Rumah Makan Dapur Batak Roma

BPK roma medan Dapur Batak Roma

Rumah makan Babi Panggang khas Batak atau sering disebut Babi Panggang Karo, barangkali salah satu jenis rumah makan yang paling banyak ditemui di Kota Medan selain Kwetiaw Goreng atau tentu saja Nasi Padang. Dari yang pinggiran jalan, pinggiran sungai, pinggiran sawah, yang tempatnya jorok, sampai yang berskala makan siang “dinas” pejabat pun bisa ditemui.

rumah makan dapur batak roma medan

Menghilangkan Stigma ‘Tidak Higienis’

Walaupun terlalu identik dengan stigma “tidak higienis”, beberapa rumah makan Babi Panggang (berikutnya disebut BPK) mulai berbenah diri memberi predikat “higienis” sekaligus “mahal” di label nama mereka. Untungnya juga kini tersedia beberapa rumah makan yang walaupun membenahi diri menjadi lebih higienis dan beradab, namun tidak menambah label “mahal” di bon mereka.

interior dapur batak roma

Salah satu BPK yang MaMa telusuri belakangan ini terletak di jalan Pabrik Tenun dengan nama Dapur Batak Roma. Terletak persis di seberang BPK Ondo yang cukup terkenal memacetkan jalan kecil ini sembari jam makan siang tiba. First impression dari luar, tempatnya terkesan sederhana tanpa ornamen atau desain, hanya 2 unit ruko yang dibagi sebagai area smoking (non air con) dan non smoking (full aircond). Sudah jelas pilihan MaMa jatuh ke ruangan yang lebih sehat.

telur goreng khas batak

Top Notch Service

Beberapa menu wajib BPK MaMa order dan sembari menunggu, 2 gelas jus timun dihidangkan di meja. “Compliment restoran” sahut pelayan seraya pergi mempersiapkan hidangan. Setelah bertahun-tahun mengeksplorasi rumah makan di Kota Medan, baru kali ini dapet jus gratis. Biasanya juga palingan air putih free refill, lumayan juga servisnya bah!

BPK roma medan

Yang ditunggu pun akhirnya nongol satu per satu, dimulai dengan Babi Panggang tentunya. Walaupun sudah tidak hangat saat tersaji di meja, menu ini masih cukup enak apalagi dengan perasan jeruk nipis dan cocolan sambal hijau khas restoran BPK, luar biasa!

saksang roma medan Dapur Batak Roma

Berikutnya adalah Saksang dan Babi Goreng. Buat yang ga tau, Saksang adalah potongan daging babi yang dimasak dengan bumbu khas Batak (umumnya juga dengan darah babi), sehingga hasil akhirnya menyerupai daging semur atau daging masak kecap. Kalau kamu alergi atau merasa menyantap darah terlalu ekstrim, rumah makan ini juga menyediakan versi tanpa darah. Tapi percaya deh, nga serem kok. Suwerr…

babi goreng kriuk dapur batak roma Dapur Batak Roma

Coba kalau dihidangkan panas…

Nah yang sedikit kecewa disini ialah Babi Gorengnya. Sama dengan versi panggang, bagian perut babi yang digoreng – seharusnya – garing ini sudah nga garing lagi saat terhidang di meja. Padahal dari tekstur dan visual bumbunya MaMa yakin banget kalau ini bakal luar biasa apabila terhidang panas di meja. Oh ya, potongan daging saat kami makan lumayan berlemak. Kalau kamu concern masalah penampilan, ada baiknya request potongan daging yang “less fatty”.

Ga setengah hati servisnya

You might be surprise, but the best dish that afternoon is Daun Ubi Tumbuk. You heard it right, Daun Ubi Tumbuk yang super simpel namun rasanya bagai menu paling spesial di meja makan. Jadi kalau kamu mampir kesini, pastikan menu ini kamu pesen, MaMa yakin nga bakal nyesel. Sup disini juga termasuk compliment (like most BPK restaurant), namun Roma cukup berbesar hati memberikan sup yang ada isinya, bukan sekedar sup kosong. Rasa sup-nya juga seperti dimasak dengan hati seorang bunda yang penuh kasih sayang, bukan sekedar MSG dan merica.

roma batak medan Dapur Batak Roma

Dengan harga yang lebih ekonomis dibanding tetangga-nya, lokasi yang bersih dan nyaman, beberapa hidangan compliment, hanya kadar lemak dan kolesterol yang bisa menghentikan MaMa untuk kembali kesini. Tapi, bukankah selalu ada banyak jalan menuju Roma?

Dapur Batak Roma
Jalan Pabrik Tenun no 54
Telp: 061-4148664

25 thoughts on “Rumah Makan Dapur Batak Roma

  1. Ada yang baru nih, rumah makan khas batak “Lapo Sona”, dagingnya lomok2 (babi kecil). Boleh dicoba..

  2. Just fyi, liat iklan RM Roma di koran hr ini jam buka ud diperpanjang ampe jam 9 mlm ( kecuali hr minggu ampe jam 6 sore aja) akhirnya bs mkn bpk yg enak di mlm hari 🙂

  3. Admin sedikit koreksi dgn pernyataan awal kalo Babi Panggang Batak ato sering disebut dgn Babi Panggang Karo, setau sy resep dan cara pembuatannya pun beda..silahkan bandingkan panggang batak di RM batak spt Roma,on ma tabo,asido,dll dgn BPK di RM Tesalonika,ola kisat,haleluya,dll 🙂

    1. Bener, makasi atas inputnya, seiring review kami juga masi belajar budaya kuliner beragam etnis yg ada di Medan. Mohon maaf kalo terjadi kesilapan dalam penulisan.

  4. Saya suka makanan Batak..karena bumbunya itu..khas banget. Tapi tentu saja yang halal..karena saya muslim…gak bisa makan babi, anjing atau darah

  5. Kalo belum pernah direview ada satu BPK di Medan yg menurut saya creme de la creme BPK namanya BPK Almeri.. Favorit kami sekeluarga sejak saya kecil. Dulu namanya lbh dikenal dgn sebutan BPDSU=Babi Panggang Daud Sumatra Utara 😀 Lokasinya di jl. jamin ginting tdk jauh dr simpang Iskandar Muda sebelah kanan..
    Kidu alias sosis ala Karonya the best dan cepat habis.. Better kesini sesaat sebelum lunch supaya masih kebagian yaaa..

  6. Dear MaMa, just masukan kalau BPK (=Babi Panggang Karo) itu khusus nama utk babi panggang khas suku Karo, sedangkan etnis batak yg lain punya kekhas an “babi panggang” masing masing.
    Utk BPK contohnya adalah RM.Ola Kisat dan RM. Tesalonika, sedangkan batak toba ya seperti RM. Roma diatas.
    Utk babi panggang khas batak simalungun ciri”nya al. ada potongan jahe mentah, dan bawang merah mentah menyertai sambal darahnya, bahkan supnya dicampur sedikit mihun. Mungkin hanya bisa dijumpai di RM. di P. Siantar krn di Medan saya belum pernah lihat.
    Demikian masukannya, tetap semangat !

    1. Terima kasih atas sarannya Lawren, sungguh membantu dan menambah wawasan kuliner khas Batak. Kalau berkenan apakah ada artikel lain mengenai kuliner khas Batak yang salah diinformasikan di blog ini? Terima kasih sekali lagi karena telah membaca blog ini dan memberi masukan untuk kami.

    1. Halo, sory baru bales karena br dpt infonya
      Jln. Pabrik Tenun no 54 Medan, Telp: 4148664

      Thanks to m1Lk atas infonya

    1. RM Roma ini buka dr jam 10 pagi ampe jam 4-5 sore aja, mlm ngak buka…(info dapat dr tukang parkir 🙂

    1. Sorry, kurang tau nih, masuk dr jalan sekip ke jln pabrik tenun nanti pasti ketemu krn berada di pinggiran jalan rumah makannya.

  7. ijin nambahin ya.. makanan khas dari roma lainnya ada dekke na tinombur (ikan panggang yg dikasih bumbu tombur) boleh dicoba juga siapa tau ada yg udah ngga bisa makan b2 lagi karena alasan kesehatan.. 🙂

  8. Muahal banget, suerrr… Gak seenak yang dipaparkan diatas…!!
    Quantity daging nya juga lebih sedikit dari yang di foto diatas.

    Maybe gwa better beli daging b2 kiloan yang di pasar, 😦
    Secara kantong ini ukurannya kantong anak kos 😀

  9. Roma sebenarnya salah satu legend soal masakan Batak.Tapi kalah pamor dari tetangga seberang karena tempatnya kalah keren.Nah setelah ruko sebelah selesai di bangun dan beroperasi.Barulah mulai banyak yang ngeh mengenai posisi resto ini di lokasi.
    seriously datang awal jam 11 deh saat gorengan baru selesai,ajib loh rasa gorengannya.

  10. Bagus dah ada tempat tongkrongan *babi* yang baru nich…
    Mesti coba dah kapan-kapan untuk merasakan ajibnya…

  11. ud byk baca good review soal outlet ini di IG, akhirnya direview juga ama team MaMa….so must give a visit for this one… 😀

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s