mpek mpek

Pempek/Mpek Mpek/Empek Empek…ga tau bahasa standarnya apa, tapi semua orang tau kalo makanan ini khas Palembang. Ternyata, di Jalan Singa ada satu gerai sederhana yang ngejual Pempek yang enak. Yok…

pempek palembang Ahong Medan

Kalau dari arah Jalan Sumatera, tinggal lurus aja sampai mentok Jalan Singa, terus perhatiin bagian kiri. Gerai ini berjualan mulai siang hingga sore menjelang malam. Biar gampang, gerai ini berlokasi beberapa ruko dari Bakso Aan, dan terletak di seberang Nasi goreng Pete 172 yang pernah kami review sebelumnya.

mpek mpek Ahong

Menurut salah satu blogger anonymous, bu Ahong ini udah berjualan puluhan tahun bersama suaminya. Awalnya mereka berniat untuk pindah ke kota lain untuk mencari nasib yang lebih baik, namun apa daya sang suami mengalami kecelakaan. Akhirnya biaya tersebut dihabiskan untuk berobat. Terakhir ini bu Ahong tampak sendirian membuat pempek dan dibantu stafnya setelah kepergian sang suami.

mpek mpek

Aneka jenis pempek—Kapal Selam, Lenjer, Adaan, Keriting

Ngejual produk ikan itu sensitif banget. Kesegaran harus terjaga, agar produknya tidak berbau amis. Untunglah gerai kecil ini mengutamakan kualitas, terlihat dari kuantitas pempek yang cukup limited, apalagi kalo udah sore datangnya.

Ada beberapa varian pempek yang ditawarkan disini, seperti Keriting (6,5rb), Lenjer (6,5rb), Kapal Selam (yang dalamnya berisi telur) (19rb), tahu, dll. Namun best sellernya ialah tiga yang disebutkan tadi.

empek empek keriting medan

pempek keriting, digoreng dengan api temperatur kecil

Sebenarnya adonannya kurang lebih sama, hanya saja variasi yang dijual beragam, dan tentunya setelah digoreng, masing-masing memberikan tekstur yang berbeda. Lenjer misalnya, lebih alot dan seperti bakwan, sedangkan keriting lebih crunchy menyerupai kerupuk.

pempek kapal selam

pempek kapal selam

Setelah digoreng, kuah cuko pun disiram dan ditaburi bubuk ebi. Namun disini tidak tersedia mie kuning yang umumnya digunakan untuk melengkapi hidangan.

Freshness guaranteed! Sebagai tips, buat yang take away disarankan beli yang sebelum digoreng, terutama keriting, karena jika terlalu lama dikomsumsi, the crunchiness is gone. Rest assured, it’s best while served hot. RECOMMENDED! *kresssss*

Mpek Mpek AHong
Jalan Singa (beberapa ruko dari bakso Aan)

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: