Skip to content

Bakmie Khek Andalas

  • by
bakmie khek andalas Bakmie Khek Andalas

Boleh dibilang sih, Bakmie Khek Andalas ini merupakan salah satu legenda kuliner Medan. Dengan track record yang udah berjualan lebih dari 30 tahun, wajar donk kalo kita kasih gelar demikian. Oh ya, yang belum tau… arti ‘Khek’ itu sebenarnya sebuah nama marga dalam masyarakat Tionghoa, seperti ‘Jawa’, ‘Sunda’, ‘Batak’. Jika dilihat dari sejarahnya, masyarakat Tiongkok dari berbagai wilayah dulunya bermigrasi ke Medan, dan masing-masing wilayah tersebut memiliki ciri khas kulinernya. Buktinya aja bakmie khek ini sama sekali berbeda dengan mie hokkien yang notabene lebih full toppingnya.

alamat bakmie khek andalas medan Bakmie Khek Andalas

Bakmie Andalas ini awalnya berjualan di Jalan Selat Panjang dengan menyewa sebuah kedai kopi, yang mana kemudian pindah ke Jalan Andalas (hence the name ‘Andalas’ yang disesuaikan dengan nama jalan) dan tempat dulunya sekarang ditempati oleh Bakmie Khek SP5. Dari segi penampilan dan tekstur mie sih… keduanya mirip sekali, bagai pinang dibelah dua. Perbedaan yang signifikan tentunya ketika lidah anda menjadi jurinya.

bakmie khek andalas medan Bakmie Khek Andalas

Kedai mie ini sudah dijalani oleh generasi ketiga. Rahasia kelezatan bakmie khek terletak pada adonan mie dan lauknya yang sederhana. Dari bahan mie hingga ke lauknya, semuanya masih handmade.

bakmie khek medan Bakmie Khek Andalas

Bakmie khek pun lebih tebal dari mie pangsit atau mie siantar. Teksturnya juga lebih kenyal dan butuh asupan minyak babi setelah dimasak agar menghindari mie yang sticky.

bakmie khek Bakmie Khek Andalas

Sederhana sekali bukan enampilannya? Hanya mie dengan topping minced pork dan spring onion. Do not under estimate though… Bakmie khek Andalas ini merupakan favorit kru Makanmana. Harganya juga lebih tinggi dari pasaran, tetapi tetap saja punya pelanggan tetap. In case you’re wondering, kedai ini sudah buka ketika ayam belum berkokok, bersama dengan legenda kwetiaw Andalas.

4 thoughts on “Bakmie Khek Andalas”

  1. Jangan lupa, di Cemara Asri juga ada cabangnya. Tepatnya di bundaran cemara (ruko sebelah kiri). Cari yg meja merah kursi kuning ya guys.. ada stan Martabak King juga di Bakmi Khek. Tamu yg duduk di meja merah selain mendapat FREE WIFI, juga bebas memesan makanan dari stan lainnya yg berada di sebelah. Buka jam 4 sore s/d jam 10.30 malam. Bagi penghuni komplek juga bisa free delivery, cukup dengan menghubungi 061-91124742, bakmikhek Andalas bisa anda nikmati di rumah ^^

  2. wah si admin sudah update “bahwa pengunaan kata “China” sudah tidak dipakai lagi. menjadi Tionghoa dan Tiongkok. hehe..

  3. Sudah di coba blom bakmie khek selat panjang di Jl. Gandhi ? Harganya cm Rp. 13 ribu, rasanya gak kalah de. Walaupun yg ini bakmie khek andalas jg favorit saya sih.

Comments are closed.

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading