cafe latte

Akhirnya crew Makanmana mengunjungi Ala Carte Darnia setelah beberapa kali desakan via twitter dan halaman recommend. Nampaknya antusiasme masyarakat Medan terhadap cafe yang baru buka semakin tinggi. Namun semakin menjamurnya kehadiran cafe di Medan, apa yang membuat Ala Carte Darnia berbeda dari yang lainnya?

Lokasi Ala Carte Darnia ini bertempat di Jalan Hasanuddin (Masuk dari RM Koki Sunda). Dari luar tampaknya tempat ini merupakan kediaman rumah yang disulap menjadi cafe. Minggu lalu kamipun menginjakkan kaki memasuki cafe ini. Kami hadir lebih awal, sekitar pukul 12 siang. Suasana cafe tersebut masih belum ramai.

ala carte darnia interior panorama

Click to enlarge

Dengan jarak langit-langit yang tinggi, cafe ini lumayan spacious, namun sayang sepertinya potensi ini masih belum banyak digarap. Kami merasa satu ruangan besar ini kurang dimanfaatkan, terutama untuk tamu yang smoking. Tidak ada partisi antar meja sehingga anda dapat leluasa melihat sekeliling. Selain itu penggunaan meja dan kursi sepertinya kurang tepat dan lebih terkesan dan terlihat seperti rumah makan ketimbang cafe yang mana nilai jualnya justru kenyamanan dan prestige.

Down to the foods, here’s what we ordered…

Pizza Finger - IDR 18

Pizza Finger

Pizza Finger sebagai menu pembuka katanya sih recommended disini, tapi ntah kenapa pas dicobain rasanya ada yang kurang. Rotinya terlalu tebal menurut kami sehingga menjadi kurang crunchy. Ga tau apakah disengaja atau bukan, karena potongan pizza lebih terlihat seperti American ketimbang Italian Pizza.

Chicken Wings - IDR 18

Chicken Wings

Kekecewaan kami langsung tertutup oleh Chicken Wings. Kami bahkan sampai pesan 2 porsi, in fact Harry’s the one who loved it. Sayap ayam ini digoreng sampe crunchy banget dan dihidangkan dengan saos sambal. At a glance it looked ordinary, tetapi yang bikin nagih justru sambalnya yang dicolek dan dimakan bersamaan.

Nasi Goreng Kampung - IDR 26

Nasi Goreng Kampung

Going to the main course, kami pesan nasi goreng kampung. Again it looks simple, but delicious. Yang bikin sedikit kecewa ialah potongan daging paha ayam yang sedikit dikorupsi, we expected a full chicken thigh.

Fettucine Carbonara - IDR 30

Fettucine Carbonara

This is one good pasta we had. Not creamy, just the right amount of sauce and cheese. Tekstur saosnya juga lebih rough, nampak terbuat dari yolk dan bukan saos carbonara kalengan.

Grilled Chicken Steak - IDR 39

Grilled Chicken Steak

Another recommended item. Yang bikin down sih side dishnya, namun demikian ayamnya di grilled dengan tingkat kematangan yang pas dan rasanya enak.

Australian Tenderloin Steak - IDR 89

Australian Tenderloin Steak

Untuk steaknya, awalnya kami merasa skeptis cuman bayar 89 ribu udah dapet Australian Tenderloin steak, now that’s a steal. Asumsi kami, dagingnya mungkin hanya 150gr ditemani side dish yang presentasinya menyedihkan, tapi ya sudahlah, toh murah kan harganya! We asked for medium tapi datangnya udah hampir cooked. With the price we paid, it’s tolerable. Dagingnya lembut dan rasanya juga enak. *We asked for black pepper sauce btw.

Banana Rama - IDR 28

Banana Rama

Ala Carte Darnia juga menyediakan berbagai variasi minuman, seperti Banana Rama yang sudah pasti smoothies terbuat dari pisang. Sedangkan Leo memesan Energy Booster/Good Morning, sebuah racikan lime, markisa, jeruk, dan kuning telur, katanya buat nambah stamina.. wah! Rasanya manis manis asem, dan request supaya gula dipisah yah, karena menurut Leo ga pake gula aja udah manis.

Good Morning - IDR 28

Good Morning

Preparing good food takes time, dan sepertinya ritme kerja dapur di Ala Carte Darnia tampak tidak maksimal hari itu. Tampak beberapa meja, termasuk kami harus menunggu beberapa saat agar hidangan muncul, namun kami diberitahu setelah itu bahwa hari tersebut head chef dan captainnya absen. Untunglah ada fasilitas wifi untuk mereda kejenuhan.

Sarsi Float - IDR 18

Sarsi Float

Walau masih banyak kekurangan, Setidaknya Ala Carte Darnia sebagai cafe yang baru merintis telah melakukan langkah awal yang tepat; Good Taste Food. Menyandang gelar sebagai cafe, interiornya masih butuh banyak improvement, namun demikian, anda akan dimanjakan oleh harga yang cukup murah menurut kami sebagai kompensasi. Atau kesemua ini hanya sebuah kesengajaan? Mengingat Ala Carte Darnia merupakan pelesetan dari A-la-Ka-dar-nya.

Denger-denger sih katanya Butterscotch Pancake jg menu andalan sebagai hidangan penutup, sayangnya kami ga sabar buat nunggu lagi :p

Ala Carte Darnia
Jalan Hasanuddin no 13/33 (Foursquare map)
061 4567031
AlaCarteDarnia
alacarte.darnia