juga lebih oriental dan tradisional, tidak seperti X.O Suki yang telah dimodernisasi.

Great food comes with great price, tentunya. Satu pax sangwo dinilai 85rb, dan total harga yang kami bayar malam itu setidaknya 80rb per orang dengan total jumlah yang makan 11 orang. It’s not cheap, but for the taste we savour, it’s worth the price.

Sangwo Meranti
Jalan Meranti dekat simpang Kompleks Merbau Mas.
Telp: 061 4522542
Google Maps

10 thoughts on “Sangwo / Steamboat Meranti

  1. Bukan berniat menjatuhkan atau apa.
    Tp saya tidak merecommended ke tmn2 smua. Krn bulan lalu saya dan keluarga mkn disana.
    Sudah berubah sangat banyak..
    Mknan sangat tidak enak,
    Maaf.. Bakso ikan dan bakso udangnya tidak fresh, ada bau2 amisnya..
    Dan pas kita mkn disn.. Sudah tidak seperti dl lagi. Sepi banget.
    Menunya sudah tidak lengkap. Semua terlihat sangat asal2an..
    Servicenya buruk..
    Sangat di sayangkan.. Kenapa berubah seperti begini…

    1. wah koq bisa gitu yah.. pdhl terakhir saya makan pas imlek (takeaway) masi oke koq. Mungkin sekarang ini sudah byk steamboat sejenis seperti XO Suki dan Nelayan Suki yg menjadi kompetitor.

    2. Enak ato engga relatif bro

      bagi gw ini masih enak banget

      rasanya masih gurih

      daging babinya enak buanget

      Setau gw ini fresh deh , soalnya kalo mau makan di situ

      mesti pesen dolo , jadi menurut gw ya enak banget

  2. Wew,harganya lumayan mahal ya.Cuma kalau rasanya mantap Worth a try.Ada harga ada rasa.Orang Medan mah yg penting enak,soal harga relatiflah

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s