martabak piring sejak dulu medan

Nah…karena penasaran dengan martabak “sejak dulu” yang selalu dibanding-bandingin ama Martabak Murni, akhirnya kami berkesempatan juga mendatangi tempat ini karena salah satu alasannya, temen kami Ruby (wanderbites.com) yang datang dari Jakarta ngebet banget ama yang namanya martabak. Jadi setelah kami bawa icip martabak Murni, disinilah persinggahan terakhir sebelum kami menominasi martabak piring terbaik sekota Medan! *lebay

martabak piring kapuas

Alasan kenapa hanya 2 tempat yang dicoba, yah karena Martabak Murni terkenal karena popularitas sponsor dari Ceres hingga masuk TV, sedangkan martabak “Sejak Dulu” atau Kapuas (karena berada di jalan Kapuas) ini terkenal karena kami menerima banyak sekali rekomendasi via Instagram. Anyway, martabak ini jualannya di Jalan Kapuas, satu jalanan kecil yang ga penting amat, tapi biar gampang cari, abang ini nongol di antara jalan Sutomo dan Jalan Asia (sebelum rel kereta api yang sering amat mobil ditilang).

martabak kapuas medan

Oh ya, karena naturenya abang ini kerja sendirian (dari taro adonan sampe martabak matang), jadi kudu sabar nunggu. Di malam yang sedikit gerimis itu kami pun menyempatkan ngobrol dan ternyata abang ini gemar bercerita. Dimulailah kisahnya bahwa martabak ini sudah jualan sejak 1953 dengan nama martabak Riang karena dulunya berjualan dekat bioskop Riang. Nah, yang jualan itu namanya bapak Rizal dan diklaim oleh anaknya Efrizal sebagai perintis martabak piring pertama di Indonesia (kalo ini kita butuh verifikasi :P).

efrizal penjual martabak piring sejak dulu

Awalnya sih, tidak ada yang namanya martabak tipis. Martabak yang dijual itu tebal semua. Nah, pada suatu hari, sang istri yang sedang hamil tiba-tiba ngidem martabak, tetapi request yang tipis, supaya lebih garing aja katanya. Lalu kemudian Pak Rizal ini memperkenalkan martabak tipis ke khayalak ramai, dengan cara memberikan gratis dengan setiap pembelian martabak tebal. From time to time, ternyata malahan martabak tipis inilah yang menjadi buah bibir pembicaraan, sehingga muncullah sekarang 2 versi martabak, tipis dan tebal.

martabak piring jalan kapuas medan

Untuk adonannya sendiri, bang Efrizal tidak menggunakan 2 jenis adonan seperti Martabak Murni, yang mana martabak tebal lebih pekat. Satu adonan bisa dibikin 2 versi martabak, hanya dengan mengatur waktu dan temperatur piring, and that’s the secret dari martabak Kapuas ini. Soal higienitas memang agak kurang, dan dari penampakan sih tidak begitu appetizing, but wait till the first bite…it’s really something different! Martabak yang tipis crunchy banget, dengan sedikit butter melt (kalo langsung dimakan yah), giving those perfect combination dari aroma adonan dan taburan meses.

The only problem with this martabak is… waktu jualannya yang tidak tentu. Saat kami nanya jualannya kapan aja, jawabannya “Ga tentu…tergantung”. Biar kamu ga kecewa duluan, telpon aja dulu yah abang Efrizal di 081361503660.

Oh iye, nyindir soal the best martabak piring in Medan, sebenarnya tiap-tiap orang punya favorit sendiri. Tetapi kalo ditanya versi makanmana, martabak Kapuas inilah pilihan kami.

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: