Sate Padang / Kacang H. Amiruddin 2

Kalau di sepanjang jalan kenangan Kesawan sering kali dijumpai resto dan cafe seperti Tip-Top dan 061 Bistro, maka di sebuah jalanan kecil yang terletak diantara toko iPlug dan Bata ada 2 gerai yang sudah lama berjualan. Sudah puluhan tahun sate padang H. Amiruddin yang lebih dikenal sebagai Sate “Bata” (karena lokasinya memang terletak di samping toko Bata) ditemani oleh mitranya Ice Cream Apo.

Sate Padang / Kacang H. Amiruddin 3

Kedua gerai ini saling melengkapi, dimana gerai sate menyuguhkan makanannya yang lumayan membuat anda berkeringat, namun kemudian dimanjakan dengan segelas ice cream soda yang begitu sejuk dan langsung menenangkan dahaga anda. Ya… sate disini memang boleh dibilang lebih pedas dari beberapa gerai sate yang pernah kami makan. Selain itu juga bumbu kuahnya lebih berminyak dan asin.

Sate Padang / Kacang H. Amiruddin 4

Bagi yang udah terbiasa melalang buana mencicipi sate padang pasti menyadari bahwa tusukan daging sate di gerai ini lebih tebal dan besar. Dan seperti biasanya, terdapat jeroan seperti jantung, usus, lidah, babat, dan daging ayam yang menambah variasi selain pilihan daging. Selain itu juga anda bakal dihidangkan dengan beberapa cemilan seperti sate kerang, kerupuk jangek, keripik ubi pedas dan aneka kue. Standarnya sih… jangek atau keripik ubi biasanya dituang dan dinikmati bersamaan dengan sate, namun bagi anda yang merasa petualang, silahkan bereksperimen.

Sate Padang / Kacang H. Amiruddin 5

Agak susah untuk menjelaskan perasaan ketika anda merasa pedas lalu disuguhi ice cream soda. Kelihatannya sih sederhana, namun rasa manis dari soda buatan pabrik lokal ditambah dengan manis dan segarnya es benar-benar menghapus dahaga. Tergantung selera anda menikmati minuman ini, ada yang mengaduknya hingga es krim bercampur dengan soda, ada yang menghabisi sodanya dulu, lalu menikmati potongan es krim.

Sate Padang / Kacang H. Amiruddin 6

Jangan terkejut ketika anda selesai makan dan siap untuk membayar. Satu porsi sate padang H. Amiruddin ini seharga Rp. 30.000 untuk 9 tusuk sate dan satu buah lontong ketupat. Harga yang fantastis untuk seporsi sate, karena pada umumnya hanya berkisar antara Rp 13.000 – Rp 20.000. Sedangkan untuk es krim soda seharga Rp 17.000. Patutkah kita juluki ‘kuliner kaki lima, harga bintang lima’.

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: