Sate Padang / Kacang H. Amiruddin

Kalau di sepanjang jalan kenangan Kesawan sering kali dijumpai resto dan cafe seperti Tip-Top dan 061 Bistro, maka di sebuah jalanan kecil yang terletak diantara toko iPlug dan Bata ada 2 gerai yang sudah lama berjualan. Sudah puluhan tahun sate padang H. Amiruddin yang lebih dikenal sebagai Sate “Bata” (karena lokasinya memang terletak di samping toko Bata) ditemani oleh mitranya Ice Cream Apo.

Kedua gerai ini saling melengkapi, dimana gerai sate menyuguhkan makanannya yang lumayan membuat anda berkeringat, namun kemudian dimanjakan dengan segelas ice cream soda yang begitu sejuk dan langsung menenangkan dahaga anda. Ya… sate disini memang boleh dibilang lebih pedas dari beberapa gerai sate yang pernah kami makan. Selain itu juga bumbu kuahnya lebih berminyak dan asin.

Bagi yang udah terbiasa melalang buana mencicipi sate padang pasti menyadari bahwa tusukan daging sate di gerai ini lebih tebal dan besar. Dan seperti biasanya, terdapat jeroan seperti jantung, usus, lidah, babat, dan daging ayam yang menambah variasi selain pilihan daging. Selain itu juga anda bakal dihidangkan dengan beberapa cemilan seperti sate kerang, kerupuk jangek, keripik ubi pedas dan aneka kue. Standarnya sih… jangek atau keripik ubi biasanya dituang dan dinikmati bersamaan dengan sate, namun bagi anda yang merasa petualang, silahkan bereksperimen.

Agak susah untuk menjelaskan perasaan ketika anda merasa pedas lalu disuguhi ice cream soda. Kelihatannya sih sederhana, namun rasa manis dari soda buatan pabrik lokal ditambah dengan manis dan segarnya es benar-benar menghapus dahaga. Tergantung selera anda menikmati minuman ini, ada yang mengaduknya hingga es krim bercampur dengan soda, ada yang menghabisi sodanya dulu, lalu menikmati potongan es krim.

Jangan terkejut ketika anda selesai makan dan siap untuk membayar. Satu porsi sate padang H. Amiruddin ini seharga Rp. 30.000 untuk 9 tusuk sate dan satu buah lontong ketupat. Harga yang fantastis untuk seporsi sate, karena pada umumnya hanya berkisar antara Rp 13.000 – Rp 20.000. Sedangkan untuk es krim soda seharga Rp 17.000. Patutkah kita juluki ‘kuliner kaki lima, harga bintang lima’.

  1. Sungguh Terr.laa..luu…

    Reply

  2. Memang sangat-sangat mengecewakan untuk cabang yg di samping toko Bata, sepertinya harga yg dipatok memang nggak pake aturan, atau karena pake calo ya?
    Katanya seporsi 35rb tapi setelah dihitung2 ternyata harga seporsinya bisa jadi 45rb kalo nggak boleh dibilang 15rb utk sebungkus kecil kerupuk jangek nya…

    Ampunnnnnn

    Reply

  3. Tiaanggraini 07 Sep 2013 at 04:24

    dulu enak sekarang engga banget, uda beda yang jual jadi suka-suka kasih harga.

    Reply

  4. Rasanya agak kurang apabila dibandingkan dengan Sate Padang di Jl. Tilak…
    Lokasi juga tidak terlalu friendly, karena pas di samping jalan yang boleh dibilang cukup padat di siang hari…

    Reply

  5. Bumbu kacangnya enakk

    Reply

  6. ada cabang ny juga di jl. sutrisno, harga ny 18.000rb per porsi.

    Reply

  7. azmi daulay 02 Nov 2012 at 20:31

    gigik klen lah harga es nya 17.000
    11.000 ia
    tp law sate bukan 30.000 tp 35.000
    law sate kerang 3500
    bnegok

    Reply

    1. Makasi atas info update harganya… harga yg ditulis sebenarnya udah dari bulan oktober taon, udah setaon lebih, jadi harap maklum kalo harganya udah berubah.

      Reply

  8. muhammmad irwansyah 02 Jun 2012 at 22:10

    tpi mnurut saudara* es cream soda nha mantap khan dan harga nha praktis khan
    itu slah tulistu harga es cream soda nha gx 17.000 tpi 12.000…

    Reply

  9. kodok boncit 10 May 2012 at 21:23

    br0..xate @ jl. madong lubis dkt simp empat jl. sumatra & jl. singa jg bole

    Reply

  10. Sate bata cuma menang nama n harga mahal…haahaa..rasa biasa aja, jauh lebih enak Afrijal Amir,di Maju Bersama Marindal jg ada cabangnya.. :))

    Reply

  11. memang harga di sini gak masuk akal bro.
    saya pernah makan 1 porsi sate jantung dengan nambah 1 ketupat + 1 gelas eskrim soda + 1 tusuk sate kerang ditagih Rp. 42.000, luar biasa mahal untuk makanan kaki lima.
    rasa sih biasa aja. menurut saya masih jauh lebih enak rasa Sate Jo Andah di setiabudi, dan harganya cuma Rp.13.000 untuk 1 porsi.

    gak lagi2 lah ke sini.

    Reply

  12. patrickyang 27 Oct 2011 at 14:32

    afrizal amir itu yg dimana seh?

    Reply

  13. Sate bata ini tidak enak. Kok direview disini deh..Apalagi ice creamnya

    Reply

    1. Kan tidak semua yang enak baru masuk disini gan. Tujuan direview supaya pengunjung tau sekaligus bisa memberi pendapat seperti apa yang barusan bung jony lakukan 🙂

      Reply

  14. Itu sate bata emang suka sembarang hitung punya..kadang2 aku mkn dipusatnya yg disutrisno sana..kalo kurasa harganya ga masuk akal, kuminta hitung balik, ntar dia pasti salah hitung..puarah la…tuk rasa pun biasa2 aja, lebih enak sate dijln bawean sana ato afrizal amir pun

    Reply

    1. Iya saya rasa sepertinya juga begitu. Entahlah mungkin ini terakhir kalinya kami makan disana. Masih banyak gerai lain yang lebih baik.

      Reply

  15. nnti dolo deh…. tidak cocok harganya… msh byk makanan yg lebih pantas dengan harga segitu..

    Reply

  16. Madi Wijaya 26 Oct 2011 at 14:13

    Saya pribadi malah lebih tertarik sama sate kerangnya Bro,kelihatan kalau bumbunya mantap.Dari warna sate padangnya sepertinya boleh juga.layak di coba nih.

    Reply

    1. Berarti emang demen sate kerang yah? Kalo untuk sate padang kerang, Sate sabar menanti di Jalan kalimantan juaranya.

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s