rumah makan pondok gurih medan

Nasi Padang/Minang bukan lagi santapan asing bagi masyarakat Medan. Selain porsi nasi yang banyak dan harga yang terjangkau, tak heran jikalau saat lunch tiba, tempat makan ini diserbu pengunjung. Walau di kota Medan banyak tersebar rumah makan Minang, salah satu rumah makan yang umurnya baru saja beberapa tahun ini menarik perhatian kami, terlebih lagi direkomendasikan oleh salah satu pembaca Makanmana.net.

ayam goreng pondok gurih

Rumah makan Pondok Gurih terletak di Jalan Brig Jend Katamso (beberapa ruko dari RM GumarangΒ dan dekat dengan Trophy Tour), ada keunikan tersendiri ketika nasi padang ini dihidangkan di tempat atau dibungkus pulang. Ketika anda makan di tempat, maka lauk akan disajikan dengan dalam piring dan dihidangkan sekaligus di meja anda. Don’t worry, tidak berarti anda memesan semuanya dan harus membayar semuanya juga. Memang inilah ciri khas rumah makan Minang. In the end, anda hanya membayar apa yang anda nikmati.

sambal ikan teri

Kerap beberapa kali ketika menjamu tamu dari luar negeri, mereka kebingungan dan terkejut. Sebagai host, biasanya kami meminta agar nasi putih diganti menjadi nasi sayur, karena sebenarnya campuran dari kuah dan bumbu itulah yang membuatnya nikmat disantap.

Nah, kalo di rumah makan Pondok Gurih ini, didepannya udah tertulis jelas bahwa gulai kepala ikan kakap dan ayam goreng menjadi menu special mereka. Dan itu memang tidak salah. Ayam goreng yang dipakai, walaupun kecil (ayam kampung) tetapi memberikan rasa gurih tersendiri. Begitu juga kepala ikannya yang tidak terlalu besar ukurannya.

Kombinasi kuah, cabe, dan yang paling mantap menurut kami ialah sambel kentang gorengnya. Bahkan nampak beberapa pengunjung yang khusus membeli lauk ini.

keripik kentang sambal medan

Yang sedikit kami sayangkan ialah interior rumah makan dengan atap yang rendah membuat suasana agak gerah di siang hari, terutama apabila cuaca panas belakangan ini. Ramainya tempat ini terutama weekend membuat kita kurang nyaman menyantap makanan dan kadang harus berbagi tempat dengan pengunjung lain. But nonetheless, RM pondok gurih is now one of our favorite nasi padang in Medan.