Skip to content

Ichi Dough—Baked&Brewed (Closed)

  • by
ichi dough centre point

Kalo belakangan ini banyak review2 di Centre Point, dimaklumin yah. Gimana enggak, Centre Point itu satu-satunya mal dengan outlet F&B paling banyak di kota Medan. Dari sekian banyak outlet franchise, ga kalah juga brand lokal yang bertandang disini, salah satunya Ichi Dough.

ichi dough center point

Lokasinya berada di sebuah ruko bagian depan mal, tetanggaan ama Aniu dessert house, dan terletak di seberang Samwon Express. Ichi dough, kombinasi 2 kata dari bahasa Jepang (ichi = satu) dan dough yang berarti adonan ini mengambil tagline baked & brewed.

ichi dough centre point

Dengan konsep baked & brewed, lantai 1 menampilkan display bakery, pastry, dan aneka jenis kue. Sedangkan di bagian belakang, terdapat beberapa dining table, serta open kitchen yang dapat disaksikan apabila kita menuju ke lantai 2.

Open kitchen
Open kitchen

Belum saja menapakkan kaki di lantai 2, sebuah area circular yang dipagar dengan jejeran kayu menjadi tempat pemberhentian sejenak. Disinilah konsep brewed melengkapi tagline usaha ini. Sebuah mesin kopi, beberapa grinder, aroma kopi, dan beberapa kursi bar melengkapi area bar ini.

ichi dough coffee bar

Beberapa langkah kemudian, sampailah di lantai 2. Sebuah sofa panjang dengan bantal yang berjejeran menjadi daya tarik apabila anda ingin duduk dan ngopi cantik disirami cahaya dari luar yang menembus kaca.

ichi dough cafe

Tapi buat kami yang ingin brunch minggu itu, harus melewati sebuah ‘jembatan’ kecil dan akhirnya duduk di bagian belakang dengan penerangan lampu LED yang lebih warm. Disini tersedia juga beberapa sofa dan meja makan sambil dimanjakan beberapa hiasan di dinding.

cafe in medan

Menu yang dihadirkan kebanyakan merupakan light bites, menu breakfast, pasta, toasties, dan sliders. Dari sekian, berikut yang kami coba.

Classic egg benedict (42.5)
Classic egg benedict (42.5)

So far, the only egg benedict yang kami jumpai sesuai standar. Beberapa memakai roti, ada yang memakai baguette, tapi disinilah egg benedictnya memakai english muffin.

You can expect the softness of the muffin, dan saos hollandaise melumuri poached egg yang sedikit asam hasil boiling dengan vinegar, and paired with fresh lettuce.

Spaghetti meatballs (49.5)
Spaghetti meatballs (49.5)

Spaghetti bolognese dengan 3 buah meatballs sapi. Racikan in house meatball melengkapi hidangan pasta berbasis bolognese ini. It’s enjoyable, but there’s nothing much to talk about it.

Roast Beef Panini (48.5)
Roast Beef Panini (48.5)

Now this one is quite magnificent. Panini bread dilapis dengan sliced roast beef, rockets, tomat, telur dan dipanggang hingga cheddar yang berada didalam pun melumer. Permukaannya crunchy namun isi roti tetap lembut, dan thin sliced potato menjadi sidedishnya—Recommended.

Latte (23.5)
Latte (23.5) – one of the cheapest you can get in town

Nah, kalo anda aktif di Instagram, minuman ichi cloud yang terbuat dari cotton candy sempat ngehits banget dan menjadi salah satu signature drink di tempat ini. Unfortunately, we’re not in that generation. 2 latte please.

Selain minuman yang fancy, sepertinya pengelola Ichi Dough lebih fokus di segmen kopi, terutama third wave coffee.

la marzocco mythos one
La Marzocco, Nuova Simonelli, Mazzer – high end coffee equipment brand

You might ask “What’s third wave coffee?”. Third wave ialah istilah untuk pergerakan kopi dari masa ke masa. Nah, kalo digoogle sih penjelasannya panjang lebar, tapi kurang lebih seperti begini…

First wave: kopi untuk dikomsumsi (sebagai komoditas, krim&gula, kapal api).
Second wave: kopi untuk dinikmati (espresso, frappucino, flavored latte).
Third wave: kopi untuk diapresiasi (seperti wine dan musik).

Lebih sederhananya lagi—1st wave = kopitiam, 2nd wave = starbucks, 3rd wave = specialty coffee shop.

ichi dough medan

Dari kesemuanya, interior dari Ichi Dough merupakan salah satu faktor paling esensial, terlepas dari konsep bakery dan cafe yang berada di bangunan yang sama.

Investasi yang tidak murah, mulai dari design, material bangunan, mesin kopi, grinder hingga coffee equipment untuk manual brewing yang sudah pasti mencapai angka ratusan juta, tampaknya Ichi Dough tidak main-main dalam berbisnis.

Ichi Dough – Baked & Brewed
Ruko Centre Point Blok M 21-22
061 80510873

12 thoughts on “Ichi Dough—Baked&Brewed (Closed)”

  1. Saya rasa ada, cuman ga tau posisinya dimana, mgk di lantai 1 bagian belakang dekat dapur

  2. Utk jam operasional secara exact sih kami tidak cantumkan, karena sudah dimasukkan ke kategori yang bersangkutan (breakfast, lunch/teatime, dinner), kecuali kalo ada yang remarkable seperti che it cap go tutup atau libur di hari tertentu. Apabila ada nomor telpon, coba hubungi saja. Kalau tidak, bisa leave comment di review, akan dibalas asap. Atau boleh juga lgsg bertanya di ig kami @makanmana supaya lebih responsif lagi.

    Untuk photoshoot, kalo kami rasa tempat makannya ga susah dicari tidak akan kami cantumkan. Kalau misalnya tempat makannya kami rasa agak susah ditemukan, nanti akan kami bantu juga koq foto2 penuntunnya, seperti salah satu contoh bihun bebek Akien yang masuk gang, dan kami foto gapura dan foto dari kejauhan.

    Thanks for your feedback, untuk kedepan gw usahain lebih detil lagi foto tempatnya. Jangan bosen pantengin MaMa yah.

    *Dan btw, yang Ichi dough ini bukan tak mau foto dari luar, tapi terhambat beberapa mobil yang parkir di depannya.

    Cheers!

  3. Ichi Dough yummeh makannya, suasana oke, pelayanan mantap, pantes saja selalu ramai.

    Saya makan di sini pakai voucher Deal Medan, makanan yang ditawarkan B.L.T (Bacon Lettuce Tomato), Spiced Chicken Slider, Spaghetti Sambal Matah dan of course Ichi Cloud yang menghebohkan pecinta kuliner medan.

    Sudah agak lama ya saya makan di sini jadi ingat-ingat lupa, seingat saya:
    BLT itu sandwich, rasanya enak, gurih dan memuaskan.
    Spiced Chicken slider itu burger gitu, rasanya nikmat, tapi patty nya kering kerontang gak juicy.
    Spaghetti Sambal Matah (Fusion itali-indo, yay!) quite good, tapi gak spektakuler.
    Yang bikin ga bisa berhenti itu adalah potato chips nya, garing dan asin, so fragrant! Oh heaven! Halleluyaaa.

    Untuk bagian bakery, produk sini masih kalah mayan jauh sama toko sebelahnya.

    Ichi Dough –> Recommended!

  4. Thanks for the info bro… Pernah nyoba latte di hangout tp susunya over steamed. Well moga2 ada improvement yah 😀

  5. Min @makanmana, usulan nich.

    Untuk review-review selanjutnya, apakah dapat dimungkinkan untuk turut dicantumkan jam operasional dari toko/ outlet yang dikunjungi?
    Yah, ini setidaknya bisa menjadi referensi berharga bagi teman-teman dari luar kota/ luar negeri agar tidak datang kepagian atau kemalaman.

    Kemudian, apakah boleh ditambah photoshoot untuk sisi pandang langsung terhadap bagian depan toko/ outlet dengan view yang lebih meluas mencakup sebahagian toko. Well, kadangkala ada toko/ outlet yang agak sulit dicari, sehingga spot-spot khusus bisa menjadi acuan yang pas.

    Mantap Review Terus (MRT) ya, min @makanmana!

  6. latte yg harganya lebih terjangkau ada di hangout coffee, kalau tidak salah 18 k doank.. dan rasanya juga not bad..

Comments are closed.

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading