10 tips mengelola brand di Instagram

mama ig tips cover

Hari gini kalo belum punya akun instagram kesannya koq kolot banget yah. Instagram—social media yang specifically lebih mengarah ke photo sharing app ini mulai ngehits taon lalu, dibantu oleh kemajuan akses internet dan terjangkaunya harga smartphone di Indonesia.

Sebagai pengelola usaha, tentunya menggunakan instagram dengan strategi yang baik dapat menjadi sebuah tool marketing yang efektif, karena selain gratis, penerapannya cukup mudah.

Nah, jika kamu udah punya IG buat usaha anda, berikut tips dari kami agar bisnis anda berkembang dan followers pun bertambah.

makanmana instagram

Be descriptive

You know what’s profile for? Fill out with relevant information. Berilah sedikit penjelasan mengenai brand/usaha anda, alamat, contact number, and most importantly, don’t lock your account!

Brand dengan private account itu kedengarannya seperti begini: Hey lu mo msk cafe gw? Follow dulu yah, tar approve baru masuk… how ridiculous.

Be responsive

Unlike newspaper, social media is not a one way communication. Berinteraksilah dengan followersmu. Sebisa mungkin, jawablah pertanyaan dan respon terhadap feedback.

Not only it will help you understand the problem, ga jarang juga loyalitas followersmu bertambah jika ditangani dengan baik.

Be courteous

Unless you’re a celeb or self proclaimed celeb, posting 10x per hari hanya akan membuat orang men’unfollow’ anda. Carilah timing yang tepat agar anda tidak mengganggu timeline followersmu. Dan yang terpenting, Respect your followers, without them, you’re no one.

Be valuable

People follow you for a reason. Berikan sesuatu yang bernilai, bisa saja promo yang sedang berlangsung, atau event yang sedang happening, bisa juga sedikit info untuk mengedukasi followers anda tentang makanan/minuman anda, prosesnya, kualitasnya, dll.

makanmana instagram timeline

Food is visual language

“People eat with their eyes first.” Gunakalah foto yang memadai, food is visual. Kalo fotonya appealing, you’re one step closer to the conversion. App seperti snapseed, vscocam terbukti membantu mengubah foto yg biasa menjadi lebih baik. Jika anda terlalu sibuk menggunakannya, setidaknya gunakanlah foto yang tidak blur atau gelap.

Be relevant

Pernah kan, ngefollow akun resto dan online shop makanan yang tiba-tiba menjual produk fashion wanita? Unfollow.

Be professional

Don’t mix your personal life with business account. Memposting foto anak, kekasih, keluarga atau foto liburan di luar negeri agar semua dunia tau dan angek. This is internet, once is up, it’s there forever, jadilah pengguna internet yang bijak.

Create engagement

Tidak perlu posting makanan atau testimoni dari pelanggan mulu. Ciptakanlah sebuah interaksi, berikanlah kejutan, misalnya hadiah atau compliment karena telah membantu anda mempromosikan usaha anda di timeline mereka, atau bikin sebuah campaign sederhana. Lambat laun, anda akan meraih loyalitas.

Stop using funky filter and hashtags

Bukannya ga boleh sih, tetapi warna makanan yang jadi kuning orange hasil filter ‘classic film’ gitu kan bikin jadi kurang bergairah liatnya. Secara psikologis foto-foto di timeline anda mencerminkan image brand anda sendiri.

Hashtags yang relevan juga akan membantu foto anda mudah dicari. Hindarilah hashtags yang tidak relevan seperti #followforfollow #likesforlikes . Buat apa coba? Naekin jumlah fake followers dan kemudian dibombardir dengan komentar spam online shoppers?

Social Media is not a number game

Beberapa akun nampak larut dalam ketagihan jumlah followers dan likes. Percayalah, yang anda inginkan ialah conversion, memberikan daya tarik agar followers anda berkunjung atau melakukan buying decision, bukan ratio followers-likes, apalagi membeli akun followers palsu untuk mendongkrak image anda.

Clean up your timeline

Hapuslah foto-foto lama yang sudah tidak relevan, misalnya kuis yang sudah selesai atau foto yang dulunya tidak begitu bagus. Mana yang lebih menarik dilihat—Akun yang punya 5000 foto atau 500 foto tetapi bagus semua? Believe me, some people will browse your timeline to the end hingga foto pertama.

Got tips? Right over to you.

Demikianlah sedikit tips yang kami terapkan di akun kami. Tentu saja 10 tips instagram diatas hanya segelintir strategi untuk mengembangkan brand anda. Apakah anda pengelola yang punya strategi tersendiri atau anda pembaca yang punya masukan untuk pengelola? Yuk mari berbagi di bagian komentar.

Dan jangan lupa, baca juga Tips Bisnis Kuliner di Medan yang pernah kami tulis sebelumnya.

insta

12 thoughts on “10 tips mengelola brand di Instagram

  1. ” Memposting foto anak, kekasih, keluarga atau foto liburan di luar negeri agar semua dunia tau dan angek ”

    ini mah OKB dan manusia bermerek ALAY. hahaha..

  2. Lupa nambah, jangan nge-spam promosi dan jualan di timeline/komen orang. It’s just so rude and unethical.

    1. Point yang ini benar sekali.

      Lagi liat foto cantik si “Cinta” Dian Sastro, liat komen di bawahnya, aduh promosi jualan semua, di situ kadang saya merasa sedih. LOL

    2. Yah begitulah, susahnya orang-orang udah komen beneran tertutup semua ama spam… akhirnya jadi males komen.

      1. Namanya juga spammer, dimana ada kesempatan disana dia ada. Tapi spammer melakukan itu juga untuk medapatkan uang

  3. Wah, tips yang bagus, Ma. Namun untuk akun online shop, ada kalanya menampilkan sedikit foto-foto pribadi (dan keluarga) dapat meningkatkan kepercayaan (calon) pembeli. Saya sebagai pengguna punya pengalaman bahwa akun online shop yang kelihatan sosok pemiliknya terkesan lebih trustable. Ini terutama untuk akun yang belum terlalu punya nama. Asal porsinya wajar aja, jadi gak kebanyakan.

    1. Bisa juga, asal disiasati dengan baik untuk menambah image yg lebih credible, as long as it doesn’t go far off into personal matter hehehe…

  4. Tips dari saya:
    1. Buat tagline yang unik untuk brand anda agar followers bisa ngetag.
    2. Kasih hadiah atau compliment untuk followers yang punya photo keren brand anda.
    3. Perbanyak photo kualitas bagus di acct instagram (foto pakai DSLR bukan camera HP murah)
    4. Posting foto cewe cantik atau cowo cakep memakai atau menikmati brand anda.

  5. Ndut numpang tambahin point satu lagi ya:
    Kalimat dan kata2 yang jelas sebagai caption

    Gunakan Bahasa yang bisa gampang dimengerti oleh manusia bumi dan orang awam.

    Jangan menggunakan bahasa alien yang cuma bisa dimengerti oleh anda sendiri. Emang itu IG acct pny anda, tapi usahakan jangan sampe di cap “Sur Sendiri” oleh follower anda.

    Selalu usahakan cek dan ricek setelah selesai diketik, coba dibaca sekali lagi apakah isi kalimatnya masuk akal? Atau mungkin jika perlu, minta bantuan teman anda yang anda rasa bahasa manusia nya lumayan.

    Meminta tolong menandakan anda masih manusia. Kalimat yang berantakan menunjukan kepribadian anda, dan itu sama sekali tidak profesional.

    Makasih ya MaMa, tips yg dibagi MaMa sangat berguna sekali untuk Ndut, dan juga semoga tips yg telah dibagikan oleh MaMa ini berguna bagi temen-temen yang lain juga.

  6. wahahaha bermanfaat sekali MaMa
    bisa diterapkan ga cuman buat bisnis makanan
    kebetulan sekali saya juga mau mulai bisnis online
    btw untuk point be professional
    kayaknya untuk sebagian pelaku bisnis makanan online di medan
    pada jleb ni
    cie cie

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s