Rumah makan Pondok Gurih

rumah makan pondok gurih medan

Nasi Padang/Minang bukan lagi santapan asing bagi masyarakat Medan. Selain porsi nasi yang banyak dan harga yang terjangkau, tak heran jikalau saat lunch tiba, tempat makan ini diserbu pengunjung. Walau di kota Medan banyak tersebar rumah makan Minang, salah satu rumah makan yang umurnya baru saja beberapa tahun ini menarik perhatian kami, terlebih lagi direkomendasikan oleh salah satu pembaca Makanmana.net.

ayam goreng pondok gurih

Rumah makan Pondok Gurih terletak di Jalan Brig Jend Katamso (beberapa ruko dari RM GumarangΒ dan dekat dengan Trophy Tour), ada keunikan tersendiri ketika nasi padang ini dihidangkan di tempat atau dibungkus pulang. Ketika anda makan di tempat, maka lauk akan disajikan dengan dalam piring dan dihidangkan sekaligus di meja anda. Don’t worry, tidak berarti anda memesan semuanya dan harus membayar semuanya juga. Memang inilah ciri khas rumah makan Minang. In the end, anda hanya membayar apa yang anda nikmati.

sambal ikan teri

Kerap beberapa kali ketika menjamu tamu dari luar negeri, mereka kebingungan dan terkejut. Sebagai host, biasanya kami meminta agar nasi putih diganti menjadi nasi sayur, karena sebenarnya campuran dari kuah dan bumbu itulah yang membuatnya nikmat disantap.

Nah, kalo di rumah makan Pondok Gurih ini, didepannya udah tertulis jelas bahwa gulai kepala ikan kakap dan ayam goreng menjadi menu special mereka. Dan itu memang tidak salah. Ayam goreng yang dipakai, walaupun kecil (ayam kampung) tetapi memberikan rasa gurih tersendiri. Begitu juga kepala ikannya yang tidak terlalu besar ukurannya.

Kombinasi kuah, cabe, dan yang paling mantap menurut kami ialah sambel kentang gorengnya. Bahkan nampak beberapa pengunjung yang khusus membeli lauk ini.

keripik kentang sambal medan

Yang sedikit kami sayangkan ialah interior rumah makan dengan atap yang rendah membuat suasana agak gerah di siang hari, terutama apabila cuaca panas belakangan ini. Ramainya tempat ini terutama weekend membuat kita kurang nyaman menyantap makanan dan kadang harus berbagi tempat dengan pengunjung lain. But nonetheless, RM pondok gurih is now one of our favorite nasi padang in Medan.

26 thoughts on “Rumah makan Pondok Gurih

  1. Kalau ini nda ada lawan sudah.gulai kepala ikan kakap merah nya luarbiasaaaa…. tdnya aq sndr ga gt suka makan kepala ikan.tp disini.yg satu ni yg gak bole miss.rugi besar.dan gk mahal2 bgt kok.puasssss

  2. kalau yg ini mah TOP banget…. Dulu kl nasi padang,tau nya cuma Gumarang,sekarang uda pindah hati ke Pondok Gurih.
    Suami suka bgt gulai kepala ikan nya,kl bkn takut kolestrol,pasti deh tiap hr minggu beli gulai nya.
    Yg salut,dapur nya dipasangin cctv,jd ada quality control nya.Good job…

  3. Terakhir kami sekeluarga makan disana, pelayanannya sangat tidak bersahabat, semua hal diserahin ke karyawan yg ketika dipanggil nyahut pun tidak padahal lg sepi. Terasa banget perbedaan seblm bossnya meninggal dgn sekrg.

  4. Klo kepala ikan nya setau gw emank terkenal banget, tapi berhubung gw kaga doyan ikan, jadi ga pernah nyobain..
    tapi keripiik kentang nya favorit gw bangeeeet.. asal berkunjung ke medan pasti gw mampir kesana and gw beli bawa pulang ke jakarta.
    sampai2 gw pernah minta sister gw yg di medan buat beliin keripik kentang nya dan kirimin paket ke gw di jakarta, Huahahaha…
    nasi bungkus nya mantaaaap , nasi yang sudah bercampur dengan bumbu2 dan cabe nya.. slurrrp….

    1. yup, lebih enak sih bungkus pulang, karena semua bumbunya udah bercampur dan meresap ke nasi. Kalo makan di tempat biasanya saya bawa tamu dari luar mereka kurang tau penyajiannya, jadi ga gitu sreg pas makan.

  5. gule kepala ikan disini klo gak salah ada 2 size… besar (125 rb terakhir makan 6 bln yg lalu) dan sedang…
    klo gak bilang pesen size apa pasti dikasih yang besar…

  6. bang leo minggu kemaren bawa keluarga makan di pondok gurih, pesan gulai kepala ikan daun ubi, ayam goreng, minum tehmanis wah…gila kena 350.000…..setelah kami hitung ulang ternyata cuma kena 225.000,- setelah kami komplain….eh bukannya minta maaf kek….hati2 ya harap dihitung kembali kalo makan disana….untuk makanan okpunya deh…

    1. Makasi feedbacknya, nanti coba saya kasi tau ke manajemennya. Memang kalo udah pesan kepala ikan biasanya ga ada harga pasaran, apalagi di saat sibuk, sebenarnya di rm minang manapun sama saja, yang penting kita harus jeli.

  7. Wah memang mankyoss,,,,tiap minggu aku psti dtg!!!!!!!!
    Dulu gumarang yg terkenal,skrg pondok gurih yg naik peringkat!!!

  8. Cobain dulu nasi padang Sederhana(SA),cabang Jakarta.sudah buka di jl.Patimura 137,sebelum Petronas.jamin enak,bersih,full ac,harga bersahabat lagi. πŸ™‚

  9. Gulai kepala ikannya luarrrrr biasaaa… Saya juga suka sambal kentang gorengnya, gurih dan manis-manis gitu. Eh, pernah numpang ke toiletnya ngk? Gila, karena dekat dapur jadi panaaass banget karena kualinya ‘on’ terusss. Hahha.. ngk nyambung ya….

  10. ini katamso-nya di sebelah mana ya? di samping toko atau tempat apa gitu kl boleh tau? many thanx before ya…. πŸ™‚

  11. Memang sudah seharusnya Gumarang digeser berhubung sangat tidak bersahabatnya pelayanan disana.

  12. emang belakangan uda sering dgr kalo gumarang pun uda disabetnya sbg peringkat 1 nasi minang dijln katamso sana.

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s